parkit

Ciri Khas Suara Burung Parkit Beserta Makanan Dan Harganya

Burung parkit sendiri merupakan burung yang berasal dari keluarga atau keturunan parrot atau nuri. Burung parkit juga sering dikenal dengan istilah budgie ataupun parakeet. Istilah terebut mempunyai arti enak dimakan dimana pada jaman dahulu suku Aborigin sangat menyukai daging dari burung parkit. Tapi untuk saat ini, burung parkit hanya untuk diperlihara saja ya.

Kalian sudah pada tahu gak habitat asli dari burung parkit? Burung parkit merupakan binatang yang mempunyai habitat asli di Australia dan cenderung hidup berkelompok. Jumlah burung dala satu kelompokpun bisa mencapai ribuan. Penasaran dengan burung satu ini? Yuk simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Mengenal karakter Carolina parakeet yang perlu anda ketahui


Ciri Khas Burung Parkit

Burung parkit merupakan burung yang sangat dikenal dengan kesetiaan terhadap pasangannya. Hal tersebut bisa dilihat dari dikapnya yang selalu sabar menunggu dan menemani parkit betina atau pasangannya saat bertelur.
Burung satu ini hampir sama seperti burung lainnya yang memiliki sifat temperamen tetapi mudah untuk dijinakkan.

Kamu bisa menjinakkannya dengan menyandingkannya dengan parkit lainnya yang sudah jinak. Karena burung ini hidup berkoloni. Dengan disandingkannya burung ini dengan sesamanya, burung ini akan menjadi lebih tenang dan mudah beradaptasi karena burung ini sangat mudah membaur ketika bersama dengan burung sejenisnya.

Saat sudah jinak, disarankan untuk memberi pakan secara langsung dari tangan agar sifat liarnya tidak muncul lagi.

Carolina-parakeet

Ciri fisik Burung satu ini memiliki warna yang hijau dan kuning yang menawan pada bagian sayap serta bahunya ketika masih menjadi burung parkit liar. Sedangkan burung parkit yang lahir dari persilangan biasanya berwarna biru, kuniing, putih, dan warna lainnya. Burung parkit yang sudah dewasa memiliki panjang tubuh kurang lebih sekitar 18 cm sampai 20 cm.

Baca Selengkapnya :  Mengenal Jenis Burung Trucuk (Makanan, Harga, Suara)

Suara Burung Parkit

Banyak orang yang salah kaprah dengan burung satu ini, kebanyakan orang menganggap bahwa burung parkit hanya memiliki keindahan fisik. Padahal burung parkit memeiliki suara kicauan yang khas yakni suara crecetan yang tajam.

Meskipun suara yang dihasilkan tidak bervariasi, suara crecetan yang tajam ini dinilai sangat bagus jika gunakan untuk pemasteran burung lain.

Suara crecet yang dihasilkan oleh burung parkit sering digunakan untuk memasterkan suara burung lainnyaseperti burung cucak hijau, murai batu, dan masih banyak lagi. Burung satu ini juga sangat pintar dan tanggap dalam menirukan suara kicauan burung lain. Untuk mendapatkan ssuara crecetan yang tajam, kamu harus memelihara sepasang atau beberapa burung parkit.

gambar-burung-parkit

Makanan dan Harga Burung Parkit

Makanan yang disukai oleh burung parkit bervariasi dan sebagian besar hampir sama dengan burung peliharaan lainnya. Tetapi yang paling disukai adalah biji-bijian tertentu seperti biji millet putih, millet merah dan juga biji jewawut.

Yang harus diperhatikan adalah kamu tidak boleh memberikan coklat dan alupkat kepada burung parkit karena dinilai mengandung racun bagi burung parkit.

Untuk burung parkit lokal, kamu bisa membelinya dengan harga murah mulai 100 ribu saja, tetapi untuk burung parkit holland dibanderol agak mahal dengan harga kisaran 800 ribuan. Selain itu ada jenis parkit yang paling mahal dan bagus yang dijualseharga 1 juta ke atas yakni indukan lutino parkit australia mata merah.

Dalam memilihara burung parkit ini, kamu tidak perlu memberikan ukuran kandang yang terlalu besar. Ukuran kandang yang ideal dalam memelihara burung ini adalah 40 x 40 x 60 cm. Tetapi tidak ada salahnya akmu menyediakan kandang yang lebih besar jika kamu memelihara beberapa burung parkit mengingat burung parkit yang lebih suka hidup berkoloni.

Baca Selengkapnya :  5 Jenis Burung Mahal Yang Ada Di Indonesia Tahun 2020