perawatan-burung-sirtu

Tips Perawatan Burung Sirtu Agar Cepat Gacor

pada kesempatan kali akan memberikan tips perawatan burung sirtu harian supaya lekas gacor. Ada beberapa komentar dari temen-temen yang masih pemula, dan masih bingung bagaimana cara merawat burung yang satu ini !. Penasaran Yuk simak ulasan selengkapnya dibawah ini :

Trik Sederhana Merawat Harian Burung Sirtu Supaya Rajin Berkicau


Burung cito, ataupun sering- kali diucap cipo, sirpu, serta sirtu, memiliki suara kicauan yang mengalun. Suara kicauan burung ini dapat dibilang amat khas, bila diamati dengan seksama. Pada setiap wilayah sendiri burung ini memiliki berbagai julukan panggilan.

Wujud fisik dari burung ini nyaris serupa dengan burung kacer kecil ataupun decu. Akan tapi rupanya saja yang berlainan. Bila burung decu memiliki corak hitam ataupun gelap, sebaliknya burung sirtu mempunyai modifikasi corak putih pada dekat sayap dengan corak burung kuning kehijauan.

Untuk habitat sirtu itu sendiri penyerbarannya dapat di temui di asia tenggara, serta buat di Indonesia itu sendiri, burung sirtu dapat di temui di Kalimantan serta jawa. Burung sirtu mempunyai sifat yang gampang menyesuaikan diri serta gampang pula berkawan dengan khalayak, oleh sebab itu banyak penggemar burung yang senang merawat burung ini disamping buat pemeliharaannya gampang harga burung sirtu ini sangat terjangkau.

burung-sirtu-jantan-gacor

Walaupun burung sirtu gampang buat di jaga, jika dalam merawatnya tidak pas pastinya bakal memperoleh hasil yang kurang optimal, alhasil burung sirtu ini akan macet bunyi.

Kebersihan kandang

Kandang ialah tempat yang wajib dibersihkan supaya membuat kandang bersih dari kotoran yang menumpuk serta pula sisa pakan yang jatuh ke kandang buat menjauhi banyaknya bakteri ataupun kuman terletak pada kandang burung.

Baca Selengkapnya :  5 Jenis Burung Mahal Yang Ada Di Indonesia Tahun 2020

Memandikan serta Menjemur Burung Sirtu

Tidak hanya membersikan kandang, dengan membasuh burung sirtu bisa membuat bakteri yang melekat pada burung itu dapat lenyap serta membuat bulunya nampak bersih serta apik. Serta pastinya bisa membuat burung jadi fresh fit.

Buat pemeliharaan setiap hari dapat dicoba dengan proese pemandian burung sirtu, membersihkan kandang burung sirtu dan penjemuran. Buat cara pemandian burung sirtu dapat dicoba pada dikala jam 7 ataupun jam 9 pagi supaya esoknya dapat fresh serta dapat lansung di jemur di dasar mentari pagi hari.

Sehabis burung dimandikan terkini bisa dijemur dengan lama kurang lebih 60 hingga 90 menitan, janganlah begitu lama buat penjemuran burung yang satu ini, sebab dikhawatirkan bulu- bulunya bisa gampang sekali rontok dan cepat rusak bila menerapkan penjemuran sangat lama.

Berikan Pakan Setiap hari Serta Multivitamin

Pakan bermutu ialah perihal yang berarti buat di kasih, tidak hanya bisa buatnya jadi segar, dengan pemberian pakan buat buat mendesak suara kicauan bisa di keluarkan oleh burung itu sendiri.

Santapan yang bagus pastinya komplit dengan Gizinya, semacam serat, Vit, protein, karbohidrat serta pula nutrisi yang lain. Ada pula pakan yang dapat dikasihkan pada burng sirtu berupa voer kasar, pilihlah jenis voer untuk burung kicau pemakan serangga, contoh merk vor yang sering digunakan adalah : topsong, fancy gold ataupun jenis lainnya.

gambar-sirtu-betina

Berikanlah jenis voer yang paling disukai dan amati dari kotorannya, jika kering dan tidak mencret / basah, berarti voer yang diberikan sudah cocok untuk burung ini.

Pemberian santapan ekstra buat burung sangatlah dibutuhkan untuk menunjang asupan seperti halnya mereka tinggal di alam liar, berikan pakan tambahan untuk burung sirtu ini berbentuk kroto, ulat kandang, hongkong ataupun jangkrik, untuk takaran harian EF nya cukup berikan 3 ekor jangkrik (2 ekor dipagi hari serta 1 ekor di sore harinya), ulat hongnkong / ulat kandang cukup 1 minggu sekali 3 – 5 ekor saja. Namun jangan lupa harus memberikannya multi vitamin cair yang dicampurkan ke air minumnya minimal 1 minggu sekali, atau lebih baiknya disesuaikan dengan anjuran pakai dari jenis merk vitamin yang anda gunakan.

Baca Selengkapnya :  Mengenal Ciri Burung Pai Ling Beserta Harganya

Pemasteran Teratur Tiap Hari

Tiap burung kicauan umumnya melaksanakan pemasteran buat lebih tingkatkan mutu serta macam macam kicauan dari suara burung sirtu itu sendiri. Dengan metode ini ialah salah satu bentuk rawatan yang harus dilakukan.

Dengan melaksanakan pemasteran tiap hari dapat melatih kecerdasan sirtu agar dapat menghasilkan suara materi dari masteran yang diberikan secara konsisten dapat dicoba memakai tata cara suara MP3 pastikan ketika burung sedang dimaster haruslah dikerodong dan tepatnya pada malam hari ketika burung sedang beristirahat, untuk lebih maksimalnya lagi saat pemasteran ketika burung sedang mengalami masa mabungnya ataupun dapat disandingkan dengan burung ocehan asli yang lain.

Banyak para pecinta burung kicau menyebutnya cipew, sirpu, serta cipo, yang dimana merupakan salah satu burung yang memiliki sifat sosial ataupun burung koloni. Dalam sebagian perihal, buat cirinya mendekati dengan burung pleci yang pula tercantum burung koloni. Salah satu karakteristik khas burung koloni ialah tiap pribadi burung membutuhkan sahabat buat memicu ia biar ingin giat bersuara.

Demikian tips cara memberikan perawatan burung sirtu setiap harinya, lakukan secara telaten dan konsisten yang nantinya akan mendapatkan hasil yang paten. Semoga dapat bermanfaat.

Baca juga : Harga Burung Sirtu Beserta Gambar Dan Suara Kicauannya