burung-kutilang

Jenis Kutilang Beserta Suaranya

Kepopulerannya cukup terkenal diantara para pecinta burung kicauan, mengingat Kutilang mampu menirukan suara kicauan dari burung lainnya hanya dalam waktu singkat.

Terutama jika sang pemiliknya dapat merawat dengan metode tepat dan telaten, dipastikan kicauannya akan lebih bervariasi dan terdengar merdu. Terdiri dari beberapa jenis, dimana setiap jenisnya mampu menghasilkan suara yang unik.

Berbagai Jenis Si Burung Bersuara Merdu


1. Jenis Burung Biasa

Dari sekian banyak spesies yang ada, banyak masyarakat yang memelihara yang jenis biasa. Lantaran harganya yang cukup ramah dikantong, membuatnya menjadi pilihan alternatif untuk dipelihara.

kutilang-biasa

Cenderung berwarna coklat keabu abuan, dimana di bagian bawahnya didominasi oleh warna putih keabu abuan. Lalu pada bagian kepalanya memiliki warna hitam, yang membuatnya terlihat seperti burung yang biasa biasa saja.

2. Jenis Burung Sutra

Berbeda dengan Kutilang jenis sutra, yang dikenal akan nyanyiannya yang merdu. Dari faktor inilah, para pecinta burung kicauan pun memanfaatkan suara nyanyiannya untuk dijadikan sebagai masteran.

Belum lagi dengan warna tubuhnya yang cantik lantaran berwarna hijau, terlihat semakin sempurna dengan kehadiran warna hitam mengkilap pada bagian kepalanya. Tidak heran bila dirinya banyak dicari di pasaran meski harganya cukup tinggi daripada jenis lainnya.

kutilang-sutra

Tak hanya dikenal karena kepiawaiannya bernyayi semata, yang membuatnya semakin menarik untuk dipelihara yaitu mentalnya yang cukup kuat ketika ingin dijinakkan. Bahkan di habitat aslinya, burung satu ini tak segan akan menyerang burung kicau yang mengganggunya, yang membuatnya masuk dalam golongan burung petarung keras.

Baca Selengkapnya :  Mengenal Ciri Burung Derkuku (Mitos dan Suaranya)

3. Jenis Burung Emas

Jika dilihat sekilas, ukuran tubuhnya yang sedang nan ramping ini memang tidak jauh dengan Kutilang yang lain. Panjang tubuhnya bisa hingga 19 cm, dimana terdapat ciri khas yang membuatnya tampak berbeda.

Dimana letak perbedaanya, terletak pada bagian atas tubuhnya yang memiliki bulu berwarna hijau zaitun terang. Sedangkan pada bagain bawahnya, terlihat berwarna kuning terang yang terlihat menawan.

kutilang-emas

Daya tarik utamanya juga berasal dari suara kicauannya terdengar indah, serta warna tubuhnya yang didominasi oleh warna kuning keemasan. Lalu pada bagian kepalanya memiliki buru berwarna hitam, yang membuatnya terlihat semakin mencolok dan menyita perhatian. Suara kicauannya biasa dijadikan sebagai masteran, dimana para pecintanya bisa mendapatkannya dengan harga kisaran 75 ribu hingga 200 ribuan.

4. Jenis Burung Trucukan

Disebut sebagai burung yang cerdas, karena dirinya termasuk hewan yang mudah dihinakkan dan dapat menirukan suara kicau burung lainnya yang senada.

kutilang-trucukan

Beberapa jenis burung yang bisa ditirukan suaranya yaitu cendet, cucak ijo, dan masih banyak lagi yang lain. Pasar membandrolnya sekitar 150 ribuan, tidak heran bila kemudian burung cerdas ini banyak diburu dan dicari di pasaran.

5. Jenis Burung wilis

Termasuk sebagai burung endemik yang ada di tanah air, sayangnya jenis satu ini tidak banyak diminati oleh masyarakat. Bahkan hal tersebut berdampak pada jumlah populasinya yang semakin menipis, yang dipengaruhi oleh rusaknya habitat aslinya.

kutilang-wilis

Padahal burung Kutilang satu ini, tidak kalah menarik untuk dipelihara seperti layaknya saudaranya yang lain. Oleh karenanya pasar pun mematok harganya hingga sekitar 300 ribuan untuk satu ekornya.

Dibalik keindahan suara, sebagaian orang menyebutnya sebagai burung hama lantaran bisa merusak kicauan dari bruung lain yang berada dekat dengan sangkarnya.

Baca Selengkapnya :  7 Jenis Burung Langka Hampir Punah Yang Ada Di Indonesia

Bisa dikatakan bila pernyataan tersebut tidak sepenuhnya benar, mengingat beberapa diantaranya justru memiliki suara merdu dan biasa dijadikan sebagai masteran untuk burung lain. Penyebarannya tersebar luas hingga ke negeri tetangga, membuatnya semakin terkenal di berbagai penjuru dunia.