Cara Membedakan Merpati Jantan Dan Betina Dengan Mudah

Diposting pada

Jangan Lupe ! . . Di Share Ye ?.

Halo sobat om kicau mania semua, kembali berjumpa lagi di website resmi omkicau.id, nah pada kesempatan kali ini kami akan share bagaimana cara membedakan merpati jantan dan betina, kebetulan dari temen-temen ada yang menanyakan di kolom komentar fanspage ya, yang dimana dia masih kebingungan yg menanyakan ciri-ciri burung merpati jantan dan betina yang akurat !.

Nah bagi temen-temen yang masih pemula dalam hal memilih burung dara ataupun merpati, sangat tepat untuk menyimak pembahasan ini sampai tuntas ya, burung dara atau sering dikenal merpati ini ada 2 jenis ya, ada yg kolongan dan juga ada yg tipikalnya burung balap. Ya sebenarnya sama saja jika kita membedakan tips untuk jantina dari kedua jenis burung tersebut.

Sebenarnya untuk membuat perbedaan antara jantan dan betina untuk membedakan jantan dan betina itu lebih mudah menggunakan merpati balap, merpati kolong atau merpati rumahan ya temen-temen, karena perbedaannya sangat terlihat sekali berbeda dengan di merpati pos yang dimana itu hampir semuanya mirip dari kakarakternya maupun dari ciri fisiknya.

Walaupun ada beberapa yang terlihat memang betina sekali untuk betina dan jantan terlihat jantan sekali tapi berhubung Saya sudah tidak punya burung tinggian atau burung kolongan,

jadi saya coba lihat nanti perbandingannya menggunakan merpati pos karena untuk membedakan merpati jantan dan betina itu tidak terlalu berbeda ya.

Kita bisa melihatnya dari dua sisi yang pertama Sisi kebiasaannya Bagaimana kebiasaan burung merpati jantan Bagaimana kebiasaan burung merpati betina kemudian yang kedua dari segi fisik nya ya.

gambar-merpati-jantan-dan-betina

Ada Dua Cara Untuk Mengetahui Perbandingan Jantina Burung Merpati


Perbandingan Dari Kebiasaan / Karakternya

Kita bahas yang pertama ya teman-teman untuk burung merpati jantan itu biasanya lebih sering ngebekur ketimbang dari pada suara merpati betina,

nah untuk burung merpati betina itu bekur hanya di tempat-tempat tertentu saja ya, misalnya di kandangnya atau di tempat biasa yang sering dijumpai atau di tempat lain kemudian didatangi burung lain pasti burung merpati betina ini ngebekur ya.

Sedangkan burung merpati jantan dia bisa bekur Kapan saja dia mau ya, baik di kandangnya, ataupun di tempat tangkringannya dan biasa dia juga sering bek urin betina yang lain apalagi kalau ada burung yang baru datang atau baru kita beli kemudian kita lepas biasanya langsung datang kemudian si pejantan tangguh ini langsung aja ngebekur.

Kemudian yang kedua suara bekuran merpati jantan itu lebih keras dan lebih tinggi daripada suara bekur nya betina, si betina akan menaikkan volume suaranya ketika bekur di depan jantannya akan menurunkan sayapnya ya teman-teman atau istilahnya ngeleper lah ya, kalau kita melihat segi kebiasaannya.

baca juga : ciri burung merpati yang bagus buat kolongan

Perbadingan Dari Ciri Fisiknya

Nah point yg kedua yaitu membedakan jantan dan betina dari segi fisiknya mulai dari bentuk paruh, kepala kemudian postur tubuhnya ya.

Yang pertama adalah paruhnya, Paruh merpati jantan itu lebih lebar dan lebih tebal kemudian cenderung lebih pendek daripada merpati betina, kalian bisa lihat gambar merpati betina dan jantannya disini :

Nanti kita bedakan dengan paruhnya ketika merpati betina karena merpati betina itu memiliki paruh pertama dan lebih panjang daripada yang jantan kemasan bisa melihat dan perhatikan perbedaannya paruh jantan dan betina.

Baca Selengkapnya :  Cara Membedakan Kapas Tembak Jantan Dan Betina

Yang kedua kita bisa melihat dari bentuk kepala yaitu bentuk kepala jantan biasanya lebih besar daripada bentuk burung merpati betina,

serta jika kita melihat bagian leher maka teman-teman akan melihat perbedaan leher merpati jantan dan merpati betina biasanya leher merpati jantan itu lebih lebar dan besar ya dari leher merpati betina jadi mulai kepala itu langsung melebar ke bagian badannya bagi merpati yg jantan.

Sedangkan merpati betina biasanya dari kepala itu dia sempat mengecil terlebih dahulu terlebih dahulu kemudian baru dia melebar ke bagian badan.

gambar-merpati-betina

Dari segi segi leher biasanya warna yang sering kita lihat di merpati jantan di bagian leher itu lebih terlihat dibandingkan dengan merpati betina, yang bisa dilihat dari postur nya burung merpati jantan melihat lebih besar dibandingkan burung merpati betina terutama ketika berdiri kita bisa melihat perbandingannya dengan sangat mudah,

dan kemudian untuk capit udang merpati jantan tentu jika di raba itu terasa lebih keras ya ketimban betina yg cenderung jarang atau jauh antara jarak capitnya.

Nah itu dia teman-teman cara membedakan merpati jantan dan merpati betina sama teman bisa melihat dari kebiasaannya kemudian teman-teman juga bisa membandingkan dari fisiknya mulai dari paruh kepala leher sampai postur tubuhnya.

Dan ini berlaku secara umum ya burung merpati secara umum karena ada beberapa Merpati yang memang tidak masuk ke ciri-ciri ini seperti Ada betina yang lebih besar daripada jantan kemudian ada paruhnya yang lebih besar daripada jantan yang lebih besar daripada jantan apalagi di merpati seperti itu banyak sekali burung merpati betina yang mirip seperti merpati jantan.

Oke itu saja tips dari kami seputar cara membedakan merpati jantan dan betina, semoga bisa bermanfaat ya.

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari