Mengenal Jenis Burung Samyong

Diposting pada

Jangan Lupe ! . . Di Share Ye ?.

5/5 - (1 vote)

Burung Samyong – halo sobat omkicau kembali lagi bersama kami di edisi kali ini kita akan mengulas informasi tentang salah satu jenis burung kicau yang mulai dilirik para pecinta burung kicau di Indonesia.

Sampyong berasal dari Pulau Flores Nusa Tenggara Timur di sekitar kawasan kelimutu. masyarakat sekitar menyebutnya juga sebagai burung seribu satu suara. Hal ini karena samyong terdengar suaranya namun kerap tak terlihat wujudnya.

Keunggulan yang dimiliki samyong ialah terletak pada suara ocehannya. Dia memiliki suara yang merdu dan cukup nyaring untuk burung yang memiliki ukuran tubuh tidak terlalu besar dan juga dia

dikenal memiliki kemampuan menirukan banyak sekali jenis-jenis burung kicau bahkan diberikan julukan seribu satu bunyi itu. Meskipun demikian popularitas yang dimiliki samyong ini berada jauh dibawah

Burung kacer, lovebird, kenari dan murai batu. sehingga kehadirannya kerap kali tidak menarik bagi mereka tetapi di dua tahun ini popularitasnya lumayan naik seiring pandemi banyak yang mulai

menyukai memelihara burung kicau dan salah satunya samyong ini mulai diminati. Bagi kalian yang masih bingung dan belum mengenal bagaimana samyong ini langsung saja baca artikelnya sampai habis kita akan kulik informasi secara lengkap.

harga-burung-samyong

Mengenal Salah Satu Jenis Burung Samyong

1. Ciri Fisik

Sebelum kalian memutuskan untuk memeliharanya, tentunya kalian harus tahu dulu bagaimana cara membedakan nya baik itu ciri secara umum sampai perbedaan antara yang berkelamin jantan dan betina.

Baca Selengkapnya :  Inilah Keistimewaan Burung Jalak Nias, Makanan, Harga, Suara

Dia memiliki ukuran tubuh kecil sekitar 18 cm. Warna bulu pejantan dibagian kepala sampai ke lehernya berwarna hitam. dan pada bagian kepalanya mengangkat seperti jambul ketika dia berkicau.

Pada bagian bawah tubuhnya berwarna kuning kecoklatan dengan gradasi semakin kebawah semakin gelap. Paruhnya berwarna hitan terdapat garis tengah berwarna putih dibagian paruh bawahnya.

Panjang ekornya mencapai 6 cm atau 1/3 dari panjang tubuhnya. Untuk yang betina samyong memiliki warna bulu hijau kekuningan dibagian tubuh bagian bawah dan kelapa ke leher berwarna abu-abu.

Kepalanya berbentuk bulat tak seperti jantan yang lebih gepak dan juga dibagian bawah paruhnya terdapat bulu halus sama seperti burung yang berkelamin jantan. tentu itu cukup mudah untuk membedakannya.

makanan-burung-samyong

2. Makanan Samyong

Dialam bebasnya dia merupakan burung pemakan serangga seperti belalang, laba-laba jangkrik dan beberapa jenis larva yang hidup disekitarnya. Karena burung samyong yang dijual dipasaran merupakan

hasil tangkapan sehingga kita perlu untuk mengajari makan voer terlebih dahulu sebagai pakan utama harian untuk mencukupi vitamin dan mineral serta kandungan karbohidrat dan juga lebih praktis dalam memberikan

pakan hariannya. Namun tidak lah mudah tentunya tetapi pada masa pelatihan kalau dia belum mau memakan voer jangan dipaksakan tetap berikan saja jangkrik untuk memenuhi kebutuhan tubunya bertahan hidup.

3. Karakter Burung Samyong

Dia merupakan burung yang sangat rajin berkicau jadi kalian tidak perlu kesulitan untuk melatihnya menjadi gacor hanya saja samyong merupakan burung yang sulit beradaptasi dengan tempat hidup atau lingkungan

barunya sehingga kalian harus sabar menjinakkannya dan juga membaiarkan dia untuk beradatasi dia juga termasuk burung yang mudah stres jadi usahakan untuk menghindarinya dari ancaman dan juga

Baca Selengkapnya :  Perawatan Pleci Mabung Agar Cepat Selesai

jangan sampai jatuh kandangnya karena bisa-bisa dia mati mendadak. jadi usahakan hati-hati dan pastikan gantungan di kandang dan pada tempat gantungannya kokoh ya sobat.

Perawatannya juga tidak berbeda dengan rawatan harian burung lain seperti kenari dan kacer cukup mudah sebenarnya apabila dia sudah bisa beradaptasi dengan tempat barunya.

Itulah ulasan informasi mengenai burung samyong, semoga informasi ini bermanfaat dan menginspirasi kalian bahkan kalian mulai tertarik untuk memelihara burung samyong ini. Terimakasih sudah selalu membaca artikel kami.

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari