Tips Mudah Merawat Murai Batu Trotolan Biar Fighter Gacor

Diposting pada

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, apa kabarnya semua sobat kicau.. Kembali lagi masih bersama website resmi OmKicau.Id yang selalu update memberikan info-info terbaru, terupdate seputar dunia burung kicauan di indonesia. Pada waktu luang ini, kami akan berbagi pengalaman seputar tips merawat murai trotolan dengan baik dan benar. semua akan mudah bila tahu caranya!. Bener nggak ?, dan pemula harus tahu ini :

Penasaran ?. Langsung aja simak terus artikel ini sampai habis ya sob.. Biar nggak gagal paham nantinya :

Oke kita mau bahas dulu murai batu trotol yang dari Mandiri ya. Mulai dari makan sendiri itu bisa kita rawat dengan cara, karena dia masih masa pertumbuhan ya, sebaiknya untuk porsi makanannya itu kita perbanyak porsi pemberiannya, baik dari voer ataupun EF (Pakan Tambahannya).

Cara Gampang Pemeliharaan Burung MB Anakan Agar Gacor Dan Bermental Bagus


Pemberian Pola Pakan Yang Tepat

Ya tapi temen-temen harus ingat Walaupun EF yang diberikan dengan jumlah yang banyak takarannya, usahakan jangan sampai dia lupa dengan pakan voernya. Akan tetapi dia juga mengenal makanan-makanan varian, dari mulai jangkrik, kroto, cacing, itu temen-temen kasihkan ya. Akan tetapi kalau saran saya jangan dibiasakan memberikannya ulat ya.. Baik itu UH (ulat kandang ataupun ulat hongkong) karena pencernaan burung yang masih muda ini belum begitu sempurna untuk menghancurkan pakan jenis – ulat ulat yang bertekstur keras ya.. Yang dikhawatirkan takut mengganggu proses pencernaannya.

pemberian-pola-pakan-murai-batu

Dikarenakan masih dalam masa pertumbuhan jadi belum ada settingan untuk ukuran burung yang masih anakan ini, ingat ya !.. Dan sudah pernah saya bahas ya!. Dan untuk teman-teman dapat juga memberikannya asupan kalsium untuk masukan tulangnya agar bagus, itu kalian nanti bisa kasih kroto yang dicampur dengan kalek. Apa itu kalek ?.

Baca Selengkapnya :  Harga Burung Kapas Tembak Terbaru, Beserta Suara Khasnya

Kalek adalah berupa pil yang biasanya dipakai untuk ibu-ibu sedang hamil.. hehhee., cara pemakaiannya gimana jika dikasihkan kepada murai trotolan !.. Ya ditumbuk halus terlebih dahulu sampai benar-benar hancur dan nantinya ditaburi / dicampuri ke EF kroto segar dan aduk secara merata.

Masalah Rawatan Murai Trotol

Nah biasanya ini disepelekan masalah ini ya, kebanyakan dari Teman-teman sering menjumpai / mengalami sendiri untuk masalah rawatan hariannya seperti mandi, dan itu Usahakan kan gini permasalahan tuh banyak timbul ya anakan anakan atau burung Murai Batu yang anda pelihara dari anakan itu biasanya jarang dimandikan dan tidak dibiasakan, dan tidak pernah diajari cara mandi di dalam bak pemandian keramba.

Nah jadi akhirnya burung ya kesulitan atau burung itu akhirnya takut atau sulit nantinya untuk masuk kedalam keramba mandi.. Jadi mulai sesegara mungkin lah.. Mumpung murai masih trotol ini juga perlu diajari cara mandi di keramba dengan perlahan-lahan tapi pasti.. Agar kelak dewasanya akan memudahkan kalian dalam memberikan rawatan hariannya.

Kemudian untuk masalah penjemuran itu ya memang karena dia sifat penjemuran itu sendiri adalah untuk apa, dan bukan berarti untuk memanaskan tubuh si burung murai batu yang dijemur itu ya, akan tetapi pada kenyataan ya untuk penyerapan vitamin D yang baik untuk kekuatan dari tulang-tulang burung yang nantinya bisa terserap dengan bagus yang mampu sebagai pelancar metabolisme di dalam tubuhnya agar selalu FIT setiap hari.

cara-merawat-murai-batu-trotolan

Nanti kalau untuk ukuran penggunaan krodong kah atau tidak, dan walaupun kalian gak usah dikerodongpun tidak menjadi Masalah sebenarnya, ya Yang penting interaksinya kita sebagai pemilik jangan terlalu sering, karena dikhawatirkan akan membuat si murai ini menjadi manja dan jinak lagi ?. Repot masalah lagi nantinya.

Baca Selengkapnya :  Cara Merawat Burung Gelatik Agar Rajin Berkicau

Usahakan perawatan seperti ini diterapkan selama masa pertumbuhan dia sekitar 4 sampai 6 bulan harus konsisten, dah temen-temen juga bisa kasihkan minyak ikan ya, karena sifat minyak ikan itu sendiri memiliki kandungan yang sangat bagus untuk otak burung agar bisa lebih cerdas nantinya merekam suara-suara masteran / isiannya mudah masuk.

Tidak hanyak itu saja, manfaat minyak ikan ini juga mampu membuat bulunya juga akan rapih karena akan mendapat serapan kalsium yang sempurna, yang nantinya akan tumbuh bulu yang bagus, mengkilap terus bulu batang itu juga kokoh tidak mudah rontok / copot, kecuali memang si burung tersebut sudah memasuki fase mabungnya ya.

Nah itu saja tips merawat murai trotolan yang singkat, padat akan tetapi jelas ya, selamat mencoa dan semoga dapat bermanfaat.

Baca juga : Daftar Harga Burung Murai Batu Terupdate 2020