Cara Ampuh Mengobati Kenari Serak

Diposting pada

Jangan Lupe ! . . Di Share Ye ?.

Rate this post

Cara Mengobati Kenari Serak – seperti yang kita ketahui, burung kenari terkenal dengan warna-warni bulunya yang cantik terutama suara kicauannya yang merdu jernih dan unik. Tentunya suara merdunya ini

tidak didapat begitu saja, memang secara alami sudah cukup merdu tetapi dengan perawatan yang baik serta kesehatan yang selalu prima suaranya akan semakin jernih sehingga bisa menang kontes kenari kicau.

Namun suara itu tidak serta merta selalu dimiliki si kenari ada kalanya saat kesehatannya terganggu suaranya pun menjadi serak atau parau misal sedang ada gangguan pada pita suara atau kesehatan lainnya

sehingga kita perlu melakukan langkah cepat merawat dan mengobati burung kenari yang suaranya parau itu. bagaimana caranya ? baca artikel ini sampai habis maka kalian akan mendapatkan informasi perawatan kenari serak sampai sembuh kembali.

obat-kenari-serak-alami

Penyebab dan Cara Mengobati Kenari Serak

Beberapa Faktor Penyebab Kenari Serak

1. salah satu penyebabnya ialah berat badan yang berlebihan sehingga mengganggu pernafasannya jadilah itu suara serak.

2. Masalah perawatan harian yang tidak rutin mungkin burung kurang dijemur dengan rutin dan juga kepanasan jadinya membuka paruh terus dan tenggorokan jadi kering.

3. Kesehatannya sedang terganggu baik itu pada tenggorokannya atau terserang virus lain seperti penyakit gondok dan lainnya yang menyerang tenggorokan.

4. Saat udara dingin atau saat musim angin besar begitu sebaik nya burung jangan terlalu lama berada diluar karena angin akan masuk ke pori-porinya yang akan menyebabkan dia masuk angin ini juga menjadi penyebab suaranya serak.

Baca Selengkapnya :  Tips Mencari Setingan Burung Kenari Lomba Agar Menjadi Juara

Setelah tahu penyebabnya sebaiknya harus dihindari ya lakukan perawatan secara rutin dengan benar dan juga perhatikan asupan makanan dan minumannya ya jangan lupa berikan vitamin. Untuk mengatasinya berikut caranya.

ciri-ciri-kenari-serak

Cara Ampuh Mengobati Kanari Parau

1. jemur burung dibawah sinar matahari pagi rutin setiap hari tetapi jangan terlalu panas ya dibawah jam 9 pagi cukup 30 menit saja setiap harinya.

2. berikan makanan tambahan sebagai terapi atau obat berupa daun mengkudu muda ditambah dengan daun selada serta potongan buah apel berikan sampai serak nya agak berkurang sekitar 1 minggu.

3. kalau biasanya kenari diberi makan timun dan oyong, sebaiknya di hindari dulu karena akan memperparah seraknya hal ini karena didalam timun dan gambas mengandung getah yang membuat tenggorokan semakin gatal.

4. Pemberian makanan baik itu sumber protein dan karbohidrat harus sesuai kebutuhan jangan berlebihan sampai obesitas kalau burung sudah obesitas lakukan pengurangan pemberian voer dan EF nya banyakin sayur dan buah.

5. Jangan berikan minum air mentah langsung dari keran usahakan air yang dia minum adalah air matang yang sudah didinginkan karena mikroorganisme didalamnya sudah mati.

Lakukan perawatan rutin sampai suaranya kembali jernih dan merdu dan pada malam hari burung disarankan untuk dikerodong sehingga pemulihannya lebih cepat karena dia beristirahat dengan kualitas yang baik.

baca juga : ciri ciri kenari prospek gantangan

obat-kenari-serak

Kebersihan kandang juga harus diperhatikan sekali, karena merawat kenari meskipun mudah tetapi harus dilakukan sepenuh hati ya sobat.

Nah sobat omkicau itulah tadi cara mengobati kenari serak terbaik yangb bisa kalian berikan ke burung kenari kesayangan kalian apabila sedang mengalaminya. Baca artikelnya sampai habis semoga

Baca Selengkapnya :  Rahasia Racikan Minuman Doping Pleci Harian Ampuh Jadi Juara

informasi ini banyak memberi manfaat tambahan pengetahuan untuk kalian semua terutama para pemula yang baru memulai hobi memelihara burung kicau. Terimakasih banyak kami sampaikan ke kalian semua.

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari