Makanan Burung Tepus

Diposting pada

Jangan Lupe ! . . Di Share Ye ?.

1/5 - (1 vote)

Makanan Burung Tepus – Hai sobat omkicau kalian pasti udah tahu dong apa itu burung tepus, burung endemik dari pulau Jawa ini mulai banyak dicari oleh pecinta burung kicau untuk dijadikan masteran karena suara kicauannya.

Untuk menjadi burung tepus ini sebagai materi masteran yang sempurna kalian harus merawatnya dengan baik dan juga memenusi asupan makanan yang dibutuhkan tubuhnya untuk performa kicau terbaiknya.

Burung tepus ini banyak juga dikenal orang dengan sebutan cucak kopi karena memang dia mirip cucak hijau tapi warnanya coklat kehitaman. Secara alami dia merupakan burung pemakan serangga tetapi sering kali kita

kesulitan dalam memberikan makanannya dan berikut beberapa jenis makanan yang disukai burung tepus dan juga bagaimana perawatan harian dari burung ini baca informasi selengkapnya.

makanan-burung-tepus-pipi-perak

Perawatan dan Makanan Burung Tepus


Voer

Pemilihan voer tentunya harus yang terbaik guna memenuhi nutrisi yang dibutuhkan untuk kebidupan si burung, memang saya belum menemukan voer khusus burung tepus tetapi ada beberapa merk voer yang cocok untuk cucak kopi ini.

Berikan voer halus, kalau dia belum bisa memakan voer kalian harus melatihnya terlebih dahulu caranya dengan mencampurkan voer halus dengan EF boleh kroto, ulat kandang atau ulat hongkong.

Campur dengan takaran 1 : 1 setelah dia mulai menyukainya bisa kalian tambahkan takaran voernya. sampai akhirnya dia bisa memakan voer dan ef secara terpisah.

makanan-burung-tepus-dada-putih

Kroto

Larva semut ini memang menjadi makanan kesukaan para burung pemakan serangga, selain itu kroto ini juga mengandung banyak protein yang bisa dijadikan sebagai sumber energi bagi siburung supaya bersemangat berkicau.

Baca Selengkapnya :  Mengenal Jenis Burung Rambatan Beserta Makanan Nya

Harga dari kroto ini terbilang cukup mahal per kilonya mencapai harga Rp130.000 tetapi di kios biasanya di ecer kembali. Saat ini peternak kroto pun sudah banyak karena akan meraup keuntungan yang menjanjikan.

Pemberian kroto tidak usah terlalu banyak karena akan menaikan birahi si burung cukup 1/2 sendok teh perharinya. berikan 2 sampai 3 kali seminggu.

Jangkrik

Serangga kecil ini juga dijadikan Ef untuk burung tepus ini, kandungan proteinnya berguna sebagai sumber energi. Pemberian jangkrik maksimal 3 ekor perharinya.

Sebelum diberikan kalian harus membuang bagian tubuh jangkrik yang keras karena sulit dicerna misalnya sayap, kaki dan kepalanya.

Ulat Hongkong

Untuk EF yang selanjutnya ialah ulat hongkong, pemberiannya boleh setiap hari berikan 5 ekor perhari masukan kedalam cepuk kecil EF. Pemberiannya tidak boleh berlebihan karena dia bersifat panas

maka bulu burung tepus akan mudah rontok selain itu juga akan menyebabkan obesitas yang membuat siburung malas berkicau.

Ulat Kandang

Jenis ulat yang satu ini mirip dengan ulat hongkong tetapi kulitnya agak gelap dan juga ukuran tubuhya lebih keci. pemberian ulat kandang sendiri sebagai pengganti ulat hongkong.

tetapi untuk ulat ini kamu boleh memberikannya dengan takaran yang lebih banyak karena dia bersifat dingin dan juga tidak menyebabkan obesitas sehingga kandungan proteinnya baik untuk burung.

Perawatan Harian

Selain asupan makann kalian juga tentunya harus merawat dengan baik dan perawatan supaya cepat gacor, tahapan perawatan dimulai dengan pengembunan pada waktu fajar, setelah itu pada pukul 7.30 burung dimandikan

cara memandikannya dengan disemprot menggunakan sprayer hingga bulunya basah setelah itu jemur selama 1 jam sampai bulunya kering. sebelum dijemur berikan dahulu EF nya.

Baca Selengkapnya :  Cara Ternak Murai Batu Pemula Agar Sukses

Setelah itu gantung burung di tempat yang lebih adem. Pada malam hari kerodong burung supaya dia bisa beristirahat dengan tenang ya sobat. Jangan lupa untuk membersihkan kandang burung.

Berikan multivitamin tambahan untuk burung ada banyak vitamin yang bagus untuk burung tepus ini di kios terdekat atau di marketplace.

harga-burung-tepus

Nah sobat omkicau itulah tadi informasi seputer makanan burung tepus semoga informasi ini bermanfaat buat kita semua dan kami ucapkan terimakasih banyak untuk dukungannya.

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari