perawatan-burung-perkutut

Tips Perawatan Burung Perkutut Agar Rajin Bunyi

Apa kabarnya sobat kicau mania semua, pada episode kali ini Om Kicau akan kembali membagikan tips bagaimana perawatan burung perkutut agar cepat gacor hariannya, siapa yang tidak kenal dan jangan menyepelekan burung yang satu ini, karena sejarahnya burung perkutut inilah yang sering dirawat oleh para leluhur dan orang tua kita sebelum anda menyukai hobi burung kicauan.

Di daerah pulau jawa tentunya masih banyak sekali orang-orang tua yang sangat senang memelihara burung perkutut ini, dan seiring perubahan jaman tidak memandang tua dan muda saat ini, juga tergolong masih banyak generasi muda yang meneruskan budaya ini. Namun dari beberapa hobiis pemula terkadang masih banyak yang bingung bagaimana cara memberikan pola rawatan yang tepat untuk burung perkutut agar bisa rajin berkicau setiap hari. Penasaran Yuk simak pemaparan selengkapnya dibawah ini :

Trik Mudah Memelihara Burung Perkutut Agar Cepat Gacor


Dalam merawat ataupun cara mengurus perkutut haruslah mengetahui beberapa penilaian yang wajib di jalani teratur untuk menciptakan burung perkutu yang fit, gacor serta mempunyai suara yang bermutu bagus pastinya.

gambar-burung-perkutut-lokal

Aspek Lingkungan

Salah satu faktor awal dalam menjaga burung yang satu ini, kamu wajib melindungi suasana serta suasana yang baik buat burungpun butuh di cermati untuk membuat sang burung aman.

Umumnya jika suasana yang kurang bagus ataupun kurang bersahabat hendak membuat sang burung stress serta macet berkicau. Yang lebih gawatnya lagi hendak mengganggu psikolog burung yang bisa susah buat dipulihkan bila tidak ditangani dengan cepat serta tepat.

Baca Selengkapnya :  Ciri Burung Murai Batu Medan Prospekan Trah Juara

Kebersihan Kandang

Bicara masalah kenyaman, kita bagaikan pemelihara wajib lebih ekstra buat memeriksa serta mensterilkan kandang burung perkutut ini, mengapa begitu?. Sebab perihal ini sesungguhnya amatlah berarti untuk sang burung perkutut ini, sebab kebersihan serta kenyamanan kandang merupakan perihal yang wajib harus kita jalani.

Tidak cuma orang saja yang hendak suka bila rumahnya bersih, burung juga bila rumahnya ataupun sangkarnya bersih hendak membuat burung aman bermukim di dalam kandang. Tidak hanya itu pula melindungi kebersihan kandang burung bakal melindungi burung kita terbebas dari sebagian penyakit yang hendak mematikan sang burung serta pula pemilik burung. Mensterilkan kandang wajib teratur tiap hari supaya memperoleh hasil yang lebih maksimal dalam pemeliharaannya.

Memandikan Serta Menjemur

Burung Perkutut wajib dimandikan dengan cara teratur supaya bulunya berkilat serta tidak berkutu. Metode memandikannya ialah memakai semprotan ataupun spray dengan lubang yang sangat lembut. Setelah burung selesai dimandikan baru boleh burung dijemur sekitar 1 sampai 2 jam saja setiap harinya.

Pemberian Pakan Setiap hari Serta Multivitamin

Burung perkutut ialah salah satu burung pemakan biji- bijian yang masuk dalam kaum Columbidae, dari genus Geopelia. Burung ini mempunyai sebagian identitas semacam badan yang langsing serta kecil dengan dimensi maximal 21 centimeter dengan corak dari kepala hingga leher bercorak abu- abu.

Burung perkutut dapat diserahkan santapan burung berprotein besar dari pabrik ataupun makanan yang diracik sendiri. Santapan racikan umumnya terdiri dari kombinasi jewawut, milet, serta biji godem. Tidak hanya itu, kombinasi lain yang kerap dipakai ialah tumbukan beras merah, ketan gelap, serta jagung.

Tidak hanya pakan, minuman juga butuh di bagikan yang terbaik untuk sang burung. Bagikan minuman di tempatnya yang di letakkan di dalam kandang supaya kala dahaga burung dapat minum, sebab burung perkutut umumnya burung yang lumayan memerlukan air dalam tiap harinya,

Baca Selengkapnya :  Burung Perkutut

Bagikan multivitamin pada burung perkutut supaya hormon testosteronnya bertambah. Bila hormon testosteronnya bertambah, burung hendak terus menjadi gacor, mempunyai energi kuat badan yang kokoh, serta kuat psikologis dikala dipertandingkan.

perkutut-jambul

Kasih Pakan Penunjang( Extra Fooding)

Nyaris serupa dengan multivitamin atau pakan yang lain pemberian extrafood hewani: semacam larva hongkong, minyak ikan serta pula kroto dapat di bagikan pada burung perkutut supaya burung tidak sangat jenuh dengan santapan pokoknya. Tidak hanya itu pula pemberian extra food ini, terdapat 2 tipe EF hewani serta nabati.

Buat pangkal protein hewani yang dapat di bagikan sepekan sekali pada burung perkutut kita. Tetapi buat tipe yang EF yang nabati dapat kamu bagikan semacam biji kacang hijau, serta kencur supaya melindungi imunitas badan sang burung itu supaya senantiasa FIT serta sehat selalu.

Bagikan Suara Masteran Burung

Hampir serupa dengan sebagian tipe burung yang lain, dalam jenjang melaksanakan mastering disini merupakan memancing burung perkutut kita supaya ingin bersuara mengikuti suara yang lain.

Triknya cukup putar mp3 suara burung perkutut ataupun burung lainyya supaya memancing burung perkutut ingin bersuara. Umumnya metode ini efisien buat menolong burung yang susah suara. Pemasteran ini harus dicoba dengan cara konsisten tiap harinya dengan volume suara yang sedang saja, janganlah sangat besar serta pula janganlah sangat kekecilan ya.

Burung perkutut mempunyai lama latin Geopelia sriata. Walaupun sesungguhnya burung perkutut terdiri dari beraneka ragam tipe genus, namun di golongan para peminat burung ada 2 kategori besar ialah burung perkutut lokal serta burung perkutut bangkok.

Burung perkutut lokal banyak disukai sebab diyakini mempunyai“ daya lebih” buat pemiliknya semacam dipaparkan di atas, sebaliknya burung perkutut bangkok lebih digemari sebab kicauannya.

Baca Selengkapnya :  9 Jenis Burung Cucak Yang Ada Di Indonesia

Tidak banyak orang yang merawat burung jenis ini selaku burung kicau sebab suara kicauannya yang konstan. Walaupun begitu, mitos dari burung perkutut lokal diyakini bisa membagikan keberhasilan, ketenangan, serta kenyamanan hidup untuk pemiliknya. Perihal inilah yang membuat perkutut senantiasa mempunyai daya tarik tertentu untuk para penggemar burung.

Demikian info yang dapat kami berikan seputar  perawatan burung perkutut , yang kiranya dapat menambah wawasan temen kicau semuanya, semoga dapat bermanfaat.