Budidaya Burung Walet

Diposting pada

Jangan Lupe ! . . Di Share Ye ?.

Rate this post

Hai sobat omkicau kembali lagi kali ini kita akan membahas informasi menarik tentang bagaimana cara Budidaya Burung Walet yang benar sehingga bisa meraup hasil yang memiliki hasil yang menjanjikan.

Siapa sih yang gak tahu burung walet? Burung yang ekornya panjang dan serta sayapnya yang runcing, warna bulunya gelap kehitaman, burung ini banyak dicari dan dibudidaya oleh masyarakat di Indonesia.

Bukan karena mau di ambil telurnya atau dagingnya atau bahkan dijual untuk burung perlombaan, melainkan sarangnya dan juga air liurnya yang menjadi salah satu komoditas ekspor terbaik yang dimiliki Indonesia.

Sarang dan liur burung walet dipercaya bisa mengobati beberapa penyakit bahkan digunakan untuk bahan baku produk kecantikan. harga nya pun sangat tinggi sekali sehingga banyak yang berlomba membudidayanya.

Bagaimana caranya? berikut ini kita akan membahas apa saja yang perlukan dan bagaimana langkah-langkah budidaya walet ini, makanya simak terus informasinya sampai habis.

budidaya-burung-walet-pdf

Cara Budidaya Burung Walet


Mempersiapkan Kandang

Saat kamu berniat untuk membudidaya burung walet tentunya kamu harus mempersiapkan sebuah tempat untuk mereka membuat sarangnya, tempat disini bukan kandang kecil ya sobat melainkan sebuah

bangunan, bisa rumah atau gedung kosong yang di khususkan untuk tempat mereka tinggal, jadi kalian harus menyulapnya seperti habitat asli mereka seperti pencahayaan yang redup

Biasanya hanya memiliki 1 pintu tidak ada jendela yang membuat cahaya banyak masuk hanya dilengkapi ventilasi kecil berupa lubang-lubang untuk sirkulasi udara supaya oksigen tetap masuk.

Baca Selengkapnya :  6 Jenis Makanan Burung Cililin Agar Cepat Gacor Dor

Ini bertujuan supaya keadaannya seperti habitat aslinya yang dingin, lembab dan gelap. Pastikan tempat ini terletak ditempat yang sepi karena pada dasarnya walet tidak suka keramaian.

Biasanya para agrobisnis walet membuat gedung dipinggiran dekat sawah atau aliran sungai supaya diwalet bisa dengan mudah mendapatkan makanan secara alami dan jauh dari keramaian pastinya.

harga-burung-walet

Tips Supaya Burung Walet Datang

Setelah kita menyiapkan tempat yang sudah disulap menjadi mirip habitat aslinya, yang selanjutnya kita lakukan tidak perlu membeli bibit walet banyak banyak karena harganya juga pastinya tidak murah.

Cara lain kalian bisa memutar suara rekaman burung walet diletakan didalam bangunan untuk memancing kumpulan burung walet berdatangan ke tempat yang sudah disediakan.

Untuk lebih afdol lagi kalian bisa menebarkan air liur walet dan kotorannya. Biasanya proses ini tidak memakan waktu lama.

pantangan-burung-walet

Memberikan Makanan dan Perawatan

Perawatan burung walet tidak begitu sulit sebenarnya, karena mereka bisa mencari makan sendiri. Kumpulan burung walet ini biasanya akan melakukan pembuahan atau perkawinan dan menetaskan

telurnya hanya beberapa minggu saja, untuk menghasilkan walet yang berkualitas kalian tinggal memberikan makanan tambahan yang mengandung protein tinggi seperti kroto, rayap, jangkrik dan serangga yang berprotein tinggi lain.

Supaya mereka betah ditempat itu pastikan mereka jauh dari hama yang mengganggu walet seperti tikus, burung hantu, kadal dan kecoa.

Perkembang Biakan Walet

Walet bisa berkembang biak kapan saja asalkan mereka sudah beradaptasi dengan lingkungan barunya, dan juga pasokan makanan yang berprotein

sudah cukup sehingga mereka bisa menghasilkan liur yang banyak dan sarang yang tebal.

Memanen Sarang dan Liur Walet

Ternak yang baru mulai sampai kalian bisa memanennya biasanya memakan waktu yang lumayan lama, walet-walet dewasa ini akan berkembang biak dan membangun sarang baru siap panen mencapai 4 tahun

Baca Selengkapnya :  Cara Merawat Kacer Setelah Dilombakan

Ketika kalian memanennya pastikan kalian berhati-hati jangan ramai-ramai cukup 1 sampai 2 orang saja. jangan sekaligus kalau banyak lakukan sedikit sedikit sehingga memanen biasanya memakan waktu berbulan-bulan.

Beberapa cara memanen walet yang pertama ketika telur burung sudah menetas kalian mengambil sarangnya tetapi kualias sarang menurun tetapi populasinya terus bertambah.

yang kedua kalian bisa memanen dan meletakan teluar diluar sarang ini menghasilkan hasil sarang walet terbaik tetapi telur walet tadi tidak bisa menetas

sehingga tidak ada pembaruan populasi yang membuat kualias populasi dan hasil panen akan menurun setiap tahunnya.

sarang-burung-walet

Membersihkan Sarang Walet

Ketika kalian selesai memanen pastikan kalian membersihkan kandang walet dari kotoran dan juga sisa makanan supaya terhindar dari hama-hama yang dapat mengganggu burung walet kalian.

Tetapi sisakan sebagian kotoran dan liur walet supaya mereka bisa mengenali tempat tinggal jadi jangan terlalu bersih ya sobat.

itulah tadi beebrapa langkah budidaya burung walet selamat mencoba jika kalian meiliki gedung yang tidak terpakai atau punya tanak yang akan dibangun khusus untuk bangunan burung walet.

Semoga berhasil dan terimakasih sudah membaca artikel dari kami sampai habis.

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari