Cara Mudah Memilih Burung Kacer Bahan Yang Bagus Untuk Lomba

Diposting pada

Jangan Lupe ! . . Di Share Ye ?.

cara memilih kacer bahan untuk lomba – Hallo Kicau Mania? om kicau mau tanya nih.. !. Apakah kalian sudah tahu bagaimana Cara Mudah Memilih Burung Kacer Bahan Yang Bagus Untuk Lomba? Sebagai jawan dari rasa penasara Anda, kali ini kami akan coba berbagai info seputar hal ini.

Seperti kita telah fahami bahwa diantara banyak burung kicau yang tersebar di Indonesia khususnya. Burung kacer menjadi salah satu idola dari banyak pecinta kicau serta banyak diadakan ajang perlombaan untuk burung yang satu ini. Burung kacer mampu berkicau dengan suara yang menarik dan unik. Burung ini mengeluarkan kicauan yang berayun merdu serta mempunyai kemampuan untuk meniru berbagai suara kicauan dari jenis burung lainnya.

Cara Memilih Burung Kacer Bahan Untuk Lomba


Anda bisa dengan mudah mendapatkan burung ini dengan cara membelinya dari penjual burung terdekat jika ingin mencoba merawat untuk dijadikan burung aduan. Atau bahkan Anda bisa memburunya dihutan dengan metode pikat.

Namun Anda harus benar benar selektif untuk permasalahan ini. Karena memilih burung kacer yang cocok untuk dijadikan burung aduan bukanlah persoalan yang mudah. Jika salah pilih maka burung Anda akan kalah saat perlombaan. Bagi Anda yang inign mengetahui bagaimana tehnik memilih kacer untuk aduan, silahkan Anda simak berikut ini:

karakter-kacer-yang-bagus

3 Trik Jitu Memilih Burung Kacer Untuk Lomba

Ada beberapa trik yang harus Anda lakukan dan perhatikan saat memilih burung kacer yang prospek untuk diikut sertakan dalam berbagai lomba burung kicau, seperti dibawah ini:

Baca Selengkapnya :  Mengenal Jenis Lovebird Violet Beserta Harga Di Pasaran

Trik Pertama

  • Hal pertama yang harus diperhatikan pastinya anda harus memilih burung kacer yang berjenis kelamin jantan. Hal ini dapat anda lakukan dengan cara memperhatikan dari warna burung tersebut, jika jantan maka akan memiliki bulu hitam pekat sedangkan betina bulunya abu abu. Lalu lihat usia kacer upayakan pilih burung yang masih berusia muda dengan kaki basah dan hitam. Karena kalau burung kcaer sudah usia tua maka kakinya akan kering dan ini tentu saja tidak bagus untuk dijadikan burung aduan.
  • Kemudian lihat bentuk dari paruh burung kacer tersebut, yaitu paruh yang tebal, tidak bengkok, dan panjangnya rata (atas bawah). Hal ini diperlukan untuk menentukan saat burung kelak diadu akanmengeluarkan volume yang besar. Serta upayakan memilih burung dengan karakter berparuh celah dan berpangkal lebar, setelah menentukan poin nomor dua diatas. Maksudnya jika kacer memiliki paruh type ini, saat diadu maka akan buka paruh dan berkicau keras.

kacer-yang-bagus-berbadan-besar-atau-kecil

Trik Kedua

  • Lihat pada bagian lubang hidungnya yang mesti besar dan tembus, kalau bisa pilih lubang hidung burung kacer yang dekat dengan bagian mata. Karakter seperti ini biasanya adalah kacer yang mempunyai nafas panjang saat berkicau dan tak kenal lelah. Pilih burung kacer yang memiliki mata berbentuk bulat dan besar, kalau bisa pilih matanya yang seakan melotot. Karena ini merupakan salah satu ciri kacer fighter tinggi dari burung bermental kuat dan tidak akan takut berkicau saat bertamu lawan lawannya.
  • Nah kacer yang bagus berbadan besar atau kecil ?. sebelum memperhatikan bagian tubuhnya sebaiknya kaliah harus perhatikan juga bagian kepala burung kacer yang akan dipilih harus mempunyai bentuk yang besar dan seperti bentuk kotak jika diamati dari bagian sampingnya. Biasanya burung dengan kepala seperti ini akan memiliki sifat yang tahan gempur. Untuk karakter kacer yang bagus biasanya pada bagian leher yang harus berisi dan padat diiringi bentuk tubuh yang panjang dan ukuran besarnya standart. Tentu saja ini penting karena bagian leher adalah bagian yang krusial untuk berkicau.
  • Lihat juga bagian sayap dari burung kacer pilihan Anda harus memiliki sayap yang seakan merapat atau menggapit. Artinya burung ini kelak tidak mudah untuk turun lantai dan pastinya berani diadu. Jangan tinggalkan bagian kakinya, pilihlah burung kacer denag kaki yang tegas dan cengkaram yang kuat. Lalu beralih pada bagian ekor, pilihlah burung kacer yang mempunyai ekor lebih pendek.
Baca Selengkapnya :  Suara Anis Kembang Audio Mp3 Gacor Full Isian Terlengkap

ciri-kacer-fighter-tinggi

baca juga artikel lainnya : apakah kacer mbagong bisa disembuhkan

Trik Ketiga

  • Perhatikan juga bagian postur dari burung kacer pilihan Anda yang harus berdiri tegap dan tatapan mata yang giras. Lihat kacer pada saat dalam sangkar diantara burung lainnya, jika berani berkicau maka burung tersebut mempunyai mental adu yang bagus. Jangan tinggal kan bagian dada dari burung kacer pilihan Anda yang harus terlihat membusung sebagai tanda burung ini adalah petarung yang hebat.
  • Setelah bagian dada, maka lihat juga bagian punggunya yang harus lebar. Ini pertanda bahwa burung kcaer tersebut type penyerang. Yang terakhir pilihlah burung kacer yang lincah bergerak kesana kemari saat berkicau. Ini menandakan bahawa burung tersebut sedang dalam kondisi yang prima dan sehat, jadi akan mudah jika dirawat kelak.

Demikianlah ulasan kita kali ini tentang bagaimana Cara Mudah Memilih Burung Kacer Bahan Yang Bagus Untuk Lomba. Setelah semua karakter diatas ada pada burung pilihan Anda, maka silahkan Anda beli burung tersebut dengan harga yang disepakati dengan penjualnya. Lakukan perawatan yang baik agar saat burung akan diadu sudah dalam keadaan siap. Semoga ini bermanfaat dan selamat mencoba!