murai-batu-betina

Tips Mudah Membedakan Murai Batu Betina Dengan Jantan

Pada kesempatan kali ini situs resmi OmKicau.ID kembali memberikan tips bagaimana cara sederhana untuk membedakan murai batu betina dan jatan dengan mudah 100% di jamin akurat, penasaran ?. Yuk simak ulasan selengkapnya dibawah ini :

Dari bermacam tipe burung yang terdapat di bumi, burung celoteh punya peminat yang lumayan besar. Burung Murai Batu, ialah tipe burung kicauan yang banyak disukai para pemnggemarnya. Namanya telah tidak asing lagi di kuping, karena burung satu ini diketahui punya suara kicauan yang bagus.

Walaupun besar peminat, sedang banyak yang tidak mengenali trik membedakan murai batu cewek serta pejantannya. Supaya tidak keliru, berikut penjelasannya.

Perbandingan Sang Murai Batu Jantan Serta Betina Dengan cara Fisik

Bila diamati sejenak, sesungguhnya si jantan serta awewe telah bisa dibedakan. Supaya lebih gampang membedakannya, kamu dapat memandang perbedaannya dari bidang fisiknya saja. Bila dicermati dengan saksama, dimensi kepala si jantan nampak lebih besar dari sang betinanya. Pada bagian mata sang jantan nampak lebih muncul, sebaliknya sang betinanya tidak begitu muncul.

Apalagi dari bentuk badan badannya saja, sang betina nampak lebih kecil dari si pejantannya. Tidak hanya lebih kecil, si jantan nampak lebih gagah nan nampak gagah. Bila diamati dari bidang corak bulu, bisa dibilang kalau bulu si jantan nampak lebih bagus karena rupanya gelap kental serta nampak mengkilap. Kemudian gimana dengan si betinanya? Malah Murai Batu betina punya corak keabu abuan tetapi tidak mengkilap.

Baca Selengkapnya :  Download Kumpulan Suara Lovebird Gacor Ngekek Panjang Mp3

Perbandingan Sang Murai Batu Jantan Serta Betina Usia Trotolan

Butuh dikenal apabila, perbandingan kedua tipe itu telah dapat dibedakan semenjak sang burung merambah umur trotolan ataupun lazim disebut timbul bulu. Dimana pada bagian kepala sang jantan, ukurannya nampak lebih besar serta mengarah berupa persegi. Sebaliknya wujud kepala sang betinanya, nampak lebih kecil tetapi nampak bundar. Bila diamati dari wujud paruhnya, sang jantan punya catok yang relatif lebih besar.

perbandingan hendak terus menjadi nampak, dari wujud badan sang jantannya yang nampak lebih besar nan memanjang dari betinanya yang nampak lebih kecil nan nampak pendek. Bila diamati dari corak bulunya, sang jantan punya becak coklat yang tertebar di bagian kapak serta dadanya. Kemudian sang betinanya sendiri, punya bulu dada yang lebih pipih, tetapi jauh serta bercorak cokelat. Dari karakteristik itu, saat ini telah dapat melainkan mana Murai Batu betina serta pejantannya.

murai-batu-betina-trotolan

Perbandingan Sang Murai Batu Jantan Serta Betina Dikala Bakalan

Tidak hanya dari karakteristik fisiknya, kamu dapat melainkan sang jantan serta betinanya dikala bakalan. Ilustrasinya saja pada bagian kepala sang pejantan, relatif lebih besar dari rival rupanya. Sebaliknya wujud badan si jantan hendak nampak gendut, berlainan dengan betinanya yang malah nampak langsing nan menggemaskan.

Tidak hanya itu saja, faktor lainnya bisa kalian perhatikan dari sorot pandang mata si burung, jika sorot matanya terlihat tajam, tegas maka bisa diyakinkan burung tersebut jantan, sebaliknya yang betina dari cara memandangnya sorotnya tidak fokus dan kurang tajam. Dari perbandingan itu pula dapat diamati dari suara yang dihasilkannya, dimana suara si jantan terdengar terdapat sedikit sela waktu dengan nadanya yang berganti.

Baca Selengkapnya :  Mengenal Ciri Burung Tledekan, Beserta Harga Terbaru 2020

murai-batu-betina-bakalan

Sedang terdapat karakteristik lain yang dapat melainkan kedua tipe itu, supaya tidak salah seleksi. Misalnya saja di bagian kakinya, dimana si betinanya punya kaki yang nampak lebih halus dengan jemarinya yang pendek. Dari seluruh perbandingan itu, tidak terdapat lagi alibi buat tidak dapat melainkan mana Murai Batu betina serta pejantannya.

Biasanya penggemar burung kicauan hendak membeli burung yang berjenis kelamin jantan dari pada si betinanya. Bukan tanpa sebab, perihal ini dicoba sebab si jantan diyakini sanggup bernyanyi lebih gacor. Tidak cuma mutu suaranya saja, tetapi suara yang diperoleh juga dirasa lebih bermacam- macam.

Catatan, sebelum kalian membeli murai batu yang masih bakalan atau trotolan di penangkar, sebaiknya ditanyakan terlebih dahulu!. Apakah dapat garansi atau tidak apabila nantinya burung yang kalian pilih berjenis kelamin betina, dan teknisnya seperti apa!. Dan bergaransi atau tidaknya, bisa jadi untuk para penangkar burung murai batu tidak hendak mempermasalahkannya, karena biasanya diberikan garansi, jika kalian salah pilih, akan tetapi tidak untuk pihak yang lain.

Baca juga : Cara Mengatasi Murai Batu Stres Dijamin Ampuh