Cara Merawat Burung Tengkek Buto Agar Sehat Dan Gacor Dor

Diposting pada

Jangan Lupe ! . . Di Share Ye ?.

Rate this post

cara merawat tengkek buto : Dengan memberikan rawatan yang tepat kepada burung tengkek buto agar dapat rajin bunyi setiap harinya, sebenarnya bukanlah perkara yang sulit untuk dilakukan. Apalagi jika Anda merupakan seorang penggemar burung kicau yang pasti telah berpengalaman dalam memelihara burung kicau jenis apapun.

Tengkek Buto adalah sejenis raja udang, burung cangkakak atau tengkek biru yang juga sangat digemari oleh pemburu kicau burung. Ini karena suara yang dihasilkannya sangat khas dan kuat serta dapat merawatnya dengan sangat mudah, tengkek buto malas bunyi jika anda salah dalam memberikan rawatan hariannya. Berikut ini kami akan berbagi bagaimana Cara Merawat Burung Tengkek Buto Agar Sehat Dan Gacor Dor dengan mudah dan tepat. Simak ulasannya berikut ini:

Trik Memelihara Burung Tengkek Buto


Burung tengkek buto ini termasuk kedalam jenis burung kicau yang dapat dijadikan masteran untuk burung kicau lainnya. Dengan khas dari kicauan burung ini, maka diharapkan burung aduan seperti kacer atau murai dapat merekam suara isian burung ini.

Nah bagaimana cara merawat tengkek buto yang tepat, tugas kalian adalah memberikan perawatan rutin dengan tepat maka tengkek buto akan tumbuh sehat dan agresif, gacor maksimal untuk memaster burung ocehan kalian yang lain.

Melatih Burung Tengkek Buto Makan Voer

Burung Tengkek buto anakan yang anda dapat dari hutan sudah pasti belum bisa mengkonsumsi atau makan voer sendiri. Terkadang anakan burung ini bisa tersedak pada saat Anda meloloh atau mengkonsumsi voer.

Baca Selengkapnya :  Makanan Burung Jalak Kebo

Untuk perawatan pertama Anda bisa berikan voer pada anakan tengkek buto dengan cara mencampurnya menggunakan air agar voer menjadi lebih lembut. Jika sudah dilembutkan, maka Anda dapat membuat bulatan kecil dari voer untuk makan burung Anda.

Beri Jangkrik Sebagai EF Burung Tengkek Buto

Selain Anda memberikan burung tengkek buto ini makanan voer halus yang dilembutkan. Anda juga bisa menambahkan makanan tambahan seperti serangga belalang atau bahkan jangkrik yang biasanya banyak dijual pada penjual burung kicau. Namun untuk makanan tengkek buto di alam liar adalah serangga.

Pemberian jangkrik ini bermanfaat untuk membuat burung tengkek buto terjaga stabilitas tubuhnya. Ini juga akan membuat tengkek buto rajin berkicau setiap harinya. Memberi jangkrik untuk anakan harus dilakukan dengan membasahinya agar anakan burung tidak merasakan sakit.

makanan-tengkek-buto-di-alam-liar

Penjemuran Rutin Untuk Burung Tengkek Buto

Selain memberi makan burung tengkek buto ini secara rutin dan teratur, Anda juga dapat melakukan penjemuran pada burung agar semakin bagus perkembangannya. Namun ada perbedaan untuk penjemuran jika burung tengkek buto anakan.

Anda dapat menentukan waktu penjemuran burung tengkek buto ini yang masih anakan dengan lama 5 hingga 10 menit dipagi hari saat mulai muncul matahari bersinar. burung tengkek anakan sudah pasti berbeda dengan tengkek buto dewasa, temen-temen dapat menjemurnya dengan lama waktu sekitar 1 jam.

Jaga Kebersihan Sangkar Burung Tengkek Buto

Salah satu cara merawat tengkek buto adalah menjaga kebersihan sangkar burung tengkek buto juga merupakan bagian penting dalam perawatannya. Anda dapat membersikan kandang burung Anda dalam waktu 2 hingga 3 hari sekali.

Ini dimaksudkan untuk menjaga kesehatan burung agar tidak mudah diserang penyakit. Karena dengan sangkar yang kotor maka burung tengkek buto akan terlihat jorok dan tidak bersih pada bagian tubuhnya.

Baca Selengkapnya :  Cara Merawat Burung Cucak Keling Agar Cepat Gacor

harga-tengkek-buto

Pengkrodongan Kandang Burung Tengkek Buto

Terakhir jika perawatan sudah dilakukan secara benar, maka Anda dapat menutup sangkar burung tengke buto ini menggunakan kerodong. Terutama pada malam hari penutupan dilakuakn agar burung dapat beristirahat dengan tenang dan tidak berkicau terus menerus.

cara merawat tengkek buto ini agar bisa berkicau dengan suara kekekan seperti jenis burung lainnya. Namun jika disimak dengan seksama, Anda bisa mengetahui jika suara tengkek buto ini berbeda jauh dengan suara burung lainnya. Suara burung ini memiliki nada yang lain dan dapat didengar tanpa henti. Oleh karena itu, perhatian khusus tetap diperlukan dalam perawatannya. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena bisa merawat Burung Tengkek Buto ini cukup mudah. Khusus untuk Burung Tengkek Buto yang sudah gacor biasanya harga tengkek buto lumayan tinggi.

Demikianlah pembahasan tentang cara merawat tengkek buto Agar Sehat Dan Gacor Dor. Jangan lupa ikuti update artikel kami setiap harinya dengan pembahasan menarik seputar burung kicau. Selamat mencoba!.

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari