Tips Memilih Katuranggan Derkuku Yang Bagus

Diposting pada

Jangan Lupe ! . . Di Share Ye ?.

4/5 - (1 vote)

Katuranggan Derkuku – Suara derkuku memang dikenal sangat bagus dia memiliki anggunan yang bisa menentramkan jiwa ketika mendengarnya, namun ternyata tidak semua burung tekukur ini memiliki suara anggunan yang sama.

Untuk menentukan burung derkuku yang memiliki suara yang bagus kita bisa melihat dari takuranggan nya. Kalau kalian masih bingung apa itu katuranggan merupakan pengetahuan tentang bentuk fisik untuk menentukan kualitas seekor burung.

Bentuk tubuh yang baik bagi seekor derkuku terlihat dari fisiknya mulai ukuran dan bentuk tubuh, kaki, bentuk kepalanya dan lainnya secara seksama dan ini ada beberapa katuranggan untuk burung derkuku

yang banyak dipakai oleh ahli dibidang burung ini, baca artikelnya sampai habis karena ini sangat penting sekali sobat omkicau.

katuranggan-derkuku

Panduan Memilih Derkuku Berdasarkan Katuranggan

1. Dari Bentuk Kepalanya

Jika dilihat dari bentuk fisiknya burung yang bagus memiliki bentuk kepala yang bervariasi seperti :

Njambe nom : Berdasarkan bahasa jawa njambe nom adalah buah pinang muda dimana ketika kalian menemukan burung derkuku dengan bentuk kepala yang seperti buah pinang yang masih muda

tandanya dia memiliki suara yang bagus dengan anggungan yang berirama enak didengar. bahkan menurut para pecinta burung derkuku suaranya akan tetap indah meskipun si burung sudah berusia tua.

Mbeton Nangka : artinya kepala burung derkuku yang seperti biji semangka memiliki suara anggungan yang indah, namun kekurangannya kualitas suara yang dimilikinya akan semakin menurun seiring bertambahnya umur.

Baca Selengkapnya :  Mengenal Ciri Burung Derkuku (Mitos dan Suaranya)

Nggobog : Menurut katuranggan, burung tekukur dengan kepala nggobog atau bulat menyerupai bentuk uang logam apabila diperhatikan dengan baik karena tidak mungkin juga kepalanya bulat ya gais.

Yang seperti ini juga burung memiliki suara yang bagus didengar namun juga saat usianya lebih dari 20 tahun si burung akan menurun kualitasnya.

derkuku-njambe-nom

Mbungkul Bawang : Untuk derkuku yang memiliki kepala seperti bawang putih sebenarnya kurang istimewa anggungan nya hanya ada beberapa ekor saja yang bagus tidak semuanya memiliki kualitas bahkan ada yang juga jelek.

Nangkir Kwalik : nah untuk yang terakhir ini jika kalian mendapati burung dengan bentuk menyerupai takir atau tempat makan yang terbuat dari daun pisang maka kualitas burung tidak bagus.

2. Dilihat Dari Bentuk Tubuhnya

Ada beberapa macam bentuk burung derkuku berdasarkan katuranggan yang juga memiliki arti yang berbeda – beda juga seperti :

Nuntut Gedhang : biasanya tekukur yang memiliki bentuk tubuh nuntut gedhang ini memiliki suara yang panjang dan juga cukup nyaring sehingga jelas untuk didengarkan di telinga.

Buah Nangka : Kalau kalian menemukan derkuku yang memiliki bentuk tubuh seperti ini, menurut para ahli biasanya suaranya kurang bagus.

Mbuluk : Berbeda dengan nangka, dimana tipe mbuluk ini menandakan si burung memiliki suara yang bagus dan juga dengan variasi kicauan yang tumpang sari atau bervariasi.

mitos-memelihara-tekukur

Njagung Nglobot : Menurut pakarnya burung derkuku kalian jangan memiliki burung yang bentuk tubuhnya seperti njagung nglobot karena suaranya kurang bagus dari kicauannya dan volume suaranya.

Wungkal Gerang : yang terakhir ini merupakan tipe tubuh yang menandakan si burung memiliki suara yang medium alias sedang tidak bagus dan tidak buruk juga sehingga untuk peliharaan masih lumayan.

Baca Selengkapnya :  Mengenal Ciri Burung Derkuku (Mitos dan Suaranya)

3. Melihat dari Bentuk Ekornya

Dan yang terakhir kalian bisa menentukan katuranggan tekukur dengan baik dengan melihat bentuk ekornya dimana ada beberapa jenis bentuk ekornya ternyata mulai dari nyecak atau toke

model kukusan, seperti linggis, ada juga tipe sapu gerang sampai bentuk medok keris ini tentunya memiliki arti masing – masing namun biasanya bentuk ekor tidak begitu berpengaruh.

Nah sobat om kicau itulah tadi memilih burung derkuku yang baik berdasarkan katuranggan derkuku, semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kalian dan kami ucapkan terimakasih banyak sudah selalu setia membaca artikel kami.

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari