Cara Merawat Burung Cucak Rante Yang Tepat Untuk Masteran

Diposting pada

Jangan Lupe ! . . Di Share Ye ?.

cara merawat cucak rante – Hallo Kicau Mania? Cara Merawat Burung Cucak Rante Yang Tepat Untuk Masteran adalah metode yang bisa Anda pelajari jika Anda menginginkan untuk membuat cucak rante sebagai master dari burung lain koleksi Anda.

Seperti yang kita ketahui bahwa burung cucak rante temasuk salah satu jenis burung kicau yang banyak diminati oleh para kicau mania. Burung cucak rante ini diketahui masih memiliki kerabat dengan cucak ijo yang juga tak kalah terkenal. Namun terdapat perbedaan cucak ranting dan cucak ijo dari kedua burung ini yaitu warna kuning dibagian kepala dari burung cucak rante.

Bagi Anda yang ingin merawat burung cucak rante ini sebagai koleksi untuk masteran atau bahkan untk disiapkan diadu. Maka Anda perlu menyimak ulasan Cara Merawat Burung Cucak Rante Yang Tepat Untuk Masteran berikut ini:

Trik Mudah Memelihara Burung Cucak Rante Sebagain Isian


10 Metode Perawatan Burung Cucak Rante

Tentu saja jika Anda ingin memiliki burung cucak rante ini harus dengan perawatan yang benar dan tepat. Hal ini wajib dilakukan agar burung selalu dalam kondisi yang fit dan tentunya prima, berikut penjelasan dan cara merawat cucak rante agar rajin bunyi :

harga-cucak-ranting

1. cara merawat cucak rante harian, setiap hari Anda wajib untuk mengembunkan burung cucak rante Anda secara teratur dan konsisten.

2. Setelah itu mandikan burung cucak rante pada saat matahari telah terbit dengan metode semprot.

Baca Selengkapnya :  Burung Perkutut

3. Setelah dimandikan maka berikan EF berupa serangga seperti belalang atau jangkrik agae burung menjadi lebih jinak.

4. Jangan lupa kebersihan kandang menjadi hal yang penting untuk selalu dijaga agar burung tidak stress.

5. Kemudian anginkan burung cucak rante Anda dan kalau bisa berikan juga ef berupa pisang.

6. Anda juga bisa menambahkan sedikit kroto segar dan ulat hongkong, namun ini dilakukan secara bergantian agar burung tidak bosan.

7. Berikutnya silahkan Anda jemur burung cucak rante Anda kurang lebih selama 1 sampai 2 jam setiap harinya.

8. Lanjutkan dengan memindahkan burung ketempat yang sejuk apabila sudah menjelang siang hingga sore hari.

9. Pada saat burung sedang dianginkan ditempat yang teduh, maka sebaiknya diperdengarkan suara masteran sejenis agar dapat memancing dan melatih suara kicauannya.

10. Setelah tiba waktu sore hari, maka Anda wajib memberi EF kembali untuk burung cucak rante Anda.

cara-merawat-cucak-rante-agar-rajin-bunyi

Makanan Yang Tepat Untuk Burung Cucak Rante

Selain cara merawat yang benar, Anda juga harus mengetahui makanan yang tepat untuk burung cucak rante Anda, ini dimaksudkan agar burung selalu bernafsu untuk makan sehingga tidak mudah lemas dan gampang sakit.

Anda bisa memberikan voer cucak rante yang cocok jika burung cucak rante Anda sudah terbiasa makan voer. Triknya amat gampang, pas gabungkan saja santapan EF semacam pisang yang dipotong kecil, ataupun kroto fresh serta jangkrik yang ditaruh kedalam cup voer itu buat mencampurkannya.

Ini bertujuan jika makanan ef tersebut habis maka perlahan lahan burung Anda akan memakan voer tadi. Lalu merk voer untuk cucak rante yang bagus dan dianjurkan kalian bisa menggunakan topsong hijau rasa rumput laut ya, karena burung jenis ini sangat menyukainya. Selama dalam perawatan apalagi penjinakan, Anda harus memperhatikan kondisi sekitar penggantungan burung cucak rante dirumah Anda. Jauhkan dari berbagai faktor pengganggu agar burung tidak stress dan takut.

Baca Selengkapnya :  Tips Perawatan Kacer Mabung Agar Cepat Tuntas

Ciri Burung Cucak Rante

Burung cucak rante ini meskipun lebih kecil untuk ukuran tubuhnya dibanding dengan cucak ijo. Namun banyak dari penggemae burung kicu yang berburu untuk mendapatkannya, karena memang harganya masih dibawah cucak ijo.

Karena selain warnanya yang menarik, burung cucak rante ini juga mampu mengeluarakan kicauan yang unik dan merdu. Alasan inilah yang membuat banyak dari kicau mania mencari burung ini untuk dimiliki dan dipelihara.

Burung cucak rante memiliki panjang badan diantara 17 cm dari kepala sampai ekornya. kelebihan cucak ranting ini jika yang jantan maka akan terdapat warna hitam pada bagian tenggorokannya yang menjadi cirikhasnya, namun untuk yang cucak ranting betina berwarna hijau.

voer-cucak-rante

Tipe Burung Cucak Rante

Di Indonesia sendiri setidaknya ada 3 jenis cucak rante ini yang tersebar disebagian wilayah masing masing. Dengan memiliki ciri ciri yang berbeda beda, termasuk dengan namanya juga berbeda. Burung cucak rante yang berawal dari pulau jawa biasanya mempunyai corak kuning pada bagian dada dilengkapi tahta yang bercorak hijau.

Berlainan lagi dengan burung cucak rante yang berawal dari Kalimantan yang dimana tipe cucak ranting ini mempunyai corak kuning pada bagian dahinya. Sedangkan burung cucak rante yang dari pulau Sumatera kalangan suku bangsa Chloropsis Cochichinensis Icterocephala. Jenis ini diketahui berwarna kuning pada bagian tengkuknya serta pada bagian mahkota. Namun untuk harga cucak rante yang paling mahal diantara jenisnya adalah cucak rante jawa.

Demikianlah penjelasan tentang cara merawat cucak rante agar gacor. Jangan lupa ikuti terus artikel kami yang menarik lainnya dengan berbagai topik seputar burung kicau. Selamat mencoba dan semoga berhasil.