perawatan-burung-pleci

Tips Mudah Memberikan Perawatan Burung Pleci Yang Tepat

perawatan burung pleci – Sepintas jika diamati, untuk merawat burung mungil si bulu kuning ini memang terlihat mudah, akan tetapi perlu diperhatikan ekstra dan cara khusus untuk melatihnya agar bisa menjadi burung yang memiliki kualitas terbaik. Bagi para hobiis kicau mania sudah pasti mempunyai trik ataupun cara tersendiri dalam memberikan rawatan harian burung kesayangannya, begitupun untuk si pleci ini.

Walaupun burung pleci ini memiliki harga yang terjangkau dipasarannya. Namun tidak boleh diremehkan begitu saja. Jika kalian memelihara burung ini dengan sepenuh jiwa dan raga serta sudah sehati dan paham oleh karakternya, bukan hal yang mustahil burung pelci gacoan anda akan menjadi burung mewah dan memiliki harga yang sangat tinggi pastinya.

Trik Sederhana Memelihara Burung Pleci Yang Baik Dan Benar


Pemeliharaan Burung Pleci Di Proses Awal

Jika temen-temen sudah membeli burung pleci dianjurkan belilah lebih dari satu ekor, di usahakan 3 sampai 4 pasang baik itu jantan dan betinanya, pilihlah kiranya pleci bahan yang prospekan dan cirinya masuk standar burung yang bagus. Awal awal pemeliharaannya sangatlah mudah cukup menyatukan didalam sangkar yang berukuran lebih besar dari sangkar soliter, seperti pada kandang ombyokan. Berikanlah waktu adaptasi bersama-sama dengan antara burung pleci yang satu dengan yang lainnya agar tidak terlalu kaget dan stress.

Jangan langsung terburu-buru untuk memandikan burung pleci yang masih bakalan (bahan) ini, berikan jedah waktu seminggu atau maksimalnya sepuluh hari, baru boleh kalian mandikan, lalu mulai dipisahkan ke dalam kandang soliter masing-masing.

Baca Selengkapnya :  Ciri Burung Lovebird Batman Beserta Harga Pasaran

pleci-jantan

Penempatan Kandang Yang Tepat

Burung yang memiliki ukuran tubuh lumayan kecil ini, memanglah sangat rentan terhadap gangguan dari faktor lingkungan sekitar anda. Pada dasarnya burung pleci ini mudah untuk dirawat, akan tetapi tidak boleh di anggap enteng. Terutama jika kalian sebagai pemiliknya mengharapkan burung yang kalian rawat akan menjadi burung yang berkualitas.

Salah satu modal dasar kedisiplinan dalam menempatkan kandang burung pleci kalian. Yang dimaksudkan disini tidak boleh asal-asalan atau sembarangan dalam menggantung, meletakkan kandang sehari-harinya. Memanglah cukup terlihat sepele tapi tidak boleh disepelekan ya temen-temen. Dan tidak hanya itu saja baik dari segi tangkringan yang sesuai dengan karakter plecinya, serta hal yang berkaitan dengan pakan dan minumnya yang diberikan setiap harinya oleh para pleci mania.

Penempatan kandang pada siang hari diusahakan setiap menggantungkan kandang pleci ini di tempat yang paling tinggi, aman dan nyaman bebas dari hewan pemangsa yang kiranya dapat membahayakan si burung. Posisinya harus di tempat yang terbuka (diluar rumah) yang kiranya dapat menerima udara panas pada siang hari seperti menggantungkannya di depan teras halaman rumah anda, jagan di dalam rumah ya, tujuan menggantung pada ketinggian ini agar si burung pleci mampu mengeluarkan suara kicauannya lebih bervariasi dengan vokal yang kencang dan maksimal.

Penempatan posisi kandang untuk malam harinya, ada baiknya gunakanlah kerodong sebagai penutup kandang agar burung bisa beristirahat dengan tenang. Waktu yang tepat mengkrodong kandang burung pleci ini kisaran pukul : 19.00 WIB. Dan letakkanlah kandang burung pleci ini di tempat ruangan yang aman dan tenang dari gangguan-gangguan lainnya.

Merawat burung pleci bahan

Meskipun pada dasarnya dalam memberikan rawatan harian untuk burung kicau sama saja. Namun ada beberapa hal yang harus perlu dibedakan dalam memberikan perawatan untuk si mungil pleci ini dibandingkan jenis burung ocehan yang lainnya. Apalagi jika burung pleci ini masih tengah anakan (bahan) mudah hutan yang baru di dapat, pasti butuh perhatian yang lebih. Hal tersebut dikarenakan masih terbiasanya habitatnya di alam liar.

Baca Selengkapnya :  Inilah Keunikan Burung Kiwi, Ciri, Habitat, Serta Makanan

pleci-bahan

Pemeliharaan pleci jantina koloni

Yang dimaksud jantina koloni disini adalah jantan dan betina yang kalian pelihara lebih baik lebih dari satu ekor, karena karakter dasar burung pleci ini tergolong burung berkoloni, dengan bertujuan untuk membuat burung agar tidak mudah stress, tetap sehat dan rajin berkicau saut menyaut antara pleci satu dan yang lainnya.

Kenapa harus memelihara pleci betinanya juga ?.

Agar bisa mendapatkan hasil yang diharapkan, rawat pleci jenis kelamin betina harus lebih dari satu ekor, dengan tujuan disini untuk pendamping si jantan bahan, yang dimana jika dijodohkan dari usia belia atau bahan akan lebih sangat cepat ketimbang menjodohkannya ketika sudah dewasa. Manfaat pleci betina ini sebagai pemicu untuk burung jantan agar birahi tetap terjaga stabil dan mampu mengeluarkan suara kicauan gacor yang maksimal.

Proses Pemandian Serta Penjemuran Yang Tepat

Untuk memandikan dan menjemur burung kiacuan jenis apapun memanglah hal yang wajib dilakukan oleh setiap pemiliknya, khususnya untuk burung pleci ini. Namun dalam memberikan perlakuan antara yang satu dan lainnya tidak boleh disamakan, karena setiap burung memiliki karakter yang berbeda-beda tentunya. Burung mungil ini tidak boleh terlalu dipaksakan dalam hal memandikan atau menjemurnya.

Walaupun si pleci ini tahan terhadap cuaca terik panasnya matahari, akan tetapi dalam proses penjemuran tidak dianjurkan menjemur terlalu lama-lama, karena bisa menyebabkan bulu-bulu akan rusak dan suara akan menjadi serak nantinya.

pleci-betina

Jaga Selalu Kebersihan Kandang

Burung pleci ini terkenal dengan hawa nafsunya untuk mengkonsumsi pakan baik berupa voer atau yang lainnya, maka tidak heran kotoran yang dihasilkannya juga sangat banyak. Jika kalian malas dalam membersihkan kotorannya sudah pasti burung tidak nyaman berada di kandangnya sendiri. Dan bisa berakibat stress berat, dan mudah terserang penyakit atau virus yang bisa mengganggu kesehatannya. Setiap hari harus kalian bersihkan minimal 1 hari 1 kali, dan yang lebih baiknya lagi 2 kali sehari.

Baca Selengkapnya :  Mengenal Jenis Burung Trucuk (Makanan, Harga, Suara)

Pemberian Pakan Dan Minum Yang Berkualitas

Untuk makanan hariannya bisa anda berikan voer halus, atau serangga kecil seperti ulat hongkong yang masih muda berawarna putih. berikan sehari 1 sampai 2 ekor saja, jangan terlalu berlebihan.

Bisa juga diselingi oleh pemberian kroto bersih dan segar, setiap 1 minggu 2 kali saja. Boleh kalian berikan juga buah-buahan seperti pisang untuk melancarkan pencernaannya, kasih buah maksimal seminggu sekali.

Untuk kebersihan air minum juga harus diperhatikan setiap waktu, karena burung ini kerap kali mengotori air minumnya. Jadi setidaknya kalian harus mengganti air minumnya sehari 2 sampai 3 kali dengan air mineral yang baru, matang dan bersih. Agar lebih maksimalnya lagi boleh kalian berikan vitamin pada air minumnya burung pleci maksimal 1 minggu sekali saja.

Baca juga : harga burung pleci