pakan-burung-murai-batu

Tips Menyediakan Pakan Untuk Burung Kicau

Pakan merupakan hal yang sangat vital untuk burung peliharaan kita, namun hal yang harus anda perhatikan disini adalah kecocokan makanan yang diberikan kepada jenis burung yang kita rawat tentunya.Karena akan menentukan hasil dari rawatan burung yang kita rawat.

Pada pembahasan kali ini omkicau.id akan memberikan referensi tentang pakan burung yang baik yang semoga bisa menjadi acuan bagi para hobiis kicau mania di nusantara kita ini. Mulai dari unsur yang terkandung di dalam makanan, hingga cara penyajian makanan yang tepat untuk kesehatan dan kebugaran burung kicau kita.

Hal utama yang mestinya lebih di ingat-ingat dalam masalah pakan adalah bahwa makanan harus mengandung karbohidrat, protein, lemak serta vitamin yang cukup untuk menunjang performa terbaik burung kicau yang kita pelihara.

Unsur Penting Yang Terkandung Dalam Asupan Makanan Burung


1. Protein

Seperti halnya manusia yang memerlukan protein sebagai zat pembangun jaringan sel tubuh yang mengalami kerusakan, dan sebagai bahan utama untuk proses pembentukan enzim, hormon dan antibodi pada tubuh serta mengatur peredaran cairan yang terkandung di dalam tubuh. Burung pun memerlukan asupan protein yang cukup untuk menjaga kestabilan jaringan sel yang ada di dalam tubuhnya.

Akan ada banyak hal yang mempengaruhi buruknya pertumbuhan burung kicau apabila kekurangan asupan protein dalam pakanan harian yang kita berikan kepadanya mudai dari bulunya yang akan rusak, lemas dan tidak segar, bentuk tubuhnya yang kerdil atau badannya yang akan menjadi kurus sehingga mempengaruhi kicauan merdu yang dimilikinya. tentunya kita tidak ingin burung kesayangan kita mengalami hal-hal yang demikian ini bukan ? Untuk itu kita harus memperhatikan asupan protein harian yang diperlukannya.

Burung kicau memerlukan jumlah asupan protein sebanyak 35% dari pakan harian yang di makannya. Protein terkandung dalam sumber makanan seperti : Ikan, Cacing, susu, dan kacang-kacangan.

2. Karbohidrat

Karbohidrat merupakan senyawa yang mengandung molekul karbon, hydrogen dan oksigen yang sangat di perlukan oleh tubuh makhluk hidup, sehingga kandungan karbohidrat harus ada dalam jumlah yang sesuai bagi pakan burung, karena memiliki fungsi sebagai sumber energi untuk membakar lemak menjadi protein yang menghasilkan energi untuk kelincahan dan kebugaran burung kicau. Jumlah rata-rata karbohidrat yang diperlukan dalam seekor burung adalah 70% dari pakan hariannya.

Baca Selengkapnya :  Tips Cara Ternak Ciblek Sukses Bagi Pemula

Sumber makanan yang mengandung karbohidrat antara lain : pepaya, pisang dan fur pakanan burung yang beredar di pasaran.

3. Lemak

Kadar lemak yang terkandunug dalam pakan burung kicau perlu diperhatikan dengan baik karena jika jumlah nya terlalu banyak akan membuat burung mengalami masalah pencernaan seperti mencret atau kegemukan badan. Sehingga akan mempengaruhi performa dari kicauannya.

Burung yang mengalami kegemukan cenderung malas untuk bergerak dan berkicau, bahkan di beberapa kasus burung kicau yang kelebihan berat badan dari normalnya enggan untuk menunjukan kicauan merdunya.

Lemak juga memiliki fungsi yang tak kalah penting bagi jaringan tubuh burung sebagai sumber tambahan energi, pengatur suhu tubuh, dan sebagai pelindung bagian organ tubuh dan zat pembawa vitamin A, D, E, K.

4. Vitamin dan asam amino

Vitamin pada dasarnya memiliki peranan penting di dalam tubuh baik manusia maupun hewan. Pada burung kicau vitamin B kompleks berperan untuk mencegah infeksi yang mungkin terjadi nya penyakit kulit yang dialami oleh burung kicau kesayangan anda.

Vitamin juga menunjang pertumbhan sel-sel darah merah hingga membantu proses pencernaan pada tubuh burung. Selain vitamin B kompleks , vitamin A, D, E , K dan C juga sangat di perlukan tubuh burung peliharaan anda.

Asam Amino yang merupakan bagian terkecil atau pecahan dari protein memiliki fungsi memperbaiki jaringan tubuh yang rusak, membentuk enzim dan hormon, dan membentuk antibodi dalam tubuh. Sehingga di perlukan burung untuk kelangsungan hidupnya.

5. Mineral

Mineral merupakan zat inorganik yang juga di perlukan tubuh untuk pembentukan sel darah dan struktur kekuatan tulang. Burung yang memiliki kandungan mineral cukup ditandai dengan fisiknya yang kuat, kicauan yang nyaring dan bulu-bulunya yang kuat, lebat, dan berkilau.

Kekurangan mineral juga menyebabkan rachitis yang merupakan gangguan struktur tulang, kelumpuhan, tumit bengkak, hingga kematian pada embrio jika burung sedang bereproduksi atau bertelur. Kita dapat memberikan minuman yang mengandung mineral sebagai tambahan untuk mencukupi kebutuhan mineral dalam tubuhnya.

Cara menyajikan pakan yang tepat untuk burung

Takaran pakan harian setiap burung tentu tidak sama. Jumlahnya harus mencukupi kebutuhan dan tidak berlebihan. Biasanya kita bisa melihat dalam perilakunya sehari-hari pada masing-masing burung peliharaan anda.

Cara menyajikan pakan burung di pengaruhi oleh beberapa faktor seperti berikut ini : Berat badan burung, Jenis pakan, Umur burung dan Tingkat metabolisme tubuh. dan berikut ini omkicau.id akan memberikan penjabarannya.

1. Berat badan burung

Berat badan burung kicau berkisar antara 1-100 gr dapat menghabiskan makanan sebanyak 10-30 % dari bobot tubuhnya. sedangkan burung darat yang ukurannya lebih berat antara 100gr sampai 1 kg hanya memerlukan pakan berkisar 5-9% dari berat badan yang dimilikinya.

Baca Selengkapnya :  Tips Mudah Perawatan Anis Merah Supaya Teler Gacor Ngeplong

2. Jenis pakan

Jenis pakan turut serta mempengaruhi jumlah pakan yang di butuhkan oleh burung, burung pemakan biji-bijian memerlukan jumlah yang lebih sedikit berkisar 10% dari berat badannya.

Sedangkan burung pemakan serangga memerlukan 40% jumlah makanan dari bobotnya. Hal ini disebabkan karena serangga memiliki kandungan air yang lebih banyak dibandingkan biji-bijian.

3. Umur burung

Umur burung yang baru saja menetas atau anakkan dapat menghabiskan makanan sebanyak berat tubuhnya karena mereka memerlukan banyak asupan pakan untuk bertumbuh. Sedangkan burung yang mapan atau dewasa hanya memerlukan 20-40% makanan dari jumlah berat badannya.

4. Tingkat metabolisme tubuh

Tingkat metabolisme burung di pengaruhi oleh ukuran tubuh burung dan besarnya sangkar burung dengan penjelasan, burung yang memiliki ukuran tubuh kecil sangat aktif bergerak sehingga memerlukan banyak makanan untuk di konsumsi dan burung yang ber ukuran tubuh besar tidak begitu aktif bergerak sehingga jumlah makanan akan lebih sedikit.

Begitu juga dengan ukuran sangkarnya jika ukurannya besar otomatis burung akan bergerak aktif sehingga memerlukan makanan lebih banyak dari burung yang tinggal di sangkar sempit.

Jenis makanan burung

1. Hewani

Pakan yang di konsumsi burung kicau berasal dari hewan atau serangga lainnya misalnya : Kroto, Serangga dan ulat, ikan, daging serta susu dan berikut penjelasannya :

a. Kroto
Kroto merupakan salaih satu pakan kegemaran burung kicau seperti Jalak, Kutilang, Murai, Kacer dan Poksai . Yang merupakan larva dari semut rang-rang. Menurut jenis nya kroto memiliki beberapa macam seperti :

kroto-pakan-burung

Kroto Basah yakni larva semut rang-rang yang baru yang memiliki kandungan air terbanyak dan kandungan gizi terbaik sehingga banyak di cari para kicau mania untuk pakan burung peliharaannya.
Kroto Halus yaitu larva dari semut semut kecil yang memiliki kadar air sedikit. tetapi jenis kroto ini jaran di gunakan karena burung kurang menyukainya.

Kroto Kasar yang terbentuk dari larva indukan semut atau ratunya dan rajanya semut ini juga memiliki kandungan air yang sedikit akan tetapi lebih awet.

Kroto Kacang merupakan campuran dari kroto dengan makanan lainnya yang sudah di sesuaikan dengan kebutuhan burung.

b. serangga dan ulat
Serangga seperti Jangkrik menjadi konsumsi utama bagi sebagian burung karena kandungan protein yang cukup baik dan banyak di sukai oleh burung berkicau lainnya.

Baca Selengkapnya :  Cara Merawat Jalak Suren Agar Cepat Gacor Bongkar Isian

jangkrik-pakan-burung

Ulat yang biasa digunakan ulat hongkong dan ulat jerman sebenar nya kedua ulat ini hampir mirip hanya saja berbeda ukuran ulat hongkong memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil dari ulat jerman.

c. ikan
Ikan merupakan pakan utama bagi burung pemakan ikan seperti Bangau, Kuntul, Elang laut dan Pelikan. Namun bagi burung kicauan pemakan serangga lainnya seperti murai batu dan kacer sangat baik jika diberikan jenis ikan-ikan kecil seperti : ikan gapi atau cenang sebagai asupan tambahan yang mengandung banyak protein tinggi yang sangat baik.

d. daging
Burung kicau hampir tidak ada yang memakan daging tapi daging menjadi sumber makanan bagi burung Elang, Gagak dan Kasuari.

e. susu
Ada beberapa jenis burung kicau yang menyukai susu sebagai tambahan sumber energi. Hampir semua jenis susu dapat diberikan baik itu susu formula bayi hingga susu sapi murni salah satunya burung kakatua menyukai minum susu.

f. telur ayam / yang lainnya
Telur dapat menjadi pakanan pokok bagi burung anakan yang digunakan sebagai sumber protein yang juga mengandung kabohidrat dan mineral. Yang biasanya di gunakan telur ayam atau telur burung puyuh.

g. cacing
Cacing juga bisa menjadi ekstra food atau makanan tambahan bagi burung kicau. Cacing yang di gunakan biasanya Cacing tanah, Cacing bayam dan cacing merah.

2. Nabati

Nabati yakni sumber makanan yang didapatkan dari tumbuhan baik itu Sayuran, Buah-buahan maupun Biji-bijian. Berikut ulasannya :

a. Sayuran
Ada beberapa jenis sayuran yang biasanya diberikan untuk burung seperti Love Bird yang memakan sayur kangkung, sawi bahkan taoge sebahan tambahan makanan selain mengonsumsi bijian. Lainnya Burung Kakatua yang mengkonsumsi wortel.

sawi

b. Buah-buahan
Hampir semua burung menyukai buah-buahan. Karena di alam liar baik burung darat ataupun burung kicau sering menjadikan buahan sebagai salah satu makanan pokok yang sering di gunakan para kicau mania biasanya Pisang dan Pepaya.

buah-buahan

c. Biji-bijian
Biji-bijian di bagi menjadi dua yakni bijian halus yang ukurannya kecil yang biasanya di konsumsi burung Love Bird dan Kenari. Sedangkan Bijian yang ukurannya lebih besar di sebut bijian kasar seperti Kacang hijau, jagung pipil kering dan lainnya yang biasanya di konsumsi burung jenis merpati.

Biji-bijian

Demikian informasi yang dapat kami berikan seputar tips menyediakan makanan burung kicauan untuk temen-temen semua semoga dapat bermanfaat.