Cara Merawat Burung Paok Pancawarna

Diposting pada

Jangan Lupe ! . . Di Share Ye ?.

Rate this post

Pada kesempatan kali ini omkicau.id akan memberikan tips bagaimana sih cara merawat burung pancawarna ?. Khususnya untuk burung yang baru kalian dapat dari hasil pikatan di alam liar ya,

terutama bagi temen-temen yang belum pernah memelihara burung pancawarna ini tentu harus mengetahui tips dasar pola rawatannya terlebih dahulu ya, sebelum kalian dapat atau membelinya di pasar burung.

Untuk jenis burung pancawarna atau sering disebut paok ini memiliki ciri unik dan eksotis ya, terlebih dari bentuk fisik bulu yang memiliki lima warna yang berbeda-beda jadi wajar saja dikasih nama panggilan burung panca artinya lima sehingga di gabungkan menjadi (pancawarna).

Memang dalam hal rawatan hariannya jika kalian tidak telaten dan teliti maka hasil nya nanti akan sia-sia ya, burung ini sangat rentan dan mudah mati terlebih burung yang baru di dapat dari hasil pikat ya temen-temen.

Oke lanjut saja kita ke topik bahasannya ya, tentang cara merawat burung pancawarna agar cepat gacor dan sehat :

Tips Mudah Perawatan Burung Paok Pancawarna Hasil Pikatan


Isoman (Isolasi Mandiri)

Nah jika kalian baru saja membawa pulang burung pancarna setelah membelinya dari kios burung ke rumah kalian, tentu kalian langsung kondisikan terlebih dahulu ya atau tempatkan burung panca warna bahan / bakalan hutan di kandang kotak kayu yang sudah kalian siapkan sebelumnya, buatlah 2 tangkringan seperti turun naik tangga, dan wadah cepuk air minum dan pakan wajib disediakan ya.

Baca Selengkapnya :  Inilah Rahasia Makanan Burung Kapas Tembak Supaya Gacor

Tutup sangkar / kandang burung dengan menggunakan kertas koran atau boleh juga menggunakan kain kerodong ya, agar burung lebih tenang tidak terlalu gerabakan dan nabrak-numbur sangkar yang bisa membuat burung cidera / luka nantinya.

Lama isolasi pengkondisian burung di tempat yang aman, dan nyaman serta full kerodong itu maksimal hanya 3 hari saja ya, dan itupun saat temen-temen memberikan pakannya harus di loloh dan dipaksa atau di suapin secara langsung dengan tangan, dengan cara memegang burung tersebut, berikan jangkrik yang sudah kalian matikan terlebih dahulu, lalu kalian masukan jangkrik tersebut langsung ke paruh burung paok kalian ya.

jenis-burung-pancawarna

Pegembunan Rutin Setiap Hari

Dalam hal pengembunan tentu para kicau mania paling rajin dan sering melakukan setiap burung peliharaan kesayangannya ya temen-temen, terlebih lagi burung paok ini masih bakalan dan masih giras tentu wajib kalian harus mengembunkannya ya,

tata cara melakukan pengembunan burung pancawarna yang tepat, kalian bisa mengeluarkan burung tersebut dari dalam rumah dan letakkan kandang di tempat yang terbuka atasnya atau di teras, digantung dibawah pohon sekitar pukul : 5.30 WIB sampai pukul : 7.00 WIB, akan tetapi wadah pakan nya dicabut ya, dan untuk air minumnya biarkan saja.

Memandikan Dan Membersihkan Kandang

Setalah sekitar pukul 7 pagi sehabis burung di embunkan kalian bisa langsung memandikannya dengan cara menyediakan wadah yang agak besar yang bisa muat jika burung nyemplung untuk mandi ya, atau juga bisa dengan cara di semprot halus dengan sprayer sampai bulu-bulu burung paok kalian basah merata,

dengan metode pemandian yang sederhana ini jika dilakukan secara rutin maka dengan cepat membuat burung lebih tenang, cepat jinak dan sehat pastinya. Dan sehabis dimandikan jangan lupa kalian juga wajib membersihkan kotoran di alas dasar sangkarnya ya, agar udara di dalam kandang tetap selalu fresh, dan burung akan merasa nyaman jika kandang selalu dalam keadaan bersih.

Baca Selengkapnya :  Mengenal Ciri Fisik Burung Lovebird Ngekek Panjang

Pemberian Makanan Favorit

Makanan alami kesukaan burung paok / pancawarna ini adalah serangga kecil seperti jangkrik, ulat dan keroto (telur semut), sama halnya seperti jenis pakan burung kicau seperti murai, kacer dan yg lainnya ya, untuk takaran hariannya jika burung setelah dimandikan kalian bisa memberikannya 2 – 3 ekor jangkrik,

dan pada waktu sore harinya bisa kalian kasihkan kembali 1 – 2 ekor saja ya jangkriknya, untuk keroto bisa 2 x dalam seminggu, dan ulat hongkong atau ulat kandang cukup 1 kali dalam 1 minggu dengan takaran 1 sendok makan saja.

pakan-burung-pancawarna

Tips Penjemuran

Apabila sudah di kasih makan biarkan selama 3 – 5 menitan, lalu sekitar pukul 9.00 WIB burung boleh langsung kalian jemur dengan durasi 20 – 30 menitan saja ya, ingat jangan melebihi pukul : 10 siang, karena matahari terlalu siang juga tidak bagus ya, bulu burung bisa rusak dan bisa dehidrasi, dan bisa membuat burung sakit dan bisa mati jika terlalu kelamaan saat melakukan penjemurannya.

Jika sudah kalian lakukan pola rawatan yang dijelaskan diatas, maka otomatis burung pastinya menjadi sehat dan suara burung pancawarna akan mengelurkan tembakan ngerol yang rapat dan sangat mewah dan pantas dan layak untuk dijadikan sebagai burung isian / masteran ya temen-temen.

Untuk harga burung paok pancawarna 2021 bisa mencapai 200 ribu sampai 850 ribuan lho per / ekornya !. Luar biasa mahal juga ya.

Demikianlah tips cara merawat burung pancawarna, yg bisa kalian terapkan untuk burung paok temen-temen dirumah agar cepat gacor siang malam, selamat mencoba dan semoga sukses selalu. Salam kicau mania.

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari