Burung Prenjak Sawah, Makanan, Suara Beserta Gambarnya

Burung Prenjak Sawah – Halo sobat omkicau kembali lagi kami menyapa kalian dengan memberikan ulasan informasi mengenai jenis-jenis burung yang ada di alam kita.

tak hanya di Indonesia bahkan sampai ke mancanegara. Burung prenjak tentunya sudah tak asing lagi ditelinga kalian bukan, karena aves yang

satu ini juga memiliki kicauan yang menarik sehingga para sobat kicau kerap menggunakannya sebagai burung masteran untuk burung lomba.

Ternyata ada beberapa jenis prenjak yang nanti akan kita bahas satu persatu tapi kali ini tentang burung prenjak sawah

dulu ya gais. Sama dengan beberapa jenis burung prenjak yang lain dimana dia memiliki ukuran tubuh kecil dan juga dengan karakter suara menembak. Ada yang bilang dia masih memiliki

kekerabatan dengan burung ciblek. Tapi ntah lah nanti kalian bisa baca penjelasannya dibawah ini dengan lengkap. dari pada kalian semakin penasaran langsung aja yuk ke pembahasan.

burung-prenjak-sawah

Mengenal Tentang Burung Prenjak Sawah

Ciri – Ciri Fisik Burung Prenjak Sawah

Prenjak sawah sering juga dikenal dengan ciwah atau ciblek sawa. Ini yang tadi kita bilang dimana dia memiliki kekerabatan dengan burung ciblek dan juga karakter suaranya yang mirip.

Prenjak sawah sendiri ada 2 spesies yakni prenjak padi dan prenjak coklat dengan ciri – ciri ukuran tubuh sedang dikisaran 15 cm, Bulunya berwarna coklat dengan kombinasi keabu-abuan.

Bagian bawah tubuhnya berwarna kekuningan dan juga memiliki ekor yang cukup panjang. Tubuhnya terlihat ramping serta tajam hal ini yang menyebabkan dia juga disebut prenjak padi.

Untuk prenjak coklat juga memiliki ukuran tubuh yang sama, bagian bawah tubuhnya memiliki warna kuning tua. Kalau diperhatikan pada bagian dadanya berwarna abu-abu.

kalau dilihat sekilas saja mirip dengan prenjak padi hanya saja terdapat banyak corak dibagian punggung dan ekornya terdapat pola titik-titik. dan terlihat lebih gemuk.

burung-prenjak-sawah-jantan

Karakter dan Habitat Aslinya

Keduanya memiliki karakter suaranya yang nyaring dan juga dia gacor secara alami tapi kalau kalian bisa merawat dan melatihnya dengan baik tentunya dia akan menjadi lebih berkualitas

dari segi kicauannya. Tak heran mengapa dia cukup populer dikalangan para pecinta burung karena bisa dipelihara sebagai burung hias dirumah untuk sekedar hiburan atau bisa juga

dijadikan sebagai masteran untuk burung lomba lainnya. Karakternya yang nyaring dan juga dia sangat lincah. kalau kalian tertarik memeliharanya silahkan saja membelinya guys.

ciblek-sawah-gacor

Makanannya

Di habitat aslinya dia merupakan unggas pemakan bijian seperti biji padi, jewawut dan yang lainnya dan dalam perawatan harian tentu akan sedikit berbeda dimana kalian bisa melatihnya

untuk mengkonsumsi voer kasar, dengan melatihnya dan tentunya tidak akan memakan waktu yang lama. Mengapa voer? karena didalam kandungan voer terdapat gizi kompleks yang bagus

guna memenuhi asupan tubuhnya. Selain itu kalian juga bisa memberikan dia jewawut, biji padi dan juga milet yang mengandung protein sebagai sumber makanannya.

Nah sobat omkicau itulah dari ulasan lengkap mengenai burung prenjak sawah semoga informasi ini memberikan manfaat bagi kalian semua dan kami ucapkan banyak-banyak terimakasih untuk itu.

Update terus informasi mengenai burung lainnya terutama bagi kalian yang hobi memelihara baik itu burung kicau, burung hias atau burung apapun. Salam sukses dan sehat selalu.