perawatan-kacer-mabung

Tips Perawatan Kacer Mabung Agar Cepat Tuntas

OmKicau.ID pada kesempatan kali ini kembali memberikan tips perawatan kacer mabung yang tepat agar cepat tuntas dan menghasilkan burung yang sehat dengan kondisi prima setelah melewati masa mabungnya. Banyak sekali para hobiis pemula yang meremehkan pola rawatan burung kacernya ketika menghadapi masa rontok bulu atau sering disebut molting ini.

Karena jika salah dalam memberikan rawtan pada saat mabung ini, akan berdampak buruk kepada penampilan dan performa si kacer tersebut ketika di trek atau digantang di arena lapangan, pastinya banyak ditemukan permasalahan baru yang timbul akibat dari mabung yang tidak tuntas atau salah perawatan ketika burung ini mabung.

Masing- masing burung yang lagi dalam kondisi jatuh bulu itu tentu amat menginginkan asupan kalori dan nutrisi yang ada pada badannya. Tujuannya buat menghasilkan bulu- bulu lama yang sudah rusak dan buat meningkatkan kembali bulu- bulunya yang terbaru.

Alhasil bila mau burung Anda lebih segera menjalani tahap molting, janganlah mendesakkan burung buat bernyanyi. Berikut cara merawat burung kacer yang sedang mengalami porses mabung dengan baik dan benar, yuk simak ulasan selengkapnya dibawah ini :

Metode Mengenali Tanda Kacer Ingin Mabung

Burung kacer hendak kelihatan tidak bergairah serta tidak banyak aksi, Bulu- bulu pada burung kacer hendak tampak tidak rapi serta rupanya lebih kumal. Masing- masing harinya nampak lebih banyak bungkam serta jadi tidak giat menghasilkan suara kicauannya. Bulu burung bakal jatuh berguguran sedikit demi sedikit, serta nampak sedikit gundul, dan bulu akhir juga hendak nampak cacat serta berhamburan. Aksi kurang gesit semacam burung yang lagi sakit serta mata burung kacer nampak sayup.

Baca Selengkapnya :  Rahasia Perawatan Murai Batu Agar Bisa Berprestasi

perawatan-kacer-saat-rontok-bulu

Terdapat 2 Tahapan Memberikan Rawatan Kacer Pada saat Mabung


Perawatan Dikala jatuh Bulu

Jika sudah terlihat tanda kalau burung telah memasuki masa mabungnya maka tahap awal yang wajib dilakukan adalah pengisolasian burung kacer serta taruh kandang burung ditempat yang hening serta teduh. Ini bermaksud supaya burung kacer yang mabung tidak mudah stress.

Stop pemberian pakan extra fooding seperi jangkrik ataupun kroto pada kacer yang mabung. Sebab pemberian pakan extra fooding bisa membuat kacer mabung jadi berlebihan birahi. Berlebihan birahi ini menyebabkan kacer mabung jadi risau serta tidak tenang pada saat mengalami proses mabung.

Kacer mabung sesuai diberi pakan tipe voer yang bermutu dan mempunyai isi nutrisi yang pas. Jalani pengkrodongan pada kandang burung, dengan tujuan supaya kukila kacer mabung bisa istirahat keseluruhan dengan kondisi hening. Janganlah mensterilkan kotoran kandang tiap hari cukup 2- 3 hari sekali, supaya burung dapat lebih Fokus serta tidak kerap terhambat dikala merontokan bulu- bulunya.

Yang butuh dicermati serta lebih berarti lagi tidak di anjurkan buat membasuh burung dalam kondisi lagi mabung. Ini bermaksud supaya memperoleh bulu anyar ataupun bulu baru yang lebih baik. Bila telah berkembang bulu baru kemudian kamu bisa memandikan burung kacer seperti umumnya.

Perawtan Dikala Tumbuh Bulu

Pemeliharaan kacer mabung pada waktu tumbuh bulu belia ialah dengan metode pemasteran. Pemasteran ini hendaknya diaplikasikan pada kacer yang lagi hadapi proses mabung segera diingat- ingat oleh burung itu. Karena pada durasi itu, burung condong semakin diam, yang lebih banyak mencermati pemasteran dari pada menghasilkan suara kicauannya. Pemasteran pula wajib senantiasa dicoba sampai bulu tuntas semuanya berkembang dengan sempurna.

Baca Selengkapnya :  Suara Masteran Burung Branjangan Full Isian Mp3

perawatan-kacer-tumbuh-bulu

Ingat bila burung sedang dalam proses dorong ekor hendaknya janganlah di mandikan, nah bila akhir serta bulu bulu barunya telah tumbuh dengan sempurna baru bisa ke langkah pemandian sang kacer itu. Buat membersihkan burung kacer dengan memakai shampo spesial burung pula hendaknya kamu jalani. Tujuannya supaya bulu jagung semacam sindap yang ada pada burung kacer kamu segera lenyap. Setelah burung kacer dimandikan, burung tidak boleh dijemur dahulu ya.

Pemeliharaan kacer mabung cocok dengan pola rawatan atau setingan dikala setiap hari semacam perihalnya saat sebelum hadapi mabung. Pada biasanya santapan ekstra jangkrik sebesar 4- 5 ekor per harinya. Tambahkan dengan memakai minyak ikan dengan metode disuntikan pada bagian dalam perut jangkrik, satu hari dapat satu butir saja. Setelah itu dicoba tiap hari sampai bulu belia berakhir. Karena buat minyak ikan ini mempunyai banyak khasiat buat burung celoteh. Serta buat salah satunya merupakan membuat bulu burung jadi semakin mengkilap.

Sehabis membagikan rawatan diatas hendaknya kandang burung kacer dikerodong kembali. Setelah itu simpanlah ataupun gantungkan pada tempat yang tenang. Nyaman serta aman hingga betul- betul seluruh bulu nampak sempurna tumbuhnya, Hingga terkini bisa dikembalikan kembali ke pola rawatan saat sebelum burung kacer itu mengalami mabung. Pemberian santapan ekstra bisa dicocokkan dengan kerutinan setingan dari masing- masing. Penjemuran 1 sampai 2 jam saja. Burung ini dikerodong cuma pada disaat malam hari saja.

Buat pemeliharaan burung kacer untuk pendatang baru memanglah sedikit susah tetapi untuk yang telah profesional menjaga burung tidaklah sesulit yang dibayangkan.

Baca juga : Tips Setingan Burung Kacer Lomba Agar Jadi Juara