jenis-murai-batu

Mengenal Jenis Murai Batu Yang Ada Di Indonesia

Kembali lagi masih bersama situs resmi Om Kicau, yang dimana pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi seputar jenis murai batu yang ada di indonesia dan sering dijadikan sebagai burung kontes yang memiliki kualitas terbaik.

Pesona kicauan dan keindahan burung murai mejadikannya salah satu jenis burung lomba yang banyak dicari, dan gantangan murai batu ini tentunya menjadi kelas yang paling bergengsi dari jenis burung ocehan lainnya. Karena sifat dasar yang dimiliki oleh burung yang satu ini adalah fighter petarung sejati.

Semua para hobiis murai mania saling berlomba dalam memberikan perawatan yang sempurna agar mendapatkan hasil yang maksimal. Namun jenis-jenis murai batu jawara biasanya berasal dari nusantara negara kita sendiri, penasaran jenis murai batu apa saja yang memiliki mental dan kualitas yang baik untuk dijadikan burung kontes!. Yuk simak info selengkapnya dibawah ini :

Beberapa Macam Burung Murai Terpopuler Di Indonesia


1. Murai Batu Lampung

Murai lampung yang sedang terletak di area bagian sumatra mempunyai dimensi badan yang tidak jauh berlainan dengan murai medan, tetapi ekornya memanglah lebih pendek. Murai lampung pula tercantum tipe burung murai yang lazim dilombakan sebab, tidak hanya mempunyai suara yang berdengung, staminanya juga agung.

Jadi, disaat dibawa ke kompetisi, murai lampung tidak hendak kenal putus asa serta hendak lalu berupaya menciptakan suara terbaik dengan menjiplak suara burung lain di sekelilingnya. Mayoritas para hobiis burung murai ini menyebutnya dengan julukan murai kota agung. Buat harga yang ditawarkan kurang lebih: 3- 5 jutaan buat burung jantan yang sedang anak muda serta telah gacor, serta buat harga betina dapat menggapai 1, 7 hingga 2 jutaan.

murai-batu-lampung

2. Murai Batu Nias

Karakteristik khas dari burung murai batu nias terdapat pada dimensi badan burung ini yang lebih kecil serta mendekati dengan tipe murai batu asal Lampung. Corak bulu akhir dari burung ini cuma mempunyai satu corak saja, ialah hitam. Seperti itu kenapa burung murai ini pula disebut dengan naman burung blacktail. Akhir hitamnya ini dapat berkembang dengan jauh dekat 17 centimeter hingga dengan 20 centimeter. Istimewanya, suara yang dihasilkannya lumayan keras dibanding dengan burung yang lain.

Baca Selengkapnya :  Suara Khas Burung Jalak Suren Beserta Harganya

Sesungguhnya burung murai nias ini mempunyai keistimeawan tertentu, bila dibanding dengan burung murai batu yang lain, yang sanggup mengantarkan aksen lagu dengan ragam yang banyak jelas serta amat cerdas serta gampang buat dimasteri. Akan tapi terdapat sebagian wilayah saja yang kurang menggemari serta berasumsi burung nias ini kurang baik buat di ikutsertakan dalam festival, serta kurang diprioritaskan.

murai-batu-nias-ekor-hitam

3. Murai Batu Medan

Perbandingan yang sangat muncul dari burung murai batu Medan ialah terdapat pada bentuk tubuh badannya. Tubuhnya lebih besar serta lebih gagah. Corak bulunya juga mengarah hitam serta pula mengkilap. Buat burung murai batu yang sedang belia hendak memiliki corak kaki yang lebih merah, sebaliknya yang telah dewasa memiliki kaki dengan corak gelap kental. Jumlah bulu ekor bercorak putih pada burung ini terbatas 4 dengan garis corak gelap mendatar.

Panjang bulu ekor burung murai batu Medan kurang lebih 27 hingga dengan 30 centimeter. Bila burung ini lagi bernyanyi, ekronya hendak berdiri berdiri sampai memegang bagian kepalanya. Dimensi tubuh yang lumayan besar membuat harga burung ini lumayan mahal di pasaran. Buat harga perkiraan burung murai medan ini dapat menggapai antara 1, 5 hingga 7, 5 jutaan buat pejantan gacoran, tetapi harga murai ajang betina dekat 1, 5- 2, 5 juta perekornya. Nah kalau burung murai tipe yang satu inilah yang kerap banyak dipakai sebagai gacoan burung di lapangan oleh para hobiis kicau mania.

murai-batu-medan

4. Murai Batu Kalimantan

Burung ini kerap diucap dengan julukan akrabnya ialah borneo, selaku biasa burung murai ini memiliki karakteristik raga corak bulu dada yang lebih jelas dari bulu di bagian badan yang lain. Corak bulu pada bagian dada yang terus menjadi kental merupakan barometer dari tingkatan kesehatan psikologis burung ini pada saat dilombakan.

Kaki burung menawan ini bercorak gelap dengan sedikit corak merah. Buat burung yang memiliki corak kuning pada kakinya ialah ciri kalau burung itu tidak memiliki psikologis yang kokoh. Jauh akhir dari burung murai batu borneo kurang lebih 10 centimeter hingga dengan 13 centimeter. Wujud kepala bulu ini pada biasanya nampak kotak, tidak bundar ataupun bulat panjang. Karakteristik bagian badan yang lain terdapat pada matanya. Mata burung ini lebih runcing dan nampak besar serta pula melotot.

Burung borneo ini mempunyai kepribadian serta psikologis petarung yang bagus bila dibanding dengan tipe murai yang lain. Akan tetapi mengapa di wilayah semacam sumatra khususnya dibandar lampung ini amat menyepelehkan dan tidak mempunyai harga serta nilainya dengan kehadiran burung borneo ini yang di kira tipe burung murai kurang baik sebab mempunyai gaya gembung naik turun kala di adu dengan sesama jenisnya.

Baca Selengkapnya :  Suara Burung Cipoh Beserta Harga di Pasaran

Tetapi untk di pulau jawa burung ini amat di segani serta jadi kesukaan sekali, apalagi nyaris pada umumnya para hobiis tanah jawa pastinya amat menggemari burung murai borneo ini, ya semuanya dikembalikan lagi pada tempat serta area kamu bermukim, yang dimana kamu pula wajib menjajaki arus serta membiasakan agar anda hobi kamu pula bisa terpenuhi intinya.

murai-batu-kalimantan

5. Murai Batu Jambi

Burung murai batu jambi yang hidup di lapangan kecil memiliki dimensi badan yang lebih kecil dengan ekor yang pula tidak jauh. Jauh akhir burung ini tidak menggapai 15 centimeter. Bagus burung murai batu jambi pada lingkungan alamnya amat suka terletak di lapangan besar, Kelebihan yang dipunyai dari bidang suara yang pedas, speed rapat dan psikologis tempur yang amat bagus.

Kekuatan burung ini dalam bertempur dengan kicaunya yang giat amat sesuai buat diikut sertakan dalam kejuaraan. Buat harga burung murai jambi ini relatif, dapat menggapai 3- 5 jutaan buat burung berusia yang telah gacor dor, pada umumnya murai tipe jambi ini masih kebanyakan dari hasil buruan hutan, dan jarang sekali di tangkar.

murai-batu-jambi

6. Murai Batu Aceh

Buat karakteristik murai aceh ini mempunyai dimensi badan dari burung murai batu aceh tidak sangat besar, apalagi mengarah kecil. Jauh akhir burung ini dekat 19 centimeter hingga dengan 30 centimeter. Tidak hanya suaranya yang keras, burung ini pula memiliki ragam suara yang lumayan banyak serta terdengar ngerol panjang, biasa karakter suara yang dibawakan oleh tipe murai aceh ini semacam suara kenari, cililin, pelatuk bawang, ngekek lovebird.

Jadi bila Kamu mau memiliki seekor burung murai dengan suara yang istimewa serta mempunyai banyak isiannya, burung murai batu Aceh dapat jadi salah satu opsi yang pas buat Kamu punya. Harga dipasaran buat tipe murai aceh ini dapat menggapai 4- 5 jutaan perekornya.

murai-batu-aceh

7. Murai Batu Jawa

Karakteristik khas yang menarik dari burung murai batu jawa ialah tingkahnya dikala bernyanyi membuat sebagian bulu yang terdapat di kepalanya berdiri. Perihal ini membuat kukila ini seakan memiliki bulu- bulu di bagian kepalanya. Ukuran badannya bukanlah besar, mengarah lebih kecil dari burung murai batu umum.

Baca Selengkapnya :  Jenis Burung Cucak Jenggot Beserta Suara Dan Harganya

Corak bulu pada bagian perut dari burung murai batu jawa dihiasi oleh garis batasan bulu bercorak gelap kental. Suara burung ini nyaris serupa dengan burung tipe murai batu yang lain. Sebab dimensi badannya yang kecil, dimensi panjang ekornya juga pula kecil. Panjang ekor dari burung ini kurang lebih 8 hingga dengan 10 centimeter. Buat harga pasaran burung murai batu jawa ini biasa ditawarkan kurang lebih 3- 5 jutaan buat yang jantan serta telah rajin berkicau.

murai-batu-jawa

8. Murai Batu Lahat

Karakteristik murai lahat ini mempunyai bentuk tubuh badan tergolong lumayan kecil dengan panjang ekor dekat 18 centimeter hingga dengan 23 centimeter. Burung ini mempunyai tipe psikologis yang kokoh serta lumayan kasar. Karakteristik dari burung ini ialah suaranya yang memiliki lumayan banyak variasi. Dengan suara yang tidak serupa itu membuat burung ini terdengar tidak menjenuhkan di kuping kita. Mentalnya yang kokoh membuat daya suara burung ini pula amat baik.

Buat harga kukila murai batu lahat yang sedang anakan( trotolan) dapat menggapai: 1, 3- 1, 8 jutaan, berlainan dengan yang telah lepas trotol serta berumur sedang muda gacoran dapat mencapai 3- 5 juta per ekornya.

murai-batu-lahat

Burung murai batu tercantum burung endemik yang banyak sekali ada di Indonesia burung murai ini bisa ditemui di sebagian wilayah semacam di wilayah sumatera, kalimantan, serta pula pulau jawa.

Burung murai batu amat gampang di temui di bermacam wilayah di Indonesia sebab memanglah burung ini mempunyai keahlian berkembang biak yang bagus. Tidak hanya itu burung murai batu pula bisa menyesuaikan diri dari area yang amat baik alhasil burung murai batu bisa bertahan dari kepunahan.

Anda sebagai penghobi burung murai seharusnya bangga. karena di antara burung murai batu indonesia serta mancanegara, jenis murai yang terbaik senantiasa burung Murai Batu yang bersumber dari Indonesia.

Kenapa dapat begitu?. Karena burung murai dari Indonesia mempunyai karakteristik dan ciri khas suara yang tidak dipunyai oleh burung murai impor dari mancanegara. Ada pula burung Murai Batu mancanegara umumnya berawal dari Thailand, Malaysia, serta Filipina.

Baca juga : Cara Memilih Murai Batu Yang Bagus