Mental Burung Kicau

Tips Mempersiapkan Burung Kicauan Untuk Lomba

OmKicau.ID – Lomba burung kicau memang sangat menarik bagi para pecinta burung kicau selain dapat menunjukan kebolehan peliharaan masing – masing kicau, para kicau mania juga dapat berbagi informasi dalam perawatan dan tips untuk menjadikan burung juara yang gacor.

Tidak semua burung berkicau siap untuk di turunkan ke gantangan atau ke arena perlombaan kicau burung, ada beberapa faktor yang harus di miliki oleh burung kicau kesayangan anda untuk siap di gantang ke arena lomba karena jika burung yang kalian punya tidak memenuhi syarat tentunya kalian hanya akan membuang waktu,tenaga dan uang dengan sia-sia.

Terlebih untuk burung yang belum pernah mengikuti perlombaan sama sekali, ada beberapa tips yang harus kalian ketahui untuk membuatnya siap bersaing di gantangan. Berikut ini omkicau.id akan berbagi tips yang dapat kalian terapkan dalam rawatan burung kicau kalian agar bisa bersaing dan memenangkan perlombaan burung kicau.

Cara Mudah Menyiapkan Burung Kontes


Berikan Perawatan Ekstra Pada Burung

Para kicau mania yang harus kalian perhatikan dalam burung lomba tentunya burung harus dalam keadaan fit baik dari kondisi tubuhnya tidak sedang sakit dan memiliki bulu-bulu yang cantik kokoh dan berkilau. Dengan asupan pakan yang tepat porsi dan nutrisinya serta menambahkan tambahan vitamin dan suplemen untuk menjaga kebugaran tubuhnya.

Kebersihan bulu juga harus di perhatikan jika ada kutu pada bulunya tentu saja akan mengganggu performanya di lapangan sehingga kita bisa menambahkan shampo anti kutu setiap kali dia dimandikan dan jemur burung agar terhindar dari serangan jamur, apabila kurang terkena matahari burung pun akan lesu, antara jam 8 hingga 10 merupakan waktu terbaik untuk cahaya matahari.Bersihkan kandang secara rutin karena kenyamanan burung juga dapat mempengaruhi top performa burung di lapangan.

Baca Selengkapnya :  Tips Mudah Mengetahui Ciri Murai Batu Lampung Kota Agung

Masteri burung dengan materi – materi burung kicau yang beragam secara rutin terlebih apabila sedang mabung sangat penting untuk terus menjejalinya dengan beragam kicau burung. Burung lebih mudah menerima pemasteran dengan suara burung asli bila dibandingkan dengan mendengarkan suara rekaman audio. tetapi jika suara burung asli tidak ada suara rekaman audio pun tidak menjadi masalah.

Perawatan Burung Lomba

Kondisi Mental Burung Kicau Harus Tetap Terjaga

Mengapa kondisi mental burung kicau harus di perhatikan dalam pencetakan burung kicau untuk lomba? karena kondisi di rumah yang tidak begitu ramai tentu akan terasa berbeda dengan kondisi di arena perlombaan yang suasananya memang ramai. Sehingga mental burung yang takut akan keramaian akan menghambat burung membongkar semua isian materi kicaunya.

Jika burung kicau kita terus bergerak naik turun atau tidak nagen, kalian bisa mensiasatinya dengan menaruh bola – bola plastik mainan anak atau dengan memberikan alas yang banyak di jual di toko-toko aksesoris burung kicau. Karena di lapangan pergerakan burung menjadi aspek yang di nilai oleh para juri.

Jika jarak rumah dengan tempat perlombaan kurang dari 2 jam perjalanan kita tidak per

Mental Burung Kicau

Datang Sebelum Lomba Atau Kontes di Mulai

Sebelum lomba tentunya kalian harus mengetahui jadwal penyelenggaraan lomba dan kelas apa yang akn kalian ikuti. Lalu daftarkan burung kicau anda dan lihat-lihat kondisi arena lapangan. Apalagi untuk burung yang perdana mengikuti perlombaan datang lebih awal tentu menjadi hal wajib yang kalian perhatikan,

Hal ini berguna untuk membiarkan burung beradaptasi dengan tempat perlombaan agar dia terbiasa, jangan buka tutup sangkar atau kerodong begitu kita tiba di lapangan. Biarkan burung untuk istirahat beberapa menit terlebih lagi apabila kita membawanya menggunakan sepeda motor. Setelah dia terdengar nyaman mengeluarkan kicauannya tutup kembali kerodong sampai menit – menit terakhir perlomaan akan di mulai. Setelah itu buka kembali kerodong sehingga dia siap untuk menunjukan gaya cantiknya dalam berkicau dengan materi isian yang gacor dan luber.

Baca Selengkapnya :  5 Macam Makanan Burung Ciblek Terbaik Yang Aman Di Konsumsi

Suasana Perlombaan Burung Kicau

Perawatan Setelah Turun dari Gantangan

Apabila perlombaan telah selesai burung akan mengalami kelelahan secara alami sama hal nya seperti kita setelah bertarung dalam suatu perlombaan. Untuk itu kita harus mengembalikan kebugarannya dengan menyemprotkan sedikit air agar badannya segar dan memberikan makanan yang segar untuk mengembalikan staminanya seperti Kroto yang baru, Jangkrik atau ulat hongkong sebagai ekstra food tetapi harus sesuai dengan takarannya karena jika berlebihan maka akan membuat burung menjadi birahi.

Semoga tips dari kami bermanfaat untuk anda, selamat mencoba dan semoga sukses di lapangan perlombaan. Apabila burung anda belum berhasil mendapatkan kemenangan atau tropi jangan menyerah dan lakukan perawatan dengan pola lain yang ada informasi nya di website kami. Salam kicau mania.

Baca juga artikel lainnya : Suara Mewah Kicauan Burung Murai Batu