Makanan Kolibri Kelapa

Diposting pada

Jangan Lupe ! . . Di Share Ye ?.

Rate this post

Makanan Kolibri Kelapa – Kolibri memang identik dengan asupan makanan yang manis yakni nektar sehingga biasanya yang terbesit oleh para kicau mania dikala akan memeliharanya ialah memberi asupan makanan

yang manis-manis sebagai pengganti nektar seperti yang menjadi makanannya di alam bebas. Tetapi tahukah kalian kalau kolibri kelapa dialam bebasnya tidak hanya mengkonsumsi nektar saja?

Dan juga kandungan nutrisi dari nektar sari bunga atau pohon alami akan berbeda dengan nektar buatan yang banyak mengandung glukosa. sehingga memerlukan asupan makanan lain untuk melengkapi

kebutuhan nutrisi hariannya. Tetapi bingung ya memang mau diberi makan apalagi untuk burung sekecil ini. Padahal yang harus kalian ketahui bahwa meskipun tubuhnya kecil kolibri sangat

membutuhkan makanan yang banyak karena dia bergerak aktif bahkan dia mampu menggerakkan sayapnya sebanyak 60 kali perdetik yang tentunya akan menguras energinya. Bagi kalian yang bingung langsung baca artikel untuk tahu informasi selengkapnya.

burug-kolibri-kelapa

Inilah Beberapa Jenis Makanan Kolibri Kelapa

1. Voer

Meskipun di habitat aslinya dia tidak memakan voer, dalam perawatan kita akan melatihnya untuk makan voer karena lebih praktis dan juga didalamnya terkandung nutrisi yang lengkap mulai dari karbohidrat

protein, mineral juga ada. Voer yang kita berikan ialah voer halus, untuk merk nya kalian bebas memilih yang mana saja yang cocok untuk dia dan juga sesuai harganya dengan budget anda.

Baca Selengkapnya :  5 Jenis Burung Mahal Yang Ada Di Indonesia Tahun 2020

Karena harga voer halus beragam ada yang ekonomis dibawah Rp10.000 bahkan ada yang mencapai Rp70.000 per kemasannya. Dan yang kami rekomendasikan dan banyak dipakai pecinta burung ialah leopard selain harganya

terjangkau kandungan didalamnya juga lengkap dan juga cocok untuk burung kicau kecil seperti pleci, kolibri dan beberapa jenis burung bertubuh mungil lainnya cukup mudah dibeli bisa offline mauoun online.

voer-untuk-kolibri-kelapa

2. Larva Semut atau Kroto

Larva semut ini memang menjadi salah satu makanan favorit bagi unggas pengicau. Selain itu dia juga kaya akan protein yang berguna untuk asupan energinya dan juga bisa membuat burung semakin gacor.

Pemberiannya jangan berlebihan ya karena akan mengakibatkan birahi siburung menjadi naik. Cukup setengah sendok teh per harinya boleh dipisah dicepuk pakan lain atau di campur dengan voer halus juga boleh.

3. Susu Kental Manis

Sebagai pengganti nektar kalian juga bisa memberikan SKM yang dicampur dengan air secukupnya. Kolibri kelapa sangat menyukainya tetapi pemberiannya juga cukup 1 cepuk minum kecil perharinya.

Karena dia banyak mengandung gula, pemberian yang over akan mengakibatkan obesitas yang menyebabkan si burung menjadi susah bergerak dan mogok berkicau. Tetapi kelebihan dari pemberian SKM ini

ialah akan membuat bulunya menjadi lebih berkilau dan tulang serta paruhnya menjadi lekbih kokoh karena selain gula SKM juga mengandung kalsium yang cukup untuk kebutuhan harian si burung.

4. Madu

Kalau kalia tidak memberikan SKM kalian juga bisa memberikan madu asli yang dicampur dengan air ini juga sangat disukai oleh kolibri karena juga rasanya mirip dengan makanannya di alam liar.

Kelebihan dari pemberian madu ialah menjaga stamina dan daya tahan tubuhnya supaya tetap sehat dan tidak mudah terserang penyakit selain itu baik untuk memperlancar metabolisme si burung.

Baca Selengkapnya :  Tips Cara Merawat Burung Kolibri Agar Rajin Berkicau, Gacor

5. Buah-Buahan Segar

Memanglah tak semua buah-buahan bisa dimakan kolibri kelapa karena memang paruhnya yang lancip dan dia biasanya hanya memakan sedikt daging buahnya dan sisanya dia hanya menghisap sari-sarinya saja.

Yang biasanya diberikan ialah jeruk manis, buah mangga yang matang dan juga melon madu yang mengandung banyak air selain lunak dan mudah dimakan kandungan airnya yang manis bisa digunakan sebagai nektar.

6. Nektar Buatan

Kalau kalian mau buat nektar sendiri juga bisa ya sobat biasanya mereka membuat dengan bahan yang sederhana yang mudah kalian temui disekitar anda dan juga cara buatnya mudah

Bahan : 1 saset susu kental manis, sirup cocopandan secukupnya boleh merk marjan atau abc juga boleh, air secukupnya dan juga kuning telur.

Cara membuatnya campur semua bahan lalu aduk sampai merata dan gunakan sisanya masukan di botol tertutup dan simpan di lemari pendingin supaya lebih awet.

racikan-pakan-kolibri-kelapa

7. Nektar Pabrikan

Selain nektar yang dibuat sendiri ada banyak juga nektar yang diproduksi pabrik yang tentunya sudah sesuai komposisinya jadi lebih praktis kalian tinggal membelinya dan bisa memberikannya

sesuai takaran untuk harganya juga beragam tergantung merk nya. Bisa kalian beli dengan mudah di marketplace online atau di kios atau pasar burung terdekat juga sudah banyak.

Bagaimana sobat kicau semoga informasi tentang beberapa jenis bahan makanan kolibri kelapa ini bisa menambah pengetahuan kalian semua terutama dalam perawatan burung kicau supaya dia mendapatkan

asupan nutrisi harian tubuhnya terpenuhi supaya stamina dan daya tahan tubuhnya terjaga sehingga selain sehat dia juga akan menjadi lebih gacor dan lebih nyaman meskipun dalam peliharaan kita.

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari