Cara Merawat Burung Nuri Pelangi

Diposting pada

Jangan Lupe ! . . Di Share Ye ?.

Rate this post

Cara Merawat Burung Nuri Pelangi – Burung ini cukup terkenal di masyarakat Indonesia, dia memiliki ukuran tubuh sedang sekitar 35 cm. Warna bulunya berwarna-warni dengan didominasi warna merah dan hijau.

Apakah kalian sudah tahu kalau burung nuri ini merupakan burung endemik asli Indonesia yang banyak dijumpai diwilayah Maluku dan Papua Bagian Barat. Para pecinta nuri sangat tertarik dengan warna yang mencolok

dan suaranya yang merdu serta dia bisa berbicara layaknya burung beo. Tetapi untuk membuat burung nuri menirukan suara manusia harus dilatih dan dirawat dengan perawatan khusus karena tidak semudah merawat beo.

Bukan berarti nuri kalah cerdas dari beo hanya saja keduanya memiliki tingkatan yang berbeda karena nuri juga termasuk burung yang mudah stres apabila dimasukan kekandang. Berikut cara merawat nuri pelangi.

makanan-burung-nuri-pelangi

Perawatan Burung Nuri Pelangi

1. Siapkan Kandang Yang Sesuai

Saat kalian akan memelihara nuri pelangi atau jenis apapun pastikan kalian menyediakan kandang yang ukurannya tidak terlalu kecil dan juga tidak terlalu besar yang sedang saja yang penting dia merasa nyaman.

Bahan kandangnya biasanya terbuat dari besi tetapi boleh juga terbuat dari kayu yang kuat seperti kayu kelapa atau kayu enau. Untuk kebersihan kandang kalian harus menjaganya setiap hari.

Bersihkan dari kotoran burung dan juga sisa makanan yang mungkin berjatuhan dan menempel pada jeruji kandang. Seminggu sekali usahakan semprot kandang dengan desinfektan tetapi burungnya harus dipindahkan dahulu.

Baca Selengkapnya :  Pasaran Harga Kenari F1

2. Jangan Ikat Burung Dengan Rantai

Dibeberapa pecinta nuri bahkan ada sebuah pasar burung juga kami temukan burung nuri yang terikat rantai kakinya. mungkin tujuannya supaya tidak mudah lepas karena tubuhnya yang besar tentunya kekuatannya juga besar.

Namun itu merupakan cara yang salah yang seharusnya kalian hindari karena nuri akan menjadi stres di dalam kandang dengan kaki yang terikan dan juga kakinya akan lecet karena dia pasti akan berusaha melepaskannya.

kalau takut lepas yang kalian lakukan seharusnya membuatnya menjadi jinak sehingga dia akan lebih merasa nyaman tanpa perlu diikat atau dirantai segala.

cara-memandikan-burung-nuri

3. Perhatikan Pemberian Makanan

Karena dia memiliki ukuran tubuh yang besar sehingga dia memerlukan nutrisi yang banyak untuk memenuhi kebutuhan metabolisme tubuhnya. meskipun dia bisa memiliki umur yang panjang tetapi kalau makanannya tidak bergizi tentu burung akan menjadi sakit dan mati.

Sebenarnya nuri bisa memakan apa saja mulai dari bijian, sayuran dan juga buah-buahan. Berikan apel, pisang dan pepaya setiap hari secara berkombinasi supaya si burung tidak bosan.

Sayuran segar juga boleh ditambahkan dalam makanan hariannya untuk memenuhi asupan vitaminnya dan juga untuk kebutuhan proteinnya kalian bisa memberikannya bijian dan juga kacang-kacangan.

4. Hindari Pemberian Voer Basah

Sebenarnya kandungan dari voer basah juga bagus dan juga nuri menyukainya namun kekurangannya sisa makanan dari voer basah akan menyebabkan beberapa gangguan penyakit karena mudah dihinggapi bakteri dan kuman.

Sebaiknya pemberiak makanan berupa bijian, kacang-kacangan, buah-buahan dan juga sayuran segar saya cukup dan setelah makan bersihkan kandangnya supaya tetap steril dan terhindar dari kuman penyakit.

5. Mandikan Dan Jemu Secara Rutin

Burung yang rutin dimandikan akan membuatnya segar karena bulunya menjadi bersih dan bisa menghindarkan dari kuman penyakit, memandikan airnya dicampur dengan shampo burung supaya terhindar dari hama kutu.

Baca Selengkapnya :  Tips Cara Merawat Cucak Rowo Agar Rajin Bunyi

Lalu jemur dibawah jam 10.00 pagi karena diatas itu sinar mataharinya terlalu terik dan panas, burung nuri pelangi memang tidak begitu kuat panas sehingga nantinya dia akan terus-terusan membuka paruh karna kepanasan.

6. Pemberian Air Minum

Pastikan air yang kalian berikan untuk dia minum merupakan air bersih yang sudah dimasak sebelumnya dan didinginkan. atau bisa kalian berikan air mineral jangan air mentah karena didalamnya

masih terdapat mikroorganisme yang akan mengganggu kesehatan organ pencernaannya. air minum harus digantu sehari 2 kali untuk menjaga kebersihan dan kesehatan si burung.

Nah sobat omkicau itulah tadi cara merawat burung nuri pelangi semoga informasi ini dapat bermanfaat buat kalian dan terimakasih banyak sudah selalu setia membaca artikel dari kami.

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari