Cara Mudah Ternak Burung Puyuh Modal Kecil Bagi Pemula

Diposting pada

Jangan Lupe ! . . Di Share Ye ?.

Rate this post

Perihal berbicara masalah usaha dalam dunia bisnis ini memang sangat menarik, terlebih menitik beratkan kedalam dunia hobi yang digemari oleh pelaksana yang menjalaninya justru itu akan berdampak postif dan memiliki peluang yang sangat besar, seiring berjalan untuk membangun usaha sekalian hobi yang tersalurkan pastinya, nah pada pembahasan kali ini om kicau akan memberikan tips ternak burung puyuh agar cepat sukses bagi kalian yang masih pemula yang ingin mencoba dan siap mendapatkan untuk besar !. Penasaran ?. Yuk simak aja ulasan selengkapnya dibawah ini :

2 Tipe Burung Puyuh Petelur Buat Ternak


Burung Puyuh Lokal

Burung puyuh berjenis Courtunix Japonica ini ataupun yang lebih diketahui dengan puyuh lokal ialah salah satu tipe burung puyuh yang kerap di jaga di Indonesia. Burung puyuh lokal mempunyai dimensi badan yang sedikit lebih kecil dibandingkan burung puyuh tipe yang lain, dengan bulu bercorak coklat kira- kira hitam. Sepanjang era penciptaan, burung puyuh lokal bisa menciptakan telur sebesar 250 hingga 300 biji pertahun.

Burung puyuh Bangkok

burung puyuh Bangkok ataupun malond ialah tipe burung puyuh dengan dimensi yang lebih besar dibanding dengan tipe puyuh petelur yang lain. Tetapi mayoritas gembala menjaga puyuh Bangkok buat didapat dagingnya. Karena diusia umur 40– 50 hari datar datar burung puyuh Bangkok telah bisa dipotong dengan berat daging bersih datar datar 200 gr sampai 250 gr perekor.

Buat pemasaran telur mayoritas gembala di pulau Jawa memakai benih hasil persimpangan antara puyuh Bangkok dengan puyuh tipe yang lain. burung puyuh hasil persimpangan ini diucap dengan puyuh bastar. Dimensi telur yang diperoleh puyuh bastar biasanya lebih besar dibandingkan telur puyuh tipe lain.

Baca Selengkapnya :  Cara Menjodohkan Lovebird

Pembuatan Kandang Peliharaan burung Puyuh

Metode memelihara burung puyuh petelur yang lajim diterapkan oleh gembala puyuh dikala ini, yang awal merupakan dengan sistem kandang litter serta yang kedua memelihara puyuh dengan kandang baterai. Kedua metode ini mempunyai keunggulan serta kekurangan tiap- tiap.

kandang-burung-puyuh

Pembuatan kandang ternak puyuh petelur litter burung puyuh lebih berdaya guna apabila dibandingakn dengan membuat kandang baterai, tetapi pemeliharaan serta panen telur puyuh jauh lebih gampang apabila kita membudidayakan puyuh petelur di kandang baterai. Pada kandang litter telur puyuh kerap sekali terkubur dalam gundukan litter, alhasil kerap terinjak oleh puyuh ataupun gembala yang akan menuai telur.

Kandang litter; kandang yang didalamnya ada litter. Litter merupakan dasar lantai suatu kandang yang dibuat dari abuk ataupun butiran- butiran barang yang sanggup meresap air serta bertabiat lumayan halus. Kandang litter ini terdapat 2 tipe; Kandang litter pentas: Lazim dipakai pada peternakan ayam broiler( suku bangsa), kandang litter pentas ini kadang- kadang dapat diganti jadi kandang baterai, triknya lumayan dengan mengangkut( membuang litter). Sebagian materi yang bisa dijarikan litter; abuk memotong( abuk kusen) sekam antah, serta jerami.

Kekurangan budidaya peliharaan puyuh di kandang litter salah satunya merupakan puyuh gampang terserang kendala respirasi bila litter terlalau lama ataupun tidak ditukar, litter wajib ditukar sesering bisa jadi, bila litter telah memadat hingga kandungan amoniak di kandang puyuh tentu hendak bertambah.

Keunggulan memakai litter terdapat pada kesehatan peliharaan puyu paling utama kesehatan kaki karena litter jauh lebih halus dibanding dengan lantai kandang baterai yang biasanya dibuat dari jerejak kusen ataupun rajutan kawat. Kandang litter melantai, kandang ini selamanya cuma dapat terbuat jadi kandang litter sebab litter hendak ditebar di lantai dasar kandang. Bayaran kandang litter melantai ini jauh lebih ekonomis dibanding kandang litter pentas.

Baca Selengkapnya :  Cara Ternak Murai Batu Pemula Agar Sukses

Penempatan Kandang Yang Tepat

Dalam penentuan posisi kandang, terdapat sebagian ketentuan yang butuh dicermati supaya burung puyuh bisa memproduksi telur dengan maksimal. Syarat- syarat itu mencakup:

Memilih posisi yang jauh dari pemukiman masyarakat, karena posisi yang marak hendak memunculkan keributan yang bisa memebuat burung puyuh sterss.

Posisi kandang puyuh bisa dengan gampang dijangkau oleh perlengkapan pemindahan. Perihal ini bermaksud buat memudahkan cara pemeliharaan serta penjualan.

Upayakan pula posisi yang diseleksi leluasa dari wabah penyakit. Dengan begitu bayaran kesehatan bisa diminimalisir. Situasi kandang pula wajib mempunyai perputaran hawa yang baik. Perihal ini dimaksudkan supaya gas amonia yang mencuat dari kotoran puyuh bisa ditendang pergi ruangan oleh hawa fresh.

Pemberian Pakan Yang Berkualitas

Supaya burung puyuh bisa menciptakan telur dengan maksimum hingga dibutuhkan konsumsi nutrisi yang lumayan. Hingga dari itu dibutuhkan pakan bermutu yang bisa penuhi keinginan vitamin burung puyuh. Selanjutnya ialah pakan burung puyuh petelur yang bisa penuhi keinginan nutrisi dari burung puyuh.

Bekatul Padi

Pakan yang kerap diserahkan pada burung puyuh yakni bekatul antah. Bekatul antah ialah pakan yang banyak memiliki protein, lemak, dan pangkal tenaga buat burung puyuh. Tetapi pemberian bekatul antah tidak direkomendasikan buat burung puyuh yang sedang belia, karena isi serat agresif yang tercantum didalam bekatul hendak susah buat di cerna oleh burung puyuh. Direkomendasikan pula buat tidak menaruh bekatul sangat lama sebab bekatul yang sangat lama ditaruh hendak menciptakan bau yang tidak nikmat.

anakan-burung-puyuh

Aci Tulang

Aci tulang ialah pakan burung puyuh yang berbahan dasar sisa sisa dari penyembelihan binatang. Buat membuat aci tulang bisa dicoba dengan merebus sampai sedikit lunak, kemudian tulang itu dikeringkan serta setelah itu digiling jadi aci. Aci tulang amat bagus dipakai bagaikan pakan burung puyuh sebab memiliki fosfor serta kalsium. Tetapi butuh diketahui aci tulang cuma dipakai bagaikan kombinasi pakan burung puyuh petelur saja.

Baca Selengkapnya :  Cara Mudah Ternak Jalak Bali Agar Berhasil

Ketela pohon Serta Jagung

Tipe pakan berikutnya yang amat baik buat perkembangan burung puyuh petelur merupakan ketela pohon. Didalam ketela pohon ada tenaga metabolisme yang bisa pula ditemukan didalam jagung tetapi buat kandungan proteinnya tidak sangat besar.

Jagung ialah salah satu tipe pakan yang amat kerap pada burung. Karena bulir jagung memiliki bermacam berbagai nutrisi spesialnya karbohidrat bagaikan pangkal tenaga burung puyuh. Tetapi pada biasanya, pemberian pakan jagung hendak dicampur dengan tipe pakan lain. Perihal ini dicoba supaya bayaran yang dikeluarkan lebih berdaya guna, mengenang harga dari jagung yang lumayan mahal.

Sering- kali susah buat menciptakan benih unggul dari burung puyuh tipe petelur, diakibatkan bidang usaha peternakan puyuh belum sebesar serta bertumbuh semacam upaya peternakan ayam. Menimbulkan cuma sedikit yang melaksanakan pemuliaan peliharaan puyuh, itu juga tidak dalam rasio yang besar. Alhasil buat memperoleh benih puyuh menang amatlah susah.

Buat Harga Pakan yang Mahal memanglah kerap terjalin, serta butuh dikenal, dalam melaksanakan harus peliharaan puyuh ini menghabiskan 70- 80% anggaran buat pakan. Alhasil butuh terdapatnya inisiatif buat mencari pakan pengganti. Tetapi pemakaian pakan yang ekonomis dengan mutu kecil bisa menyebabkan penciptaan telur tidak maksimum. Akan tetapi semua bisa kalian lewati tentunya dengan kesabaran tingkat tinggi dan yakin terus berusaha semaksimal mungkin.  Demikianlah informasi cara peternak puyuh sukses yang dapat kalian coba dan terapkan dalam dunia usaha, semoga sukses selalu.

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari