6 Cara Mendisiplinkan Kucing Peliharaanmu

6 Cara Mendisiplinkan Kucing Peliharaanmu – Kucing merupakan salah satu hewan peliharaan yang mandiri dan keras kepala. Tentunya bagi kalian yang memelihara kucing dirumah sudah tidak kaget lagi dengan salah satu karakter kucing ini.

Terkadang hewan peliharaan yang satu ini kerap mengacak-acak rumah dan juga buang air disembarang tempat bahkan suka mencuri makanan yang bukan makanan khusus untuknya. Untuk menghadapi segala tingkah laku buruk ini tentu

wajib bagi kalian mengajarkan kedisiplinan baginya sehingga dia tidak melakukan hal-hal yang membuat kalian pusing. Untuk kalian yang sedang menghadapi permasalahan ini langsung saja kita ulas informasi selengkapnya.

6 cara mendisiplinkan kucing peliharaan

Inilah 6 Cara Mendisiplinkan Kucing Peliharaanmu

1. Penguatan Positif

Hal pertama yang harus kalian lakukan sebelum mengajari kucing peliharaanmu adalah mencari tahu bagaimana cara terbaik untuk memberi hadiah kepadanya, yang sekiranya hal itu akan ditanggapi dengan baik oleh mereka.

Contohnya, Ada kucing yang termotivasi dengan makanan, maka gunakan menu-menu makanan favorit selama sesi latihan kedisiplinan. Atau mungkin saja kucing peliharaanmu memiliki mainan yang disukai, maka gunakan mainan tersebut sebagai hadiahnya.

Sebab, dengan cara ini kucing kamu akan mulai mengasosiasikan makanan atau mainan khusus ini saat menghilangkan perilaku buruk atau nakal tersebut. dalam mendisiplinkan kucing tentunya diperlukan kesabaran kalian.

2. Hadiahi Perilaku Baik

Ketika kucing kesayangan mu berhenti melakukan perilaku yang tidak kamu sukai, seperti menggaruk sofa kursi di rumah, atau memecahkan barang berharga, maka berikan hadiah kepada mereka. Mungkin bisa dengan memberikan makanan favorit mereka dan tak lupa juga memberikan perhatian dan berikan pujian kepada kucingmu.

Dengan begitu, kucing kamu akan mulai menyadari bahwa hal-hal baik terjadi saat mereka menghentikan perilaku buruk atau saat mereka melakukan tindakan tertentu yang kamu sukai. secara tidak langsung hal baik akan menjadi kebiasaannya.

3. Stop Berikan Perhatian

Ketika kucingmu menunjukanprilaku buruk yang agresif, seperti menggigit atau bermain terlalu kasar, kalian dapat melakukan tindakan dengan menarik perhatian dan diri kamu dari situasi tersebut. Contohnya, memilih berhenti bermain bersama mereka atau membelainya.

Hal ini dapat membuat kucingmu berpikir bahwa kalian tidak menyikai prilaku tersebut, yang akhirnya membuat kucing berhenti melakukan perilaku itu. Sebab, segala bentuk perhatian dari kamu dapat dianggap sebagai ajakan lebih lanjut untuk terus melakukan itu.

4. Pengalihan

Saat kucingmu memulai perilaku yang tidak kamu sukai, kamu bisa mengalihkan perhatian kucing. Misalnya, ketika mereka mulai menggaruk sofa, ambil tongkat bulu atau lempar salah satu mainan kucing, yang akhirnya menarik perhatian kucing dan akan membuatnya melupakan perilaku merusak tadi.

5. Metode untuk Mencegah Perilaku Buruk

Perlu diketahui, bahwa seekor kucing tidak akan merespon dengan baik jika dihukum, jadi ada beberapa trik yang dapat kamu gunakan untuk mencegah perilaku nakalnya. Yakni:

– Aroma

Ada banyak aroma yang tidak disukai kucing, terutama jeruk, dan kamu bisa menyemprotkannya ke area yang menimbulkan masalah bagi kucing. Kucing secara otomatis akan menghindari area tersebut.

– Bungkus kabel

Jika kucingmu memiliki kebiasaan mengunyah kabel listrik, kamu dapat membeli pembungkus kabel yang akan mencegah kucingmu menggigitnya.

6. Tidak menggunakan kekerasan fisik

Hal yang paling penting untuk diperhatikan saat mengajari atau menghindari prilaku buruk yang dilakukan hewan peliharaanmu, jangan sampai melukai mereka secara fisik. Ini karena kucing kamu tidak akan belajar dari kekerasan justru mereka akan merasa takut dan perilakunya mungkin akan memburuk.

Ini juga akan memengaruhi ikatanmu dengan kucingmu. Jadi, jangan pernah memukul atau mengguncang kucingmu, tidak peduli seberapa frustrasi perasaanmu dengan prilaku buruk mereka. Kamu harus tetap menghindari kekerasan.

Baiklah cat lovers dimanapun kalian berada, itulah tadi 6 cara mendisiplinkan kucing peliharaanmu dengan tepat sehingga upaya yang kalian lakukan dapat dengan mudah untuk membuat kucing kesayangan kalian menjadi berprilaku baik tanpa kekerasan tentunya.

Terimakasih sudah bergabung dan meluangkan waktu untuk membaca artikel dari web kami sampai jumpa di postingan artikel lainnya. Kalina juga bisa men share informasi ini ke sosial media kalian yah.

baca juga : 3 Jenis Kucing Berdasarkan Bulunya

Related Posts
Merawat Kucing Somali agar Tetap Sehat
Merawat Kucing Somali

Merawat Kucing Somali - Kucing Somali, dengan bulu panjang dan lebat, adalah salah satu jenis kucing yang paling menarik. Namun, Read more

Raih Popularitas di Twitter dengan Centang Biru dan Banyak Followers! Begini Caranya!
twitter centang biru banyak followers

twitter centang biru banyak followers : Akun Twitter terverifikasi dengan banyak pengikut. Dapatkan informasi terbaru dan menarik dari profil resmi. Read more