13 Cara Memilih Murai Batu Lomba Yang Prospek Berprestasi

Diposting pada

Jangan Lupe ! . . Di Share Ye ?.

Ada beberapa cara memilih murai batu lomba yang dapat Anda pelajari jika ingin memelihara jenis burung kicau yang satu ini serta mendapatkan burung murai yang berkualitas bagus sesuai harapan pastinya. Dengan cara membelinya dari peternak atau penjual. Dalam menyortir burung murai ombyokan, atau ciri murai trotol fighter, tidaklah mudah dan sulit selama Anda tidak mengerti cara memilihnya. Murai Batu yang diperoleh dari hasil budidaya akan lebih mahal daripada berburu dari hutan.

Kita tahu bahwa tangkapan Murai Batu dari hutan itu tidak jinak, bahkan tidak terbiasa makan voer sebagai konsumsi utamanya. Itulah mengapa banyak dari kicau lovers lebih beralternatif untuk membelinya dari peternak. Pertama-tama, ada baiknya jika membeli Murai Batu, harus hati-hati. Kita tahu banyak pedagang yang menawarkan bahan Murai Batu dengan harga terjangkau, tapi kualitasnya mungkin kurang bagus. Jadi Anda perlu mengetahui dan memahami bagaimana jenis murai batu yang bagus buat lomba. Perhatikan dan pahami cara memilih di bawah ini:

Trik Menyeleksi Burung Murai Kontes Berkinerja Bagus


1. Perhatikan Suara atau Ketrekan

Murai Batu bakalan yang bagus mempunyai kicauan keras. Suara Murai Batu bakalan terdengar nyambung dan jeda yang lama. ciri kretekan murai batu yang dihasilkan oleh burung tersebut dapat menjadi faktor pengaruh terhadap suara burung yang akan dijadikan aduan kelak saat usianya dewasa.

Baca Selengkapnya :  Cara Mudah Merawat Burung Serindit Untuk Lomba

cara-memilih-murai-batu-fighter

2. Lihat Bentuk Fisik Atau Ukuran

Murai Batu ideal memiliki tubuh panjang besar. Ini akan menjadi faktor penting pada saat burung murai mengeluarkan suara kicauannya. Dari faktor itu dapat mempengaruhi mental apabila ikut dalam lomba.

3. Perhatikan Bagian Kepala

Murai Batu bakalan yang bagus mempunyai kepala tidak bulat, atau agak gepeng. Kepala Murai Batu yang gepeng menambah penampilan saat berkicau. Ini juga salah satu faktor baik untuk menjadikan burung Anda sebagai burung ideal.

4. Lihat Bagian Mata

Murai Batu bagus memiliki mata sehat. Jadi amatilah kondisi mata burung tersebut. Jangan memilih bakalan yang mempunyai katarak atau selaput putih pada bola mata. Ini dapat dengan mudah Anda perhatikan dengan seksama untuk menghindari kebutaan pada burung pilihan Anda. Nah jika kalian menemui burung murai jantan akan tetapi memiliki tatap mata yang sayup seperti burung sakit atau malas, inilah merupakan salah satu ciri murai mental jelek.

5. Periksa Bagian Kaki

Murai Batu bakalan yang bagus mepunyai warna hitam. Burung yang warna kaki murai batu yang bagus mempunyai kaki hitam memiliki mental kuat bertanding. Selain itu Anda juga perlu memperhatikan pada bagian kelingking kaki belakang, apabila Anda melihat warna kedua kuku pada burung tidak sama maka berarti Murai Batu tersebut tidak memiliki mental yang stabil saat kelak ditandingkan.

6. Teliti Juga Bagian Paruh

Murai Batu yang bagus memiliki paruh panjang tebal. Murai Batu tersebut, nantinya akan mempunyai suara keras. Pilih bakalan dengan lubang hidung dekat mata serta . Ini juga dapat mempengaruhi mental burung saat dibawa dalam kontes. Nah ada juga yang bilang murai batu paruh celah sangat bagus dan banyak di incar oleh murai batu mania.

Baca Selengkapnya :  Cara Memilih Kenari F1 Yang Berkualitas Terbaik

7. Periksa Ekor

Murai Batu Bakalan prospek mempunyai ekor rapat, dan panjang. Murai akan melentikkan ekor saat kicau, dan lebih disarankan pilihlah murai batu ekor melengkung ke bawah. Jadi sebaiknya hindari memilih Murai Batu yang tidak memiliki ekor. Karena dengan begitu Anda tidak akan memiliki burung yang ideal dan juga dapat mempengaruhi harga jual dari burung tersebut.

8. Lihat Bagian Leher

Murai Batu bakalan yang bagus mempunyai leher besar dan panjang biasanya ciri murai batu jawara. Burung Murai ciri tersebut nantinya mempunyai suara kicauan panjang keras. Berbeda jika Anda memilih dengan faktor sebaliknya. Jika bagian leher kecil dan pendek maka suara yang dihasilkan juga tidak akan maksimal.

9. Teliti Bulu

Murai Batu bagus akan memiliki bulu dada coklat. Namun jika bisa memilih Murai dengan bulu dada kekuningan, maka beruntung. Murai Batu bahan warna bulu dada seperti itu, cenderung cepat jadi dan bunyi.

tipikal-murai-batu-fighter

10. Perhatikan Usia

Usia burung Murai Batu bakalan dapat dilihat dengan membuka paruhnya, lihat pada rongga mulutnya. Jika rongga mulut warna putih cerah, maka burung tersebut masih muda. Namun jika berwarna hitam itu tandanya sudah tua.

11. Periksa Kelamin

Saat memilih Murai Batu pilihlah burung kelamin jantan. Burung Murai Batu jantan mempunyai suara berfariasi. Ini dilakukan untuk menghindari kesalahan dalam pemilihan burung, karena jika jenisnya betina maka burung tersebut tidak bisa diikutkan dalam perlombaan.

12. Perhatikan Tingkah Laku

Murai Batu bakalan memiliki mental tangguh saat dipegang maka akan menjerit dan mematuk. Ini membuktikan bahwa burung pilihan Anda akan menjadi agresif saat kelak disiapkan untuk aduan atau gantangan yang memiliki tipikal murai batu fighter.

Baca Selengkapnya :  6 Cara Mudah Merawat Cucak Ijo Bakalan Agar Rajin Berkicau

13. Utamakan Kesehatan

Saat memilih Murai Batu, pilihlah yang sehat. Cirinya dapat melihat sayap mengepit rapat dan kaki mencengkram kuat. Kedua ciri tersebut menggambarkan bahwa burung dalam keadaan sehat.

Demikianlah beberapa info seputar cara memilih murai batu lomba yang telah kami rangkum khusus untuk Anda semua pecinta burung kicau yang ingin menambah burung koleksi. Jangan lupa untuk ikuti terus web kami dengan berbagai pembahasan menarik seputar dunia kicau. Anda dapat mencari berbagai referensi yang dapat membantu Anda menambah pengetahuan tentang burung kicau. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!.

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari