Inilah Rahasia Perawatan Murai Batu Agar Stabil Saat Lomba

Diposting pada

Jangan Lupe ! . . Di Share Ye ?.

Nah dikesempatan kali ini om kicau akan sedikit berbagi tips dan pengalaman seputar perawatan murai batu agar stabil khususnya untuk pemula ya, mulai dari setingan harian ataupun saat dilapangan, tentu semua berdasarkan pengalaman yg telah dibuktikan secara nyata dan riset yang sangat profesional di ahlinya.

Di artikel kali ini saya akan menjawab pertanyaan dari sahabat-sahabat setia website resmi omkicau.id, jadi begini pertanyaan, kok bisa murai batu Kharisma stabil juara dengan jeda yang begitu dekat bisa seminggu 3 kali atau 4 kali Bahkan punya bisa 3/4 sesi ya, sungguh memiliki perform yg sangat baik dan stabil lagi kerjanya ?.

Nah ini bisa kalian jadikan sebagai bahan motivasi atau penyemangat khususnya bagi pemula yang, dan kenapa murai batu Kharisma ini bisa setabil juara setiap kali digantangkan. Dan saya bukannya untuk menyombongkan diri. Ya emang udah terbukti boleh di cek di Facebook saya sendiri ya kan bisa berteman di sana saya selalu update masalah di gantangan atau masalah perawatan burung yang lainnya sehari-hari di rumah ya Jadi gini ya untuk masalah pola rawatan yg saya terapkan ini cukup sederhana ya.

Kok bisa ya seperti itu ?.. Kenapa apa Rahasianya apa gimana perawatannya Terus apa saja inilah yang bikin semangat untuk menjawabnya dengan merangkai artikel yg ditujukan untuk kalian semua para pecinta murai batu mania. Penasaran !.. Yuk simak pembahasan selengkapnya dibawah ini :

Tips Settingan Agar Murai Batu Bongkar Isian


Pemberian EF Harian

Sebenarnya sama aja dengan pola rawatan pada umumnya merawat murai batu yg disesuaikan dengan karakter si burung itu sendiri. Dan untuk pribadi saya dari dulu Emang nggak pernah pakai kroto ya, fokus di EF jangkrik saja sudah cukup. Namun bukan sebarang jangkrik tentunya ya.

Tentu jangkrik yg kita berikan keburung harus yg sehat dan terawat ya, EF jangkrik ini juga harus dikasih makan terlebih dahulu sebelum dikasihkan keburung murai kalian, agar bisa mendapatkan asupan yg lebih maksimal, bisa kalian berikan pakan untuk jangkrik seperti jagung manis muda, daun singkong atau bisa juga singkong rebus ya temen-temen.

jangkrik yang saya Sebutkan berkali-kali di video saya selalu jangkrik tidak pernah pakai proto kenapa Om Dian kenapa nggak pernah mau pakai proto Apa yang nggak pakai nggak ada masalah cuman kan gini kalau memang murai batu itu sudah mau kerja maksimal dg hanya menggunakan pakan jangkrik sudah terlihat penampilannya ketika digantangkan enak bisa juara, Kenapa harus beli kroto ya kan ketimbang Kita harus mengeluarkan bajet lagi, tentu lebih hemat pengeluaran kalian ya.

cara-membuat-murai-batu-sujud

Mandi, Penjemuran Dan Pengkrodongan

Untuk memandikan murai batu dalam kurung waktu satu minggu hanya 2 kali saja ya, dikarenakan murai saya ini bertipe dingin, jadi jadwal mandinya di hari senin sore dan jum’at sore hari. Sekitar pukul : 17.00 – 18.00 WIB sebelum adzan maghrib harus sudah selesai memandikan si murai batu kita ya, karena jangan hanya burung saja yg kalian pikirkan, beribadah sholat maghrib juga jangan ditinggalkan dong hehehe. Bener nggak ?.

Baca Selengkapnya :  Cara Mudah Merawat Burung Siri Siri Supaya Gacor Siang Malam

Waktu penjemuran dilakukan sekitar pukul 8.00 WIB pagi hari sampai pukul 11.00 WIB siang hari ya, lanjut dijemur lagi pada sore harinya sekitar pukul : 15.00 WIB cukup setengah jam saja, dengan penjemuran yg maksimal inilah salah satu cara membuat murai batu sujud ketika di gantangkan nanti.

Namun jika penjemuran sudah benar dan burung masih kurang ngotot ketika dilapangan / digantangan maka itu merupakan ciri murai kurang jangkrik ya. Berbeda lagi jika burung ini terlalu galak ketika di gantang, namun apa penyebab murai batu ngejar lawan yg sangat galak ini ?. Bisa jadi kelebihan EF yg bisa membuatnya over emosinya. Atau bisa juga dalam teknik pengkrodongan hariannya tidak tepat.

Pemasteran Menggunakan Burung Kecil

Nah dalam melakukan mastering untuk burung murai batu kalian, tentu jangan diremehkan ya. Karena bisa menjadi penentu burung itu berkualitas atau tidaknya dilihat dari materi lagu yg dimilikinya, sebaiknya memakai burung asli yg sudah gacor, peliharaan 2 atau 3 burung masteran dirumah sebagai pendamping murai batu kalian. Agar bertujuan lebih fokus dalam menerima suara-suara dari burung pemaster tersebut.

Baca juga : Cara Mengatasi Burung Murai Batu Cabut Bulu Saat Mabung

Bisa kalian rawat untuk burung masteran seperti kolibri ninja, ciblek dan serindit yg sudah gacor dor ya. Jika kalian memang tidak sempat dan sibuk kerja diluaran, maka tidak ada salahnya menggunakan audio mp3, juga tidak masalah. Yg bermasalah itu jika burung murai batu kita tidak diberikan masteran sama sekali, nah itu tidak di anjurkan ya.

Rawatlah dengan ikhlas secara konsisten setiap harinya agar burung kalian terbiasa dan menyesuaikan dengan rawatan yg telah kalian terapkan, supaya bisa tampil lebih maksimal saat dilapangan nanti. Oke itu saja tips perawatan murai batu agar stabil yg bisa kalian lakukan ya, semoga kiranya dapat bermanfaat.

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari