Cara Membedakan Cucak Jenggot Jantan dan Betina

Diposting pada

Jangan Lupe ! . . Di Share Ye ?.

Rate this post

Halo sobat omkicau kembali lagi kami memberikan informasi terupdate seputar Cara Membedakan Cucak Jenggot Jantan dan Betina yang mulai banyak diminati saat ini, burung ini mirip dengan kapas tembak mulai dari warna dan bentuk fisiknya sekilas sama.

Perbedaannya ada pada bulu halus dibawah paruhnya yang menyerupai jenggot sehingga disebutlah cucak jenggot. Harga seekor burung jenis ini dibedakan dengan usianya dan juga jenis kelaminnya.

Biasanya yang masih anakan lebih murah dari yang sudah mapan dan juga yang berkelamin jantan lebih mahal dari yang berkelamin betina karena memang ada beberapa kelebihan yang dimiliki cucak jenggot jantan

yang tidak dimiliki burung betinanya seperti bentuk fisiknya, warna bulunya dan juga volume suara dan keragaman kicauan yang dimiliki jantan lebih banyak dibandingkan si betina.

Untuk itu sebelum membelinya kalian harus membedakan jenis kelaminnya dahulu kalau belum mengetahuinya berikut beberapa perbedaan jenis kelamin antara keduanya.

burung-cucak-jenggot-jantan-dan-betina

Perbedaan Harga Cucak Jenggot Jantan dan Betina


Cucak Jenggot Jantan

Burung yang berkelamin jantan memiliki ukuran tubuh yang lebih besar dari si betinanya, selain itu jika kalian perhatikan bentuk tubuhnya dari kepala sampai ke ekornya bentuknya terlihat simetris.

Pada bagian bawah paruh cucak jenggot jantan tumbuh bulu halus yang cukup lebat berwarna putih seperti jenggot dan juga pejantan memiliki sifat fighter ini terlihat ketika dia menghadapi

lawannya maka dia akan melebarkan atau membuka sayapnya ketika mengeluarkan suara kicauannya. Lagu kicauan pejantan lebih variatif dibanding si betina dan juga volume suaranya juga lebih nyaring

Baca Selengkapnya :  Harga Burung Kerak Basi

hal ini alami terjadi karena pejantan diciptakan untuk menggoda atau menarik perhatian sibetina dengan kemampuannya itu. Untuk pejantan makanan kesukaannya ialah voer dan buah pepaya matang yang segar.

Cucak jenggot ini sebenarnya mudah sekali jinak dan juga dapat gacor secara alamiah, namun dia juga bisa langsung mengeluarkan kicauannya ketika mendengar suara burung lain.

Ketika kalian memperhatikan sorot matanya, si jantan memiliki sorot mata yang tajam sehingga terlihat lebih gagah dari yang betinanya, pada bagian dada dan lehernya memiliki bulu berwarna kuning.

Harga dari seekor burung cucak jenggot berkelamin jatan dibanderol dengan harga Rp350.000 untuk yang bisa ngerol, sedangkan yang sudah lumayan gacor dan dijadikan masteran dihargai dengan Rp450.000 per ekornya

Semakin bagus kualitas dan kemampuannya maka harganya pun semakin bertambah untuk yang sudah gacor dan mapan dijual dengan harga Rp500.000 keatas dan yang sudah berhasil meraih juara di kontes nasional maka mencapai jutaan rupiah.

ciri-cucak-jenggot-jantan

Cucak Jenggot Betina

Burung cucak jenggot betina pada umumnya ukuran tubuhnya lebih kecil daripada pejantannya, pada bagian dadanya terdapat bulu berwarna putih sehingga jenggotnya tidak terlalu kentara dibandingkan si jantan.

Apabila dia didekatkan dengan burung lain maka dia akan mengepakkan sayapnya karena kicauan dari burung cucak jenggot betina ini lebih monoton memang dia diciptakan seperti itu secara alamian bukan berarti tidak mampu.

pada bagian supit urangnya agak jarang karena biasanya sebagai tempat untuk menyimpan telurnya pada masa reproduksi, harga dari burung betina lebih murah berkisar antara Rp250.000 sampai Rp400.000 per ekornya

semua tergantung dari kualitas yang dimiliki oleh setiap burung yang berbeda-beda.

gambar-cucak-jenggot-betina

Sebelum membeli burung cucak jenggot ini baik dikios burung atau perorangan bahkan membeli secara online pastikan kalian bisa membedakan jenis kelaminnya karena itu juga mempengaruhi harga jualnya.

Baca Selengkapnya :  Rahasia Perawatan Cucak Jenggot Agar Cepat Gacor

Sobat omkicau semua itulah tadi Cara Membedakan Cucak Jenggot Jantan dan Betina terbaru yang dapat kami informasikan kepada kalian semua semoga banyak memberikan manfaat buat kalian semua terimakasih banyak.

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari