cara-merawat-kacer

Cara Merawat Kacer Agar Cepat Gacor Dor, dan Ngeplong

Pada kesempatan kali ini OmKicau.ID akan berbagi trik mudah cara merawat kacer agar rajin berkicau, gacor ngeplong, dengan birahi yang stabil anti nangkur atau mbagong. Kacer adalah jenis burung petarung yang memiliki sifat asli di alam liarnya sering berkicau merdu, serta tempramental jika melihat sesama jenisnya.

Bagi para hobiis burung kicauan, tentu sudah tidak asing lagi melihat burung yang satu ini, karena banyak sekali peminatnya, baik hanya untuk dijadikan burung harian ataupun dilatih menjadi burung juara kontes dilapangan.

Memang bukanlah hal yang sulit bagi para pemain lama dan sudah menjiwai karakter burung kacer gacoannya, setiap jenis kacer memiliki tipe dan kebiasaan yang berbeda. Jika temen-temen khususnya untuk para pemula ya yang baru mencoba dan merawat burung fighter si hitam putih ini namun belum mengetahui cara perawatan standar yang diberikan setiap harinya ?. Penasaran bagaimana cara merawat burung kacer ini dengan tepat ?. Yuk simak pemaparan selengkapnya dibawah ini :

Tips perawatan dan setingan harian kacer agar gacor stabil moncer


Pengembunan

Yang pertama harus dilakukan adalah mengembun burung kacer, kenapa harus rutin burung diembunkan ?. Karena manfaat dari udara pagi hari yang berasal dari embun yang segar sangat dibutuhkan oleh burung kacer jenis apapun.

Baik itu kacer yang masih bahan, ataupun yang sudah mapan. Asalkan kondisi burung kacer ini dalam keadaan sehat dan sedang FIT ya, tidak di anjurkan mengembun burung yang sedang sakit atau sedang menjalani proses rontok bulu atau mabung.

pengembunan-kacer

Pengembunan yang tepat itu dilakukan sekitar pukul : 04.30 WIB burung sudah dikeluarkan dari dalam rumah dan diletakkan atau digantung di luar rumah di tempat yang terbuka agar burung lebih bisa rilek menikmati udara segar dipagi hari, serta mampu merangsang burung untuk lebih rajin berkicau, birahi dan emosi kacer lebih stabil, serta dapat menjernihkan suaranya agar ngeplong.

Baca Selengkapnya :  Cara Mudah Perawatan Burung Srigunting Supaya Gacor

Namun pada saat melakukan pengembunan ini agar mendapatkan hasil yang lebih maksimal lakukanlah pemasteran, yang di tempel dengan burung ocehan gacor burung lainnya ataupun dengan menggunakan suara audio mp3 masteran yang cocok dengan karakter suaranya. Dengan kondisi yang tenang rileksasi si burung akan lebih menyimak dengan penuh konsentrasi mendengan suara materi masteran yang anda berikan.

Memandikan

Yang kedua ini adalah cara memandikan kacer sesuai kebutuhan, jika kondisi burung dalam keadaan sehat lakukanlah pemandian wajib setiap hari secara rutin sebaiknya waktu memandikannya pada pagi hari sekitar pukul 6.30 WIB sampai 7.30 WIB.

Jadwal waktu mandi harus konsisten ya temen-temen jangan merubah-ubah waktu yang biasa dilakukan setiap harinya, karena nantinya si burung kacer akan bingung dan tidak mau mandi. Jangan memandikan burung yang sedang sakit atau lagi mabung ya.

memandikan-kacer

Pemandian yang baik agar si burung nyaman bermain-main dengan air, agar mendapatkan kesegaran tubuh dan membersihkan bulu, dari kotoran, serta meredam birahinya, burung kacer tersebut bisa anda masukan kedalam bak mandi khusus pemandian atau keramba mandi yang di isi dengan menggunakan air yang bersih.

Saat burung kacer berada dalam bak mandi keramba, jangan lupa juga anda membersihkan kotoran sangkar nya setiap hari dan mengganti air minum di wadah cepuknya, jika voer kiranya sudah 2 sampai 3 hari ganti juga dengan yang baru.

Penjemuran

Manfaat sinar matahari pagi yang banyak manfaatnya jika dilakukan penjemuran rutin setiap hari untuk burung kacer anda, namun dalam hal menjemur tidak boleh sembarangan atau asal-asalan ya, dilihat dan disesuaikan dengan karakter dan kebutuhan siburung.

Ada tipe kacer yang sangat senang dan lebih maksimal jika dijemur berlama-lama, namun sebaliknya ada juga yang tidak terlalu suka dengan berjemur terlalu lama. Karena dari karakter yang dimiliki oleh burung kacer berbeda-beda tentunya, tidak boleh disamakan ya.

Baca Selengkapnya :  Suara Masteran Burung Blackthroat Mp3 Gacor Full Variasi

EF (Extra Fooding)

Pakan tambahan atau sering disebut dengan Extrafooding yang baik untuk diberkan kepada burung kacer seperti : jangkrik, kroto, ulat hongkong, ulat bambu, ulat daun pisang, ulat kandang, orong-orong, kelabang, belalang, telur semut (kroto), cacing tanah (merah).

Untuk pemberian EF pada umumnya, berikanlah jangkrik pagi 3 ekor, dan sore 3 ekor saja, dan kroto hanya diberikan seminggu 2 kali saja.

EF-Kacer

Namun peran EF disini untuk burung kacer itu sendiri sangatlah penting dan berpengaruh besar kepada gaya tarung si burung tersebut, jika porsi atau takeran extrafooding yang anda berikan setiap harinya tidak pas atau tidak tepat dengan karakter si burung akan mempengaruhi penampilannya ketika di trek dengan sesama jenis kacer di lapangan.

Banyak sekali bertingkah laku aneh, seperti mbagong atau nangkur, turun-turun kedasar sangkar, melangak ngelok saja tidak mau bunyi dan banyak lagi hal lainnya jika takeran harian dan setingan menjelang lomba tidak pas.

Memang untuk menganalisa takaran porsi yang pas untuk jenis kacer gacoan anda memakan waktu lama dan butuh proses pengamatan menurut filing anda sendiri, sampai dimana ketemu yang tepatnya dan cocok untuk dijadikan atau dibakukan dalam pemberian EF rawatan hariannya.

Umbaran

Umbaran tidak wajib, tapi lebih maksimal lagi jika menggunakan umbaran. Apa itu umbaran ?. umbaran disini adalah kandang latih yang memiliki panjang minimal 3 sampai 4 meter dengan lebar 1/2 – 1 meter. Dengan tujuan melatih kacer di kandang umbaran untuk membuat kacer lebih sehat, memiliki stamina yang baik, nafas yang panjang serta mencegah burung menjadi terlalu jinak, karena jika kacer terlalu jinak akan jelek juga jika dimainkan atau dijadikan sebagai burung lapangan.

pengumbaran-kacer

Namun bagaimana jika temen-temen yang tidak memiliki tempat atau keterbatasan halaman, karena membuat kandang umbaran ini memerlukan tempat yang lumayan luas ya ?. Karena sifatnya tidak wajib jadi tidak masalah, banyak juga kacer jawara yang tanpa menggunakan kandang umbaran mampu tampil baik ketika digantang, dan semua kembali kepada pemiliknya yang sudah memahami karakter burung gacoannya masing-masing intinya.

Baca Selengkapnya :  10 Jenis Lovebird Terbaik Untuk Lomba

Pengkrodongan

Perawatan kerodong , sebaiknya anda harus memiliki lebih dari 1 kerodong, untuk serep. Karena jika yang satu lagi kotor dan di cuci maka ada cadangan satunya lagi. Cuci kerodong burung minimal 1 bulan sekali agar selalu terjaga dari kutu dan sirkulasi udara walaupun kandang dalam keadaan dikerodong si burung menghirup udara yang segar ya tidak mambu apek bau kerodong yang sudah lama tidak pernah di cuci.

Penggunaan kerodong yang tepat dilakukan setiap hari, buka tutup kerodong pada waktu pukul 11 siang sehabis perawatan harian dilakukan, burung kacer boleh dikerodong dan sangkar digantung ditempat yang nyaman.

Hingga menjelang sore hari sektiar pukul : 16.30 WIB kerodong harus dibuka dan burung diangin-anginkan di teras depan halaman rumah anda, biarkan dan nikamti suara kicauannya. Menjelang maghrib pukul : 18.30 WIB sangakar burung kembali dikerodong lagi agar burung bisa beristirahat dengan tenang sampai ke esokan harinya.

Pengkrodongan burung kacer waji dilakukan full kerodong jika kondisi burung sedang rontok bulu, molting atau mabung, yang bertujuan agar lebih fokus untuk merontokan bulu-bulu dan tidak terganggu.

Demikian tips cara merawat kacer berdasarkan pengalaman pribadi saya dan para kicau kacer mania di indonesia yang kiranya dapat anda menambah wawasan dan bisa diaplikasikan dengan baik agar mendapatkan hasil yang maksimal dan sesuai dengan harapan temen-temen kicau semua, semoga bermanfaat.

Baca juga : Suara Pancingan Terapi Burung Kacer Agar Cepat Gacor