Cara Mudah Membedakan Birahi Dan Emosi Pada Burung Kacer

Diposting pada

Website resmi Om Kicau kembali ingin berbagi pengalaman berbagi informasi tentang permasalahan dan Perawatan pada burung kacer kali ini saya mencoba membahas tentang pengertian dan perbedaan birahi dan emosi burung kacer, oke langsung saja tanpa berlama-lama Mari kita lanjut ke topik pembahasannya.

Banyak pertanyaan-pertanyaan yang muncul dari teman-teman tentang seputar birahi dan emosi pada burung kacer, seperti apa sih pengertian emosi dan birahi itu sendiri ?. lalu Apakah burung petarung membutuhkan birahi dan emosi ?. Dan Adakah keterkaitan birahi dan emosi ini dengan burung kacer, bukannya burung kacer hanya membutuhkan birahi saja, lalu emosi Ini untuk apa ?. Ataukah kedua-duanya sangat berperan penting untuk burung kacer yang akan dilombakan !. Untuk menjawab semua pertanyaan ini tentu akan kita bahas disini :

Memahmi Istilah Birahi Dan Emosi Pada Burung Kacer

Namun untuk pengertian emosi adalah perasaan yang ditunjukkan pada seseorang atau kejadian dalam bentuk perasaan senang atau bisa juga dalam bentuk perasaan takut terhadap sesuatu jadi keterkaitan birahi dan emosi Ini ada pada seekor kacer, burung ini juga mempunyai insting untuk menjalankan dan mempunyai fungsi untuk berkembangbiak.

Jadi jika ada buurng kacer yang sedang birahi tinggi ini dengan kata lain burung kacer tersebut harus dikawinkan dengan betinanya agar dapat meredam birahinya supaya menjadi stabil kembali dan sebaliknya jika kacer yang sedang emosi, emosinya dengan kacer yang akan dilombakan berfungsi untuk mengeluarkan materi (isian) yang bervariasi pada saat dilombakan sebagai burung kacer.

Baca Selengkapnya :  Cara Mudah Perawatan Burung Srigunting Supaya Gacor

burung-kacer-birahi-emosi-stabil

Burung kacer tidaklah terlahir sebagai burung lomba di alamnya berkembang biak beranak pinak dan mempertahankan teritorialnya namun sebagian manusia yang menginginkan kacer ini sebagai petarung murni atau Real Fighter tentunya dengan perawatan khusus yang disesuaikan dengan kebutuhannya, agar mendapatkan hasil sesuai keinginan sang pemiliknya. Jadi apabila temen-temen ingin mencetak burung kacer untuk jauara dilapangan dan melatih dilatberan agar bisa tampil dengan sesuai harapan sudah pasti yang kalian kejar adalah emosi si kacer tersebut, bukan birahinya !.. Ingat ya.

Apakah Kacer Lomba Membutuhkan Birahi


Ya sudah jelas membutuhkan Karena untuk membuat kicauan yang bervariasi itu adalah tingkat birahi pada burung kacer itu yang tentunya harus sinkron dengan emosinya, jika tidak sinkron maka variasi kicauan yang dikeluarkan bukan kemarah kicauan, yang ada nantinya malah rayuan atau suara asli burung kacer yang monoton.

Lalu bagaimana kacer yang sedang birahi dengan karakter yang sudah mendapatkan emosinya seperti yang sudah saya jelaskan tadi kacer yang sedang birahi pada saat digantangkan ditunjukkan dengan pembawaan mengeluarkan kicauannya dengan rayuan atau suara asli pemeran sedangkan kacer yang sudah mendapatkan emosinya pada saat digantang kan ditunjukkan dengan pembawaan variasi lagu atau materi Dengan penuh kemarahan atau istilahnya bisa tampil ngotot ketika dibawa kelapangan.

Lalu apa efek dari birahi dan emosi ini dengan tipe panas dan dingin, pada dasarnya memang burung kacer adalah jenis burung petarung yang mempunyai emosi tinggi, jadi kacer tipe panas ini sangat dekat sekali dengan emosi dan untuk kacer tipe dingin yang mempunyai nilai terendah dengan titik birahinya. Dan perlu kalian ingat ya untuk bermain kacer itu adalah bermain suhu tubuh, jika Panas didinginkan dan apabila dingin dipanaskan.

Baca Selengkapnya :  7 Jenis Burung Langka Hampir Punah Yang Ada Di Indonesia

Untuk memantau birahi dan emosi Ini lalu berkembang lagi ada permasalahan yang muncul pada seekor kacer dalam keadaan di mana 1 ekor mengalami ketidak sinkronan antara birahi dan emosi nya yang lebih dominan tinggi salah satunya dan bisa disebut dengan istilah over birahi dan over emosi, nilai terendah dekat dengan birahi.

Tips Mengatasi Permasalah Over Emosi Dan Birahi Burung Kacer


Solusi kacer over birahi

Kondisi burung kacer yang terlalu tinggi dan over birahi ini adalah suatu keadaan dimana seekor katak mengalami proses suhu tubuh atau minus dampak dari perawatan tidak disesuaikan dengan karakter dan kebutuhannya, sudah pasti pada kondisi seperti ini dimana seekor kacer yang rawatan harian dan karakternya serharusnya dijemur kuat untuk mengejar emosinya malah jarang dijemur dimandikan tiap hari dan diberikan ekstra puding yang mendinginkan seperti kroto dan kasus seperti ini akan menjadi malah kacer tersebut akan mengalami birahinya yang tinggi dan tak terkendali.

kacer-over-birahi

ciri seperti ini terlihat ketika saat burung ditrek atau digantang kan terlihat responnya berbeda yang bisa menyebabkan loncat-loncat saja akan takut dengan keramaian kadang-kadang hanya peran saja nah jika sudah seperti ini perawatan selanjutnya untuk meningkatkan emosinya dengan cara mandinya dikurangi dari biasanya kita kan tadinya mandi tiap hari sesuai mandi Hanya seminggu satu sampai dua kali saja jemur sekuatnya seminggu dua kali maksimal 3 jam boleh diumbar seminggu dua kali maksimal 2 jam dan untuk mengasih makanan EF jangkrik maksimal 3 pagi 3 sore dan tanpa memberikan kroto sementara, bertujuan untuk rawatan hanya untuk menstabilkan suhu tubuhnya dan dan memaksimalkan powernya.

Solusi kacer over emosi

Yang menghentikan emosi pada burung kacer adalah kondisi dimana seekor kacer sedang mengalami peningkatan suhu tubuh dari salah perawatan tidak sesuai dengan karakter dan kebutuhannya, yang akhirnya menjadikan kondisi di mana seekor kacer yang seharusnya perawatan hariannya yang menangani untuk meredam emosinya dengan cara mandi rutin tiap hari jemur minim dan diberikan EF yang bersifat mendinginkan seperti kroto sesuai takarannya, eh kok ini malah dijemur tiap hari tanpa memperhatikan pemandian dan istirahatnya.

Baca Selengkapnya :  Tips Memilih Sangkar Burung Kicau

kacer-over-emosi

Alhasil pada saat digantang kan mereka seakan galak dari awal sampai akhir penilaian juri, dan kalau sudah seperti ini penanganan cara perawatan adalah untuk meredam emosinya dengan cara mandikan Rutin 2 hari sekali saja, dan pada kasus yang berat seperti kanibal karena dampak dari emosi bisa dimandikan tiap sehari sekali serta burung jangan dijemur dulu dan berikan ekstraFooding jangkrik maksimal hanya 3 pagi dan 3 sore dan berikan yang mendinginkan seperti kroto per minggu Sampai Tiga Kali disesuaikan dengan kondisi cuaca dan harian di krodong longgar dengan menggunakan bahan yang cukup tipis saja dan boleh juga sleting krodongnya dibuka agar sirkulasi udaranya tetap bagus dan kondisikan di ruangan yang sejuk dan nyaman.

Nah itulah guys tips seputar cara memahami sifat dari burung kacer yang memiliki emosi dan birahi baik yang stabil sampai yang over, agar kiranya dapat menambah wawasan temen-temen semua baik bagi pemula ataupun yang sudah lama penasaran dengan burung fighter yang satu ini. Semoga dapat bermanfaat.

Baca juga : Cara Memaksimalkan Stamina Burung Kacer Agar Siap Digantangan