Cara Mudah Mencangkok Pohon Anggur

Mencangkok Pohon Anggur – Mencangkok atau budding adalah teknik perbanyakan secara aseksual. Ini adalah proses menempatkan sistem pucuk (batang atas) dari satu kultivar atau spesies pada sistem akar (batang bawah) yang lain. Saat mencangkok,

batang atas akan mengandung banyak tunas, tetapi tunas terdiri dari satu tunas. Satu-satunya persyaratan untuk mencangkok dan bertunas adalah kontak kambium yang layak. Kambium adalah satu lapisan sel yang terletak tepat di bawah kulit kayu.

Area ini mengarah pada pembentukan penyatuan batang atas dan batang bawah. Itu dapat mengering, jadi ambil langkah-langkah untuk mencegah situasi itu. Peningkatan kontak kambial (semakin banyak area yang bersentuhan) antara batang atas dan batang bawah meningkatkan peluang keberhasilan.

mencangkok pohon anggur

Inilah Cara Mencangkok Pohon Anggur yang Berhasil

Mencangkok adalah proses yang memakan waktu yang membutuhkan kesabaran dan latihan. Tanaman merambat yang sudah ada merupakan kandidat untuk okulasi jika kultivar tidak ekonomis atau tidak sesuai untuk lokasi tersebut.

Tanaman rambat yang akan dicangkok harus sehat dan kuat, tanpa penyakit atau serangga, dan relatif muda. Pengumpulan kayu batang atas sama dengan pengambilan stek. Batang atas diambil saat tidak aktif untuk sebagian besar jenis okulasi; namun, jaringan yang tumbuh secara aktif dapat digunakan dalam beberapa kasus. Ada beberapa jenis cangkokan yang bisa digunakan, antara lain:

  • Cangkok sumbing
  • Cangkok kulit kayu
  • Cangkok cambuk
  • Cangkok bertunas
  • Cangkok bangku tumbuh hijau cara stek anggur

Tekhnik Cangkok Sumbing

Cangkok sumbing adalah metode sederhana yang membutuhkan sedikit keterampilan. Ini untuk tanaman merambat berdiameter lebih besar dan batang atas harus tidak aktif. Ada proses lima langkah untuk cangkok sumbing:

  1. Potong bagian atas sulur sekitar 30 menit atau lebih sebelum mencangkok.
  2. Pisahkan batang bawah dengan pisau atau pahat.
  3. Pegang belahan terbuka dan siapkan batang atas dengan memotong salah satu ujungnya menjadi bentuk “v”.
  4. Tempatkan satu batang atas di setiap sisi agar pas dengan kambium.
  5. Rekatkan area yang terbelah menjadi satu dan gunakan senyawa pencangkokan untuk menutup bagian yang terbelah untuk mencegah kelembapan berlebih dan menyegel kelembapan.

Tekhnik Cangkok Kulit Kayu

Cangkok kulit juga relatif mudah dan membutuhkan sedikit keterampilan untuk membuatnya berhasil. Kulit kayu harus “tergelincir” agar cangkok ini berfungsi, jadi waktunya dapat bervariasi dari batang bawah ke batang bawah. Batang atas harus tidak aktif. Proses penyambungan kulit kayu adalah:

  1. Pilih pokok anggur dan potong bagian atasnya.
  2. Siapkan batang atas dengan memotong pola ke ujung basal.
  3. Buat potongan pola yang serasi pada batang bawah.
  4. Masukkan batang atas dan kencangkan ke batang bawah dengan pita atau selotip cangkok.
  5. Tutupi area dan tutup luka dengan lilin okulasi.

Tekhnik Pencangkokan Cambuk

Mencangkok cambuk adalah cara yang umum untuk memperbanyak banyak tanaman yang berbeda. Untuk batang bawah, gunakan tanaman merambat berumur 1 hingga 2 tahun, dengan diameter hingga 3/4 inci. Ukuran batang atas harus sesuai dengan ukuran batang bawah. Jenis cangkok ini bisa dilakukan di lapangan atau di rumah kaca. Proses pencangkokan cambuk adalah:

  1. Potong batang atas dengan sudut sekitar 1 hingga 2 inci panjangnya.
  2. Potong batang bawah pada sudut dengan panjang yang sama.
  3. Cocokkan kambium.
  4. Potong lidah pada batang atas dan batang bawah.
  5. Bungkus graft dan tutup.

apakah anggur brazil bisa dicangkok

Tekhnik Pencangkokan Tunas

Tunas agak berbeda dari okulasi karena hanya satu tunas yang digunakan. Budding memiliki banyak variasi, tetapi T-budding (juga disebut shield budding) umumnya digunakan pada spesies buah. Tunas untuk T-tunas harus matang dan tidak aktif, diambil dari kayu yang sehat dan kuat.

  1. Buang bilah daun, sisakan hanya tangkai daun yang utuh, yang berfungsi sebagai pegangan.
  2. Cukur kuncup dari budwood. Anda hanya membutuhkan sepotong kecil kayu.
  3. Pada batang bawah, buat potongan vertikal untuk memisahkan kulit kayu dari kambium, lalu buat potongan tegak lurus di bagian atas potongan vertikal untuk membentuk huruf “T”.
  4. Kupas kulit kayu dengan hati-hati untuk membuka kantong pelindung kuncup.
  5. Geser pelindung kuncup ke dalam saku terbuka dan potong bagian atasnya jika perlu.
  6. Bungkus rapat dengan selotip, tetapi biarkan kuncupnya terbuka.
  7. Setelah proses penyembuhan dimulai dan Anda mengamati pertumbuhannya, Anda dapat membuang batang bawah yang tertinggal di atas area yang bertunas.

Penutup

Ada teknik perbanyakan cangkok cepat di mana cangkok kapalan berakar di bawah kabut selama 30 hari, ditanam di rumah kaca selama 30 hari, dikondisikan di rumah reng selama 30 hari dan ditanam di kebun anggur pada pertengahan hingga akhir musim semi (Mei, di utara daerah).

Tanaman merambat dari sistem ini disebut cangkokan bangku tumbuh hijau. Suhu musim panas, sinar matahari, dan kelembapan rendah dapat membuat cangkokan bangku tanaman hijau sangat sulit dibuat.

Related Posts
Panduan Lengkap Cara Agar Badan Berisi Untuk Pria
cara agar badan berisi untuk pria

Selamat datang di website resmi OmKicau.ID yang dimana pada kesempatan kali ii kami akan memberikan panduan lengkap cara agar badan Read more

Trik Terbaru: Cara Login Telegram di Laptop Tanpa Kode QR yang Membosankan!
cara login telegram di laptop tanpa kode qr

Cara login Telegram di laptop tanpa kode QR. Panduan lengkap untuk mengakses Telegram dengan mudah dari laptop Anda. Telegram telah Read more