burung-anis-merah

Ciri Burung Anis Merah

Anis Merah – Para penggemar burung kicau selalu dibuat kagum dengan jenis burung dari keluarga Turdidae ini. Salah satu dari jenis burung berkualitas, dengan domonasi warna bulu merah kecokelatan. Di Indonesia burung anis merah memiliki nama yang berbeda setiap daerah, seperti Bali disebut burung Kedhis, dan daerah Jawa Timur disebut Kacer Abang.

Dalam hal merawat burung anis pun susah-susah gampang. Pemilik harus mengenal dekat karakter-karakter dasar dari burung ini. Berikut OmKicau.ID akan memberikan tips seputar burung anis merah ini baik itu karakternya, ciri fisik, sampai ke cara perawatannya serta keistimewaan suara kicauannya, yuk simak ulasan selengkapnya dibawah ini :

Karakter Mendasar Burung Anis Warna Merah

Burung ini bersifat sangat sensitif terhadap perubahan, terutama dengan lingkungan yang terlihat asing. Ia akan sangat peka dengan perlakuan kasar ataupun perubahan suasana tempat tinggal yang drastis. Hal ini menyebabkan burung cepat stress dan terus memberontak. Selain itu burung ini juga pembosan dan selalu butuh suasana baru. Apabila berada di tempat sama dalam waktu lama, maka burung akan malas untuk berkicau lagi.

Hampir rata-rata jenis burung anis merah sangat manja, tidak mau bunyi dan tidak mau makan sebelum Ia melihat si pemilik. Karena bagi burung secara psikologis sang pemilik sudah seperti pasangannya. Satu lagi sifat khas burung yaitu birahi yang cenderung mudah naik. Ini disebabkan kelebihan makanan atau waktu penjemuran yang berlebih, sehingga cepat menaikkan birahi.

gambar-anis-merah

Ciri Fisik Jenis Burung Anis Warna Merah

Warna bulu pada burung didominasi merah kecoklatan mulai dari bagian dada hingga kepala. Lalu pada sisi sayap berwarna hitam dengan garis putih, dihiasi ekor dengan bulu putih bersih.

Baca Selengkapnya :  Burung Perkutut

Di bagian iris mata burung berwarna hitam, dengan bubuhan paruh hitam gelap. Burung ini cocok sekali dijadikan burung peliharaan karena parasnya indah dengan suara yang merdu, nyaman didengarkan sebagai hiburan saat senggang. Tidak heran lagi jenis satu ini sering dijagokan dalam kontes burung.

Burung yang satu ini memang memiliki banyak keistimewaan dari dengan gaya khas saat kicauan lagu dibawakan, sehingga menggoda para hobiis kicau untuk dapat memilikinya. Sebab suara burung mempunyai gacor yang merdu, keras dan juga variatif.

Saat berkicau burung akan mengeluarkan gaya khasnya yaitu gaya teler, gerakan menggeleng-gelengkan tubuh yang melemas seperti orang mabuk. Kebiasaan burung yang unik inilah yang sering menjadi incaran para pengoleksi burung kicauan.

Cara Merawat Burung Anis Warna Merah

Untuk perawatan harian berilah burung anis merah extra fooding, supaya rajin berbunyi dan kualitas suara semakin nyaring. Sebaiknya beri makanan dengan porsi yang pas, serta mengandung nilai gizi seimbang.

Karena burung amat sensitif jadi bila makanan dirasa tidak pas, maka berakibat burung akan ngeriwik sepanjang hari. Pakan tambahan yang disarankan sejenis jangkrik, orong-orong, cacing, ulat hongkokng dan ulat bambu.

Buatlah jadwal harian dimulai dari jam 7 pagi hingga menjelang malam. Biasakan saat pagi memandikan burung anis merah, cukup semprot-semprot air agar badan burung tetap bersih. Lalu membersihkan kandang dari sisa kotoran atau sisa makanan kemarin, ganti juga air minum minimal 2 kali sehari.

Kemudian sekitar pukul 8 pagi lakukan penjemuran kurang lebih satu sampai dua jam. Dan latihan mastering burung bisa dilakukan mulai jam 10 hingga jam 4 sore.

Demikian informasi mengenai salah satu jenis burung anis. Penting menjaga lingkungan sekitar burung agar tidak mudah stres. Karena sifat alamiah burung yang sangat sensitif, membuat pemiliki harus ekstra berhati-hati.

Baca Selengkapnya :  Tips Mudah Cara Merawat Burung Branjangan Agar Cepat Gacor

Mulai dari menjaga kesehatan kandang, pangan yang diberikan, hingga cara memperlakukan. Burung tidak suka diperlakukan kasar, nanti Ia akan memberontak dengan tidak bersuara sama sekali. Namun sikap manjanya justru membawa keuntungan tersendiri, karena mudah dijinakkan.

Suara Burung Anis Merah

Untuk karakter dari suara burung anis merah ini memang sangat mudah dibedakan baik itu yang berjenis jantan ataupun betina, biasanya untuk betina memiliki sauara yang monoton kebanyakan suara ngecir yang dikeluarkan, seperti memanggil-manggil sang jatan. Akan tetapi untuk si jatan yang lebih memiliki banyak variasi suara kicauannya sangat indah didengarkan dan tidak ada bosen-bosennya ya temen-temen bagi para penghobi burung puglor mania ini :

Berikut suara anis merah jantan dan betina audio mp3 yang bisa kalian download secara gratis disini :

Suara Anis Merah Ngeplong Teler

Link | Download

Suara Ngecir Anis Merah Betina

Link | Download

Suara Pancingan Anis Merah Gacor

Link | Download

Suara Tembakan Anis Merah Kasar

Link | Download