Waspadai Penyebab Kucing Sering Bersin-bersin

Penyebab Kucing Sering Bersin-bersin – Kucing ialah hewan yang umum jadi piaraan. Beberapa orang memiara kucing karena kucing ialah hewan yang menggemaskan dan lucu. Tidak itu saja, kadang tingkah kucing dapat membuat pemiliknya yang berduka jadi terhibur.

Tetapi memiara kucing perlu loyalitas tinggi. Ini karena ongkos perawatannya tidak dapat disebut murah, apa lagi untuk kucing dengan ras tertentu yang nilai jualnya capai beberapa puluh sampai beberapa ratus juta perbulannya.

Pemilik kucing yang sudah memilih untuk memiara kucing, karena itu harus siap bertanggungjawab pada hidupnya , khususnya kesehatannya. Bagaimana bila mendadak kucing bersin-bersin? Rupanya ada sesuatu hal yang mengakibatkan kucing bersin-bersin. Berikut pemicu kucing bersin-bersin dan langkah menanganinya dan keterangan.

Penyebab Kucing Sering Bersin-bersin

Inilah Penyebab Kucing Bersin-bersin

1. Alergi

Kucing bisa juga alami alergi yang mengakibatkan dianya bersin-bersin bila benda atau suatu hal yang memacu alerginya berada di dekatnya. Banyak hal yang dapat memacu alergi pada kucing diantaranya:

  • Asap rokok
  • Minyak wangi
  • Semprotan hama
  • Pasir kucing, khususnya yang hasilkan debu
  • Cairan pencuci
  • Lilin
  • Debu
  • Serbuk sari
  • Jamur

Kucing yang bersin karena alergi umumnya akan alami kulit gatal. Namun, kucing lebih jarang-jarang alami alergi dibanding manusia. Jika kamu percaya kucingmu bersin karena alergi, coba cari info apa pemicu alergi kucingmu. Sesudah bertemu, jauhi pemicu alergi itu dari kucingmu.

2. Permasalahan Hidung dan Sinus

Keadaan infeksi seperti rinitis dan sinusitis bisa juga mengakibatkan bersin pada kucing. Rinitis ialah infeksi pada selaput lendir hidung dan sinusitis ialah infeksi pada susunan sinus.

Ke-2 keadaan ini umum terjadi secara bertepatan dan dikatakan sebagai rinosinusitis. Selainnya bersin, tanda-tanda yang lain ialah keluar cairan dari hidung, napas sesak, kucing sukai mengais mukanya, dan robek dan keluarnya cairan dari mata. Penyakit ini cukup beresiko bila tidak selekasnya ditangani. Kamu perlu membawa ke dokter hewan karena kamu tidak dapat menyembuhkannya secara mandiri.

kucing bersin bersin obatnya apa

3. Infeksi Aliran Pernafasan Atas

Bersin ialah tanda-tanda umum dari infeksi aliran pernafasan atas pada kucing. Infeksi ini bisa disebabkan oleh penyakit, bakteri, bahkan juga jamur meskipun jarang-jarang terjadi. Tipe infeksi ini bisa berjalan sepanjang 7 sampai 21 hari.

Selainnya bersin, penyakit ini dibarengi dengan keluarnya cairan dari hidung atau mata, batuk, demam, sampai dehidrasi. Kucing yang rawan terserang penyakit ini ialah anak kucing tua atau kucing. Beberapa bakteri yang bisa mengakibatkan infeksi aliran pernafasan atas diantaranya:

  • Feline herpes , datang dari kucing yang lain menanggung derita herpes
  • Feline , benar-benar menyebar antara kucing dan bisa mengakibatkan pneumonia
  • Feline infectious peritonitis, tanda-tandanya kerap tidak kelihatanFeline immunodeficiency, serang mekanisme imun kucing
  • Feline leukemia, salah satunya infeksi serius yang dapat berpengaruh fatalChlamydia, kerap mengakibatkan
  • infeksi mata (konjungtivitis)
  • Bordetella
  • Mycoplasma

Sebagai catatan tambahan, herpes yang dipunyai kucing tidak menyebar ke manusia. Namun, kucing yang telah terserang herpes saat sebelum memperoleh vaksin akan menderita penyakit itu sepanjang umur, hingga bisa saja kucingmu akan kerap kelihatan bersin.

4. Keadaan Pernafasan Atas yang Akut

Permasalahan kesehatan yang lain bisa mengakibatkan kucing bersin terus ialah keadaan pernafasan atas yang kronis. Umumnya, beberapa penyakit yang terkait bisa mengakibatkan kerusakan tetap pada mekanisme aliran hidung dan kebal.

Perbedaannya dengan beberapa penyakit pernafasan atas ialah durasi waktu sakitnya yang dapat berjalan sampai berbulan-bulan. Tanda-tandanya sama, ditambah lagi kesusahan makan hingga berat tubuhnya peluang akan menyusut mencolok.

Langkah Menangani Kucing yang Bersin-bersin

Selekasnya membawa ke dokter hewan bila bersin bersambung untuk memperoleh perawatan yang pas, terlebih bila bersin kucingmu dibarengi tanda-tanda lain seperti keluarnya darah. Dalam kasus yang enteng, dokter hewan akan memberikan anjuran untuk membikin kucingmu nyaman dengan memakai pelembab udara. Terkadang kucingmu akan memperoleh antibiotik, antihistamin, atau steroid bila dibutuhkan.

Sebagai wujud penangkalan supaya kucingmu tidak bersin-bersin kembali, sebaiknya kamu memvaksin kucingmu untuk menghindar beberapa penyakit beresiko sama seperti yang telah disebut di atas. Disamping itu, menjaga kebersihan rumah dan kandang kucing supaya tidak ada debu atau zat yang lain dapat memacu alergi kucing.

Oke cat lovers tersebut barusan faktor-faktor pemicu kucing kerap bersin-bersin yang harus kalian cermati. Tentu saja tingkat ketahanan tiap kucing berbeda hingga kalian tetap harus mewaspadainya. Mudah-mudahan info ini berguna untuk kamu semua

Terimakasih sudah meluangkan waktu untuk membaca informasi di omkicau dan semoga bermanfaat sampai jumpa pada postingan lainnya update terus informasi menarik dan penting dari kami setiap harinya guys.

Related Posts
10 Aplikasi Penghasil Pulsa Tanpa Undang Teman Terbaru 2023
Aplikasi Penghasil Pulsa

Halo sobat online semua kali ini kami akan share info seputar aplikasi penghasil pulsa nah bagi temen-temen yg ingin mendapatkan Read more

Pengertian Hipotesis Menurut Para Ahli
Hipotesis Menurut Para Ahli

Hipotesis Menurut Para Ahli : Hipotesis adalah fondasi penting dalam dunia penelitian ilmiah. Para ahli dari berbagai bidang telah memberikan Read more