anis-merah-macet-bunyi

Tips Mengatasi Anis Merah Macet Bunyi Dijamin Ampuh

Assalamualaikum wr wb, masih bersama kami di blog resmi omkicau.id yang dimana pada kesempatan kali ini om akan memberikan tips mengatasi anis merah macet bunyi agar bisa kembali gacor, ngeplong dan teler pastinya dijamin ampuh.

Dalam memelihara burung anis merah ini memang tergolong hal yang tidak mudah akan tetapi juga tidak terlalu sulit jika temen-temen kicau merawat burung ini dengan tepat, pola rawatan yang diberikan setiap hari / setingan harian burung anis merah ini juga harus perlu diperhatikan, baik pakan, mandi dan penjemurannya.

Para hobiis anis merah (punglor mania) yang banyak mengeluh, kenapa anis merah rawatan nya yang tadinya gacor kemudian mendadak menjadi bisu, macet dan tidak mau berkicau lagi ?.

anis-merah-stress

Sebelumnya anda harus menganalisa terlebih dahulu ?, kenapa si anis merah ini bisa tiba-tiba macet. Apakah telat dalam memberikan pakan dengan jadwal yang sudah biasa dirubah-rubah ?, atukah salah memberikan makanan, yang si anis merah ini tidak menyukai pakan yang anda berikan!. Ada banyak faktor penyebabnya yang bisa membuat burung ini tidak mau berkicau atau macet.

Penyebab burung anis merah macet bunyi dan cara mengatasinya


Karena Sangkar Baru

Jika si anis merah ini sudah terbiasa menggunakan kandang lama pasti harus perlu beradaptasi menempati tempat atau sangkar barunya, butuh waktu pengadaptasian sekitar 1 sampai 2 minggu, lakukan saja perawatan seperti biasanya dan anda harus bersabar.

Dengan kondisi seperti ini anda tidak disarankan terlalu mengutak – atik setingan harian seperti biasanya ya, anda diharuskan lebih sabar dan memberikan waktu adaptasi si burung di sangkar baru tersebut.

Baca Selengkapnya :  Download Kumpulan Suara Kacer Gacor Ngeplong Full Isian Mp3

anis-merah-kaget

Karena Kaget

Yang dimaksud kaget disini burung yang pernah terancam, misalnya masalah pada kadang yang pernah jatuh, ataupun si burung juga pernah di serang oleh predator seperti kucing atau tikus yang dapat membuatnya kaget tentunya.

Burung ini memang agak sedikit jantungan dan mudah kaget ya, jadi anda tidak boleh sembarangan meletakkan sangkarnya sembarangan yang dapat membuat burung menjadi down mental.

Dengan kondisi kaget seperti ini, maka hal yang perlu anda lakukan berhubungan dengan pola rawatan agar si mental bisa cepat pulih kembali :

  1. Rutin di embun setiap pagi hari sekitar pukul : 05.00 WIB, kandang burung anis merah digantung di tempat yang terbuka diluar rumah.
  2. Sekitar pukul : 07.00 WIB burung dimandikan dengan cara di semprot dengan air menggunakan sprayer secara halus ya sampai membasahi semua bulunya sampai rata. Namun jika si burung anis merahi ini sudah terbiasa mandi di keramba malah lebih bagus, masukan saja dikeramba dan biarkan burung mandi sendiri sampai puas, kurang lebih sekitar 15 menit angkat kembali dan masukan ke kandang harian biasanya. Dan jangan lupa kotoran sangkar juga dibersihkan, setalah itu cukup berikan 2 ekor jangkrik dan kroto bersih dan segar 1 sendok makan saja.
  3. Setelah sangkar bersih, dan bulu anis merah sudah terlihat kerin baru boleh dijemur, akan tetapi jangan terlalu lama menjemur burung yang sedang kondisi stress ini, cukup hanya 30 menitan saja, kemudian diangin-anginkan di depat teras yang sunyi. Sekitar pukul 10 siang baru di kerodong dan kandang burung diletkkan di posisi yang tenang dan nyaman, perdengarkan suara gemericik air asli, diatas kolam ikan yang terdengar suara air yang mengalir, ataupun dari keran bak kamar mandi juga bisa.
  4. Ketika menjelang sore hari sekitar pukul 16.00 WIB masukkan anis merah ke karamba untuk mandi lagi, kemudian berikan lagi 2 ekor jangkrik. di anginkan kembali anis merah di teras rumah sampai kering, dan pada pukul : 20.00 WIB malam hari boleh dimandikan lagi jika mau, dan tidak dipaksakan, intinya pemandian sehari bisa 3 kali ya. Setalah mandi diberikan lagi 2 ekor jangkrik, dan burung dikerodong kembali sekitar pukul 22.00 WIB, biarkan beristirahat agar cepat pulih, dan ke esokan harinya begitu terus pola rawatan jika kondisinya masih terlihat stres karena kaget. Lakukan cara ini selama kurun waktu 1 sampai 2 minggu dan lihat perubahan hasilnya.
Baca Selengkapnya :  Inilah Keistimewaan Lovebird Olive Yang Perlu Kalian Ketahui

Karena Sakit

Burung yang sedang mengalami kondisi tidak FIT atau sedang sakit rata-rata tidak mau berkicau atau macet bunyi ini sudah wajar, karena tubuh yang dirasakan sedang tidak enak, lesu, lemas, malas dan kurang bergairah.

Apabila anis merah sedang sakit amati, penyakitnya seperti apa kenapa ?. Biasa pada umumnya, burung yang terlihat lesu akan tetapi makan lahap rakus dan badan terlihat kurus, ini bisa disebabkan burung terkena cacingan, atau nyilet. Cepat segara tangani dan berikanlah obat cacing khusus burung yang banyak dijual di kios terdekat.

Karena sangat bahaya jika burung yang sudah terkena penyakit ini, dalam kurun waktu 2 sampai 3 minggu jika tidak di obati dengan cepat maka burung bisa mengalami kelumpuhan mendadak dan bisa mati.

Karena Kondisi Mabung Dan Pasaca Mabung

Setiap jenis burung kicauan yang sedang mengalami proses mabung ataupun setelah pasca mabung memang kebanyakan burung macet bunyi, khususnya pada jenis anis merah ini.

anis-merah-mabung

Jadi anda tidak perlu khawatir, lakukanlah perawatan mabung untuk anis merah ini secara tepat , konsisten pada rawatan harian setelah pasca mabung, dan biasanya untuk masa pemulihan setelah burung sehabis mabung ini sekitar 2 sampai 3 bulan. Anda harus bersabar intinya.

Apabila diamati karakteristik anis merah, yang dapat menyebabkan anis merah ini bisa macet bunyi adalah karena kondisinya yang stress. Karena jenis burung yang satu ini memiliki tingkat stress yang sangat tinggi. Baik karena kaget atau karena pindah sangkar, salah pola rawatan pemberian pakan juga bisa, mandi tidak teratur dan penjemuran yang terlalu lama.

Kita anggap si burng ini stress ya, yang kita ambil umumnya saja cara mengembalikan kondisi mental dan fisik agar si anis merah bisa pulih kembali gacor seperti biasa.

Baca Selengkapnya :  Cara Merawat Burung Gelatik Agar Rajin Berkicau

Jika dengan kondisi seperti ini anda sebagai pemilik kurang tanggap, dan cepat menangani permasalahan macet bunyi pada burung anis merah anda, maka sangat berpengaruh kepada mental yang semakin drop dan nantinya bisa sangat sulit dan lama untuk memulihkan kegacorannya.

Agar lebih maksimal dan mempercepat pemulihan kondisi si burung anis merah yang macet ini, ada baiknya sesering mungkin untuk diperdengarkan suara terapi audio mp3 khusus untuk anis merah yang macet bunyi, bisa anda download dibawah ini :

Suara Terapi Anis Merah Macet Bunyi

Link | Download

Demikian tips mengatasi anis merah macet bunyi dari om kicau sesuai pengalaman pribadi dan dari para pemain punglor anis merah mania yang dapat anda jadikan sebagai parameter dan tolak ukur merawat burung anis merah ini dengan baik agar cepat gacor kembali. Somoga bermanfaat.

Baca juga : Ciri Burung Anis Merah