Cara Merawat Burung Lovebird Yang Nyilet

Diposting pada

Jangan Lupe ! . . Di Share Ye ?.

5/5 - (1 vote)

Halo pecinta burung kicau khususnya lovebird kali ini kita akan mengulas informasi yang sudah kalian tunggu-tunggu pastinya tentang Cara Merawat Burung Lovebird Nyilet yang sering terjadi karena beberapa faktor.

Tetapi meskipun sudah umum terjadi tetap saja masih banyak yang bingung bagaimana cara menyembuhkannya, karena kalau burung yang nyilet tidak cepat diobati atai masalahnya ditanggulangi maka akibatnya akan fatal.

Selain membuat burung macet bunyi dan mengganggu kesehatan si unggas ini, hal yang terburuk akan terjadi adalah menjadi penyebab kematian bagi burung kesayangan anda. tentunya kalian tidak mau kan hal ini terjadi.

Nah untuk ini kalian harus membaca artikel ini sampai habis karena kita akan mengulik tentang apa saja yang menyebabkan burung nyilet dan juga bagaimana cara mengobatinya.

obat-nyilet-lovebird-ampuh

Lovebird Nyilet, Penyebab dan Perawatannya

Penyebab Burung Lovebird Nyilet

Nyilet merupakan gangguan kesehatan burung, tidak hanya pada lovebird tetapi pada beberapa jenis burung kicau lain yang secara umum disebabkan oleh perawatan yang tidak baik dan ciri-cirinya adalah burung kurus dan kurang nafsu makan.

Berikut ini ada beberapa yang menyebabkan si unggas ini nyilet seperti berikut :

1. Lovebird kekurangan asupan makanan bergizi dan bernutrisi baik yang sesuai dengan kebutuhan tubuhnya baik itu kandungan karbohidrat, protein, vitamin dan mineralnya tidak terpenuhi.

2. Perawatan harian yang kacau, kemungkinan kalian terlalu sibuk sehingga tidak memiliki waktu untuk melakukan rawatan harian seperti memandikan, menjemur dan mengganti pakannya juga tidak teratur.

Baca Selengkapnya :  Cara Merawat Cucak Ijo Mabung Yang Tepat Agar Cepat Tuntas

3. Kandang burung tidak dibersihkan sehingga kotor dan mengundang banyak virus serta bakteri sehingga mengganggu kesehatan siburung yang menyebabkan terkena hama kutu dan beberapa penyakit lain.

garam-untuk-lovebird-nyilet

4. Si burung tidak nafsu makan karena organ tubuhnya terinfeksi parasit yang biasanya terjadi karena air minum yang jarang diganti sehingga kotor dan juga makanan yang jamuran dan lainnya.

5. Dia terkena penyakit cacingan yang menyerang gangguan pencernaannya sehingga dia tidak bernafsu untuk makan dan minum sehingga badannya menjadi sangat kurus.

Cara Mengobatinya

Karena yang menyebabkan burung nyilet ini karena perawatan yang bermasalah serta asupan makanan yang tidak seimbang sehingga kalian harus memperbaiki pola makan dan juga perawatan hariannya harus teratur.

1. Memberikan Makanan Ekstra Fooding

Ini tentunya bertujuan untuk memperbaiki gizi dari si burung supaya sistem imun dan metabolismenya kembali baik sehingga dengan berangsunr-angsur si burung akan kembali sehat. Tentunya kalian harus

meluangkan waktu untuk memberikan perhatian dan perawatan khusus bagi siburung dalam masa penyembuhan dari nyilet ini. EF untuk lovebird berupa sayuran seperti kangkung dan sawi atau kuaci.

2. Menambahkan Vitamin Khusus

Saat ini dipasaran sudah banyak dijual vitamin-vitamin khusus burung lovebird yang sudah diproduksi oleh pabrik produsen pakan burung seperti Ebod, Bnr dan beberapa pabrik lain.

Dengan formulasi yang sesuai kebutuhan siburung sehingga kalian harus memberikannya vitamin ini bisa ditetesi langsung ke paruhnya atau ditambahkan ke air minumnya.

3. Melakukan Pembersihan Kandang

Karena salah satunya nyilep ini menyerang kesehatan siburung tentunya ini berkaitan dengan kebersihan lingkungan kandangnya sehingga kalian harus benar-benar menjaga kebersihan setiap hari

selain itu dia juga akan merasa nyaman, usahakan seminggu sekali kalian lakukan pembersihan rutin dengan menyemprotkan desinfektan konsentrasi rendah supaya kandang benar-benar steril.

Baca Selengkapnya :  Ini Dia Rahasia Makanan Murai Batu Harian Biar Cepat Gacor

baca juga : masteran lovebird konslet ampuh mp3

ciri-ciri-lovebird-nyilet

Nah sobat omkicau itulah tadi bagaimana cara merawat burung lovebird nyilet yang bisa kami informasikan untuk kalian, semoga dapat menginspirasi dan bermanfaat menambah wawasan kita semua. Terimakasih banyak.

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari