cara-merawat-burung-anis-kembang

Tips Cara Merawat Burung Anis Kembang Agar Rajin Berkicau

Pada kesempatan kali ini situs resmi Om Kicau akan berbagi tips cara merawat burung anis kembang agar cepat gacor ngerol, memang gampang-gampang susah memahami karakter burung yang satu ini, akan tetapi jika anda merawatnya dengan baik, telaten dan penuh kesabaran yang dapat membuat burung nyaman dan tenang, otomatis anda akan menikmati kegacoran burung anis merah yang sangat indah didengar kicauannya.

Ada banyak pertanyaan dari temen-temen pecinta burung anis kembang ini yang masih pemula yang baru mencoba memelihara burung anis kembang ini, dan menemui banyak permasalahan yang sudah lama dirawat akan tetapi tidak gacor-gacor ?. Saran dari kami, pilihlah anis kembang diusahakan burung yang hasil tangkaran, yang memiliki ring dikakinya, ketimbang anda membeli anis kembang dari hasil tangkapan liar di hutan. Kenapa ?. Karena jika anis kembang hasil tangkaran sudah terbiasa dan mudah beradaptasi pada lingkungan sekitar dan pola rawatan yang diberikan oleh manuasia, berbeda dengan anis kembang yang asalnya dari hutan, sangat sulit untuk membuat si burung beradaptasi dan mau berkicau, mudah stress dan jika kaget sering macet bunyi.

burung-anis-kembang-jantan

Memang karakter anis kembang ini salah satu jenis burung yang sangat sensitif ya , tidak bisa diperlakukan atau dirawat asal-asalan, melainkan sobat kicau harus mengetahui terlebih dahulu teknik perawatan dasarnya agar memudahkan kepada perawatan lanjutannya, untuk cara merawat anis kembang bakalan dengan yang dewasa tidak jauh berbeda, hanya saja lebih cenderung untuk porsi atau takaran pakan yang berbeda yang diberikan.

Trik Sederhana Merawat Burung Anis Kembang Agar Cepat Gacor


Perawatan harian

Burung wajib di embunkan setiap hari, keluarkan sangkar burung dari rumah sekitar pukul : 05.00 WIB secara rutin, jangan lupa wadah pakan dan air minumnya di cabut, sementara agar mendapatkan hasil maksimal dari udara embun pagi yang membuat rileks dan tenang si burung tersebut.

Baca Selengkapnya :  Cara Merawat Burung Kakatua

Mandikan burung sekitar pukul : 7.00 WIB, dengan cara disemprot menggunakan spray dengan semprotan yang halus samapai terlihat basah meratai seluruh bulu pada tubuhnya. Lalu seperti biasa bersihkan dasar sangkar dari kotoran burung tersebut, kondisikan sangkar selalu terjaga kebersihannya, agar burun selalu sehat dan jauh dari gangguan parasit, tungau ataupun kutu burung yang diakibatkan sangkar selalu kotor jarang dibersihkan.

Setelah sehabis dimandikan, burung dijemur dengan durasi jangan terlalu lama, cukup hanyak setengah sampai satu jam saja, setelah burung dijemur, dianginkan di tempat yang sejuk, atau boleh digantung didepan teras rumah yang adem, berikan pakan EF kesukaannya berupa jangkrik 3 ekor, kaki dan kepalanya dibuang ya, berikan badannya saja.

Jangan lupa pasang kembali wadah pakan dan air minum yang sudah diganti dengan yang baru, berikan voer yang disukai, amati dan analisa dari kotorannya ketika memakan voer yang anda berikan, jika hail kotoranya terlihat mencret, berarti voer tidak cocok, boleh anda ganti dengan voer merk lainnya, sampai terlihat kotoran pada anis merah ini terlihat kering dan tidak terlalu basah / mencret.

Biasanya saya memberikan pakan yang bagus untuk anis kembang dengan jenis voer topsong kuning (coklat) untuk menu hariannya, jika sudah terlihat cocok tidak disarankan untuk menggonta-ganti jenis voer merk lainnya ya.

burung-anis-kembang-gacor

Biarkan burung digantung sampai sore hari, kondisikan penempatan kandang burung anis merah aman dan tidak ada hewan predator lainnya yang dapat mengganggu yang dapat membuat burung nanti bisa stress. Ketika menjelan sore hari sekitar pukul : 16.00 WIB kembali anda berikan EF jangkrik sebanyak 2 ekor saja.

Untuk pemberian kroto wajib diberikan setiap hari pada pukul : 19.00 WIB menjelang malam cukup 1 sendok makan, kroto yang disajikan harus keadaan bersih dari kotoran dan segar. Jangan pernah memberikan kroto yang sudah mau basi, atau sudah berbau yang tidak sedap, yang dapat membuat burung anis kembang ini bisa sakit dan terganggu masalah pencernaannya.

Baca Selengkapnya :  Mengetahui Mitos Burung Srigunting, Karakter, Habitat, Makanan

Setelah memberikan kroto, baru boleh sangkar burung di krodong, dan dimasteri dengan suara burung-burung kecil atau jenis lainnya, sampai ke esokan harinya ulangi secara konsisten perawatan harian yang telah dijelaskan diatas.

Perawatan mabung

Untuk perawatan anis kembang ganti bulu trotol, bagi yang masih usia muda sama dengan burung anis kembang yang sudah mapan, hanya saja pada pola rawatan mabung ini agak sedikit berbeda dengan pola rawatan harian.

Jika anis kembang dalam kondisi mabung, perawatan yang harus dilakukan adalah mengkrodong burung full setiap harinya sampai bulu-bulu kecil dan besarnya berjatuhan, stop EF jangkrik dan kroto, hanya diberikan voer dan air miinum saja di dalam sangkarnya.

Bersihkan kotoran sangkar seminggu sekali, jangan setiap hari ya, karena burung bisa terganggu saat perontokan bulunya bisa terhambat dan nyulam mentas. Namun untuk voer dan air minum cukup diganti 2 sampai 3 hari dengan yang baru, pakailah cepuk wadah pakan yang berukuran agak besar, agar dapat menampung stok pakan dan minum yang cukup sampai 3 hari.

Jika kondisi bulu sudah tumbuh merata, baru boleh dikembalikan dengan pola rawatan harian seperti biasanya. baik dari jadwal embun, mandi, jemur, ef, pengkrodongan, pemasterannya.

anis-kembang-mania
Anis Kembang Mania

Jika anda sudah benar menerapkan dengan tepat rawatan harian dan rawatan ketika burung anis kembang mabung, maka sudah pasti 99% burung anis kembang anda akan gacor dan memiliki mental yang baik.

Namun jika pola rawatan yang diberikan namun masih belum gacor juga, kemungkinan ada masalah lain, seperti burung sedang mengalami kondisi sakit, ataupun ingin mabung atau bisa juga kondisi dari faktor lainnya yang membuat burung menjadi stres dan kurang gacor.

Baca Selengkapnya :  Harga Jual Burung SamHo Terbaru 2020

Demikian informasi yang dapat kami bagikan, sesuai pengalaman yang saya alami bersama para anis kembang mania yang sudah membuktikan hasil yang nyata, selamat mencoba dan menerapkan perawatan anis kembang untuk anda jadikan sebagai paramter dalam merawat burung kesayangan anda. Terima kasih, semoga bermanfaat.

Baca juga : Jenis Burung Anis Kembang