Perawatan Pleci Mabung Agar Cepat Selesai

Diposting pada

Jangan Lupe ! . . Di Share Ye ?.

Nah dikesempatan kali ini kami akan berbagi tips dan pengalaman bagaimana cara memberikan perawatan pleci mabung om kicau yang tepat supaya cepat tuntas dijamin 100% anti gagal ya temen-temen.

Banyak dari para pleman nusantara yang menanyakan tentang pola perawatan pleci mabung yang benar agar hasil nantinya lebih maksimal setelah beres mabung ?. Khusus bagi para pemula tentu harus wajib mengetahuinya ya, terlebih jika ingin mencetak burung pleci ini yang tujuannya untuk sebagai burung kontes / lapangan.

Oke tanpa banyak basa-basi lagi yuk langsung aja kita ulas ke topik bahasannya seputar perawatan pleci mabung :

Cara Perawatan Burung Pleci Mabung


Ciri Ciri Pleci Mabung

Mabung atau istilah bahasa ilmiahnya adalah moulting yang dimana proses ini terjadi secara alami dan pasti dilewati oleh setiap jenis burung termasuk jenis burung pleci ini ya, saat dimana burung pleci sobat semua ketika memasuki masa mabung ini tentu kebanyakan sering membuat stres para pleci mania yang dimana saat terjadinya fase mabung ini ketika mendekati perlombaan kicau burung pleci misalnya.

cara-perawatan-burung-pleci-mabung

Maka dari itu kita harus mengetahui terlebih dulu ya bagaimana itu ciri-ciri burung pleci yang ingin mau mabung ?. Lalu ada juga dari pertanyaan temen-temen, berapa lama waktu normalnya jika pleci kita itu mengalami / melewati masa mabungnya ?.

Nah untuk proses mabung itu sendiri paling lama sekitar antara 1 atau 1 setengah bulan lebih dari itu burung anda perlu dipelajari lagi apakah sedang mengalami masalah dalam perawatannya,

Baca Selengkapnya :  Mengenal Ciri Kenari Merah Beserta Harga Jual Di Pasaran

oke kondisi dan ciri-ciri burung pleci ini yang sedang atau mau mabung yaitu, sering mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan ya, tentu sering terpantau banyak sekali burung ini mengkonsumsi air minum dan yang kedua kondisi burung cenderung malas bunyi, terlihat lesu seperti burung sakit seperti sedang kedinginan dan juga banyak bulu yang rontok baik itu bulu halus atau bulu besar ya temen-temen.

Nah dengan kondisi burung yang seperti ini sebaiknya segera mungkin untuk kalian lakukan pola rawatan mabung yang benar ya, tidak disarankan untuk memaksakan burung untuk dibawa ke gantangan, karena nanti yang ada malahan si burung bisa tambah stres dan mentalnya mudah drop.

Perawatan Harian Pleci Mabung

Perlu diketahui untuk merawat pleci yang sedang mabung sebenarnya sangat mudah dan praktis hal yang paling penting adalah kita harus mampu memenuhi kebutuhan nutrisi tercukupi selama burung mabung,

ada beberapa perawatan saat burung pleci mabung yang perlu diketahui yaitu perawatan mabung ini secara umum yang pertama mempersembahkan pakan yang tepat untuk pemberian pakan pleci yang sedang mabung kalian bisa berikan voer yang memiliki kualitas yang cukup tinggi usahakan dan wajib anda mengganti setiap hari agar kualitas rasa dan aroma kesegarannya tetap terjaga,

Untuk perawatan penjemuran dan pemandian itu diusahakan dalam satu minggu hanya dilakukan 2 atau 3 kali atau mengurangi porsi mandi dan penjemuran seperti setingan biasa sebelum dimana burung pleci kalian tidak saat mabung ya,

Lalu berikan juga multivitamin sebagai penjaga daya tahan tubuh si pleci, nau vitamin untuk pleci mabung biasa saya menggunakan seperti BNR VIT, Ebod VIT, Biojanna namun jika kalian memiliki rekomendasi sendiri dan sudah terbiasa memberikan merk lain untuk burung pleci kalian tidak masalah ya.

Baca Selengkapnya :  Ciri Burung Kutilang Emas (Makanan, Mitos, Dan Suara)

perawatan-harian-pleci-mabung

Untuk minumannya saya menggunakan minuman rasa buah yang kemudian saya beri vitamin untuk mempercepat pertumbuhan burung pleci dan untuk ekstra puding yang selanjutnya saya menggunakan buah pisang yang bisa dilakukan menggunakan buah-buahan yang lain seperti pepaya, timun, sawo, anggur dan buah jeruk, selain buah-buahan kroto untuk pleci mabung juga sangat baik di kasih maksimal 1 kali dalam 1 minggu saja berikan secukupnya.

Lakukan rawatan yang sudah dijelaskan diatas secara konsisten dalam jangka waktu kurang lebih selama sebulan ya, agar bisa mendapatkan hasil yang memuaskan nantinya.

Demikianlah tips dari kami tentang perawatan burung pleci mabung yang bisa kalian coba terapkan dirumah, semoga kiranya dapat bermanfaat bagi temen-temen pleci mania, terima kasih.

baca juga : cara memilih pleci ombyokan yang bagus dan jantan

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari