Mitos Burung Puter Putih Kalung Hitam

Diposting pada

Jangan Lupe ! . . Di Share Ye ?.

Rate this post

Sobat omkicau pasti kalian sudah pernah mendengar tentang Mitos Burung Puter Putih Kalung Hitam yang dipercayai oleh sebagian orang apalagi masyarakat jawa dan bali dimana didaerah sana

Menjadi habitat asli dari burung puter ini. Mungkin saat ini sudah jarang kita lihat orang yang merawatnya tetapi dulunya burung ini menjadi salah satu peliharaan favorit orang tua di saat itu.

Selain fisiknya yang menarik dengan warna bulunya yang cantik, suara kicauan yang terkenal dengan degungannya itu sangat membuat hati damai dan tentram ketika mendengarkan suaranya, semacam suara relaksasi begitu.

Burung puter ini memiliki habitat asli di hutan tropis dan subtropis sehingga dia dijadikan sebagai burung khasnya daerah bantul, selain merpati dia juga sering dijadikan sebagai properti untuk

pertunjukan sulap yang biasanya dipakai yang berwarna putih. Selain itu Puter ini juga kental akan mitosnya dan sebelum membahas mitos kita akan memberikan ciri-ciri burung puter ini.

harga-burung-puter-putih-kalung

Mengenal Ciri Ciri Burung Puter

Ciri Fisik

Dia memiliki ukuran tubuh sedang, lebih kecil dari merpati dan lebih besar dari burung perkutut, ukuran tubuhnya kurang lebih 24 sampai 30 cm. Memiliki bulu berwarna coklat susu,

ada juga yang berwarna merah mata dengan warna kehitaman di ukung sayap dan ekornya. Di bagian leher terdapat motif bulu yang mengelilingi leher atas ini yang disebut kalungan puter. Selain warna itu ada juga puter albino yang berwarna putih.

Baca Selengkapnya :  Cara Mengatasi Burung Murai Batu Cabut Bulu Saat Mabung

Ekor, Paruh dan Kakinya

Bagian ekornya memiliki ukuran yang cukup panjang, warnanya coklat dan sampingnya berwarna ke abu-abuan serta pada bagian ujungnya berwarna coklat kehitaman. Paruhnya kecil dan berwarna hitam

dibagian ujungnya agak ke unguan, warna kakinya merah hampir seperti kaki burung merpati. kakinya juga sedang tidak terlalu panjang dan tidak pendek sehingga membuatnya bisa berdiri tegap.

mitos-puter-bunyi-malam-hari

Sorot Matanya

Bola matanya bulat, cukup besar dan memiliki sorot mata yang cukup tajam sehingga saat kalian melihatnya sudah bisa membedakan kalau sorot mata yang tajam tubuhnya sehat sedangkan yang sayu dia sedang sakit mungkin.

Kecerdasan yang dimiliki burung ini ialah dia dapat mengenali orang yang memeliharanya biasanya dia akan menyambut dengan kicauan merdunya ketika pemiliknya datang, cukup menarik ya sobat.

Mitos Burung Puter

Pembawa Rezeki

Baik itu burung puter jantan dan betina keduanya tidak terlepas dari kepercayaan yang sama, dia dianggap sebagai simbol pembawa rezeki bagi pemeliharanya dimana dia dianggap sebagai

simbol kesederhanaan sehingga dia bisa menjaga siklus keuangan keluarga tersebut dari kekurangan sehingga senantiasa tercukupi kebutuhan hidupnya dengan rezeki yang terus mengalir.

Burung ini menjadi simbol kesederhanaan karena dia kerapkali berpuasa sehingga dia bisa bertahan hidup tanpa makan dan minum seharian tidak seperti jenis burung lain yang akan sakit kalau kekurangan asupan makanan.

Pelengkap Rumah

Selain sebagai pembawa rejeki burung ini juga dipercayai dapat memberikan kedamaian buat para penghuninya, suara degungannya yang indah meskipun monoton berfungsi sebagai relaksasi

dikala letih sehabis bekerja ataupun beraktifitas harian di rumah. suaranya juga dapat meningkatikan semangat para penghuninya semacam recharge energi seperti itu.

mitos-burung-puter-putih

Dimalam hari suaranya bisa memecah kesunyian malam sehingga disarankan sekali untuk memelihara burung puter ini selamat mencoba memeliharanya dirumah ya sobat omkicau.

Baca Selengkapnya :  Cara Mudah Merawat Burung Kerak Basi Agar Cepat Gacor

Itulah tadi Mitos Burung Puter Putih Kalung Hitam yang konon dipercayai di masyarakat kalau itu positif kalian boleh percaya atau tidak itu terserah kalian, kami ucapkan terimakasih sudah membaca artikel kami.

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari