Cara Merawat Kolibri Ninja Trotol

Diposting pada

Jangan Lupe ! . . Di Share Ye ?.

5/5 - (1 vote)

Cara Merawat Kolibri Ninja Trotol tentunya tidak sembarangan ditambah lagi dia merupakan hewan penghisap nektar sehingga tentunya akan sedikit berbeda dengan perawatan burung lainnya yang memakan serangga dan bijian.

Kolibri Ninja atau yang akrab disebut dengan konin ini tentunya memerlukan perawatan khusus yang agak sedikit berbeda terlebih kalau kalian membelinya yang masih trotolan pasti membutuhkan perhatian dan juga kesabaran.

Meskipun dia memiliki ukuran tubuh yang mungil tetapi dia membutuhkan banyak energi karena dia rajin sekali mengepakkan sayapnya hal ini dikarenakan di alam bebas kolibri aktif terbang dan bisa mengepakan sayapnya

kurang lebih 20 sampai 40 kali perdetiknya. konin memiliki warna bulu hitam yang hampir mendominasi di bagian tubuhnya, dengan variasi kuning pastel sedangkan yang betina agak hitam pudar.

Kalau kalian tertarik atau sudah membeli konin yang masih trotol tetapi masih bingung bagaimana merawatnya dengan baik atau ada juga yang sudah memeliharanya tetapi masih belum bisa gacor

tepat sekali kalian membaca artikel ini sampai habis untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan para sobat kicau terutama untuk yang masih pemula begini beberapa tipsnya.

kolibri-ninja-trotol-prospek

Tips Merawat Burung Konin Trotol

1. Memilih Burung Yang Sehat

Sebelum masuk ke perawatan, untuk mencetak burung konin yang gacor tentunya harus berkelamin jantan karena dia memiliki kicauan yang ngotot dan lebih bervariasi, tentunya perawatan pun akan tidak optimal kalau burungnya berkelamin betina.

Baca Selengkapnya :  5 Jenis Burung Mahal Yang Ada Di Indonesia Tahun 2020

Selain itu pastikan burung trotol yang kalian pilih sehat secara fisik dan mental. Maksudnya fisiknya tidak ada cacat apapun dan sudah mengeluarkan suara karena ada juga burung yang tidak bersuara.

selanjutnya dia memiliki nafsu makan yang baik serta gerakan yang lincah dan agresif karena di alam bebasnya kolibri sangat aktif bergerak. kalau sudah memilih yang terbaik langsung ke langkah perawatan

kolibri-ninja-trotol

2. Menyediakan Kandang Yang Sesuai

Karena ukuran tubuhnya mungil sehingga kalian tidak perlu mempersiapkan kandang yang terlalu besar, biasanya para sobat kicau menggunakan kandang ukuran burung kenari maksimal atau ada yang lebih kecil lagi untuk

yang biasa dipakai burung pleci. setelah itu pastikan kandangnya kuat tanpa ada jeruji yang patah atau rusak karena dia bisa molos dengan mudah meskuipun hanya satu jeruji saja yang patah.

3. Persiapkan Makanan Yang Cukup

Kalau dialam liarnya dia hanya mengkonsumsi nektar bunga dan juga buah-buahan manis diambil sarinya itu sudah cukup tetapi untuk memenuhi nutrisi tubuhnya yang mana burung biasanya memerlukan

energi yang didapat dari glukosa dan juga dari protein sehingga kita harus mengajarinya untuk memakan voer juga sebagai pakan utama hariannya. Voer yang digunakan berupa voer halus

karena kalau yang kasar sulit dia makannya karena paruhnya yang memang tidak didiciptakan untuk itu. selanjutnya ajari dia juga untuk memakan kroto tidak perlu setiap hari cukup seminggu 2 kali.

Selain itu nektar juga sebagai makanan pokok alamiahnya bisa kalian beli yang sudah diproduksi pabrik atau bisa kalian racik sendiri dan diselingi dengan madu dan juga susu kental manis yang putih dicampur air.

dan juga bisa diberi larutan sirup marjan yang rasa cocopandan. bisa kalian kombinasikan saja supaya dia tidak bosan dan diberikan dengan porsi sesuai kebutuhan jangan terlalu berlebihan karena sesuatu yang berlebihan akan tidak baik hasilnya.

Baca Selengkapnya :  Jenis Burung Kecil Yang Rajin Bunyi

kolibri-ninja-trotol-jantan

4. Perawatan Rutin

Maksudnya disini ialah rangkaian mulai dari burung dimandikan, selanjutnya kandang dibersihkan setiap hari untuk menjaga dari gangguan virus atau bakteri dan setelah itu burung dijemur dibawah sinar matahari.

Jangan terlalu lama cukup sampai bulunya kering saja atau maksimal 30 menit sehari itupun dibawah jam 10.00 karena diatas itu matahari cukup terik kecuali jika paginya hujan maka boleh agak siangan ya sobat.

Selanjutnya burung kembali diletakkan ditempat yang adem untuk istirahat sambil didengarkan suara masteran burung supaya dia bisa merekam dan menirukannya.

baca juga : download suara kolibri ninja nembak

5. Pemasteran Rutin

Seperti yang dibahas diperawatan dimana pemasteran bisa dilakukan secara langsung dengan didekatkan dengan burung lain yang sudah gacor tentunya ini akan efektif namun waktunya tidak terlalu lama mengingat burung lain juga perlu istirahat.

Bisa juga dengan diperdengarkan rekaman suara seperti yang sudah disediakan dan bisa diunduh secara gratis atau bisa menggunakan youtube dan audio box. lakukan perawatan dengan benar disertai pemasteran rutin Insya Allah hasilnya akan memuaskan kalian.

Nah sobat kicau bagaimana dengan cara merawat kolibri ninja trotol ini apakah kalian sudah paham ? kalau sudah silahkan praktekan ke burung kalian semoga bermanfaat dan satu lagi rawat burung dengan sepenuhati karena dia juga bisa merasakan ketulusan kita.

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari