Cara Melatih Nuri Agar Bisa Bicara

Diposting pada

Jangan Lupe ! . . Di Share Ye ?.

5/5 - (1 vote)

Burung nuri merupakan salah satu burung yang bias bicara seperti beo, tetapi bagaimanakah Cara Melatih Burung Nuri Agar Bisa Bicara? Tentunya kalian harus melakukan perawatan yang baik dan melatihnya secara khusus.

Nuri merupakan salah satu burung endemik Indonesia dimana dia banyak ditemukan atau berasal dari Maluku dan Papua Barat. Hewan ini berukuran tubuh sedang sekitar 35 cm panjangnya, bulunya didominasi warna merah dan hijau.

Dikalangan masyarakat, nuri menjadi salah satu satwa vaforit untuk peliharaan rumahan karena tubuhnya dengan warna bulu mencolok serta suara kicauannya yang merdu dan satu lagi dia juga bisa berbicara menirukan manusia.

Tetapi tak serta merta ya sobat kicau tentunya diperlukan perawatan yang rutin dan dilatih untuk bisa berbicara. Kenapa bisa begitu? karena nuri merupakan burung yang cerdas sehingga sayang sekali kalau tidak dilatih

atau diasah kemampuannya untuk menirukan suara-suara yang sering didengarnya. Memang tidak mudah perawatannya diperlukan beberapa tahapan yang cukup memakan waktu untuk sampai bisa ke tahap itu.

Nah daripada kalian semakin penasaran saja, langsung baca artikel ini sampai habis.

cara-melatih-nuri-agar-bisa-bicara

Melatih Burung Nuri Bisa Bicara

1. Biarkan Burung Nuri Dikandang Terbuka

Krena pada dasarnya nuri merupakan burung yang cukup liar dengan ukuran tubuh yang lumayan besar sehingga dia akan mudah stres ketika diletakkan dikandang tertutup, cara meletakkan di kandang terbuka itu bagaimana?

Baca Selengkapnya :  Harga Terbaru Jenis Burung Nuri Raja Ambon

Caranya kalian bisa menyediakan tangkringan yang kuat bisa terbuat dari pipa atau besi juga kalau kayu harus yang kuat karena takut cepat rusak karena paruh bengkoknya setelah itu sematkan rantai kecil

untuk mengikat kakinya jadi biarkan terbuka begitu, dengan catatan rantai jangan sampai menyakiti kakinya ya. dengan begitu dia akan bisa bebas bergerak juga meskipun terikat.

2. Tempatkan Kandang Ditempat Aman dan Ramai

Ramai disini bukan seperti pasar begitu ya, maksudnya tempai yang sering kita gunakan untuk kumpul keluarga dan tempat anggota keluarga kita berlalu lalang misalnya teras rumah atau ruang keluarga yang outdoor.

karena dia akan cepat mendengar omongan kita dan bisa menirukannya tetapi hati-hati ya kalau kalian membicarakan hal-hal yang rahasia nantinya dia bisa menirukannya. hehe tidak ya becanda karena umumnya

meskipun bicara tidak selancar manusia hanya beberapa kata atau kalimat saja. Letakkan ditempat yang aman maksudnya aman dari ancaman predator dan juga dari ancaman pencuri.

melatih-burung-nuri

3. Mandikan Setiap Hari

Nuri dimandikan setiap hari supaya bulunya bersih berkilau dan juga menjaga dari kuman penyakit. cara memandikannya dengan di semprot, hati-hati menyemprotnya karena nuri telinganya peka

dan juga cukup besar sehingga rentan kemasukan air. semprot sampai bulunya basah kuyup lalu letakkan dibawah sinar matahari untuk dijemur sampai bulunya kering. setelah kering bisa dipindahkan kembali ditempat yang biasa dia diletakkan.

4. Berikan Makanan

Pemberian makanan secara rutin harus dilakukan guna menjaga kesehatannya, mengingat tubuhnya yang cukup besar sehingga porsi makannya juga lebih banyak dari burung kicau lain yang bertubuh sedang.

Berikan pisang sebagai makanan kesukaannya dan juga bijian dia juga suka biji bunga matahari selain itu dia juga suka kacang hijau dan kacangan lainnya yang mudah dia makan.

Baca Selengkapnya :  Cara Merawat Burung Nuri Pelangi

5. Terus Latih Dengan Sabar

Latih burung nuri dengan sabar sedikit-sedikit secara bertahap. misalnya beberapa kosa kata dulu biar dia bisa merekam dan menirukannya jika sudah bisa jangan lupa untuk memberikan rewards berupa makanan kesukaannya.

Kalau dia masih belum bisa beri sedikit punishmen tapi jangan keterlaluan karena kalian harus memiliki kesabaran yang banyak dalam melatih burung nuri atau satwa apapun ya sobat.

Bagaimana apakah kalian tertarik untuk memelihara nuri dan sudah mengerti dan terbayang tentang cara melatih nurung nuri agar bisa bicara , kesabaran sangat diperlukan disini dalam merawat burung intinya punishmen dan reward

itu kalau dia bisa menirukan atau melakukan yang kita mau jangan segan-segan untuk memberikan rewards ya sobat kicau. semoga artikel ini bermanfaat kami ucapkan banyak terimakasih sudah membacanya.

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari