perawatan-burung-kapas-tembak

Cara Mudah Perawatan Burung Kapas Tembak Agar Cepat Gacor

perawatan burung kapas tembak – Halo sobat kicau semua, salam satu hobi. Pada kesempatan kali ini situs resmi omkicau.id akan memberikan informasi seputar burung kapas tembak berikut cara memberikan perawatan yang baik dan benar agar bisa gacor dan buka ekor.

Kapas tembak ini termasuk jenis burung kapasan dan masih bersaudara dengan cucak jenggot karena bentuknya hampir mirip dan serupa, namun tentunya berbeda jika diperhatikan dengan seksama, baik dari penampilan, fisik serta karakter suara lagu yang dibawakannya dengan keistimewaan yang memiliki keunggulan masing-masing.

Trik sederhana pemeliharaan burung kapas tembak yang tepat


Sebelum tren burung ini menanjak kepopulerannya, burung kapas tembak ini sangat banyak di alam liar dan tidak jarang menarik perhatian banyak orang untuk memikat dan memiliki untuk dirawat sebagai burung peliharaan.

Namun ketika salah satu para hobiis yang mencoba untuk merawat burung ini dengan baik dan tepat serta mampu menemukan titik birahi yang baik dan mampu menggacorkan burung tersebut selayaknya burung aduan kicau pada umumnya, baru disinilah namanya mencuat dan melambung tinggi dan banyak dicari oleh para hobiis kicau mania.

perawatan-kapas-tembak-buka-ekor

Yang dimana dalam perlombaan burung kicauan, seperti murai batu ataupun kacer jika ada yang membawakan lagu materi isian burung kapas tembak ini akan mendapatkan point yang cukup tinggi dan dinilai oleh juri. namun dapat juga dijadikan sebagai burung gacoan prestasi untuk dilatih digantangan baik latberan, latpres sampai ke kontes besar sekalipun.

Pemberian pakan yang berkualitas

Untuk jenis burung seperti kapas tembak ini menyukai makanan buah-buahan dan serangga, cukup simpel dan mudah dalam mencari kebutuhan asupan burung tersebut, setiap hari bisa anda memberikannya buah pepaya yang sudah matang, karena manfaat buah pepaya untuk burung kapas tembak sangatlah baik jika rutin diberikan setiap harinya.

Baca Selengkapnya :  Cara Mudah Menjinakkan Burung Gelatik Yang Giras Dijamin Ampuh

Sediakan juga voer di wadah khusus di dalam sangkarnya, untuk mengantisipasi dan membiasakan burung agar mau makan voer malah lebih bagus untuk melengkapi asupan gizi yang dibutuhkannya, merk voer untuk kapas tembak yang sering banyak digunakan. Biasanya saya menggunakan voer topsong yang berwarna kuning atau coklat. Ada baiknya berikan voer merk apapun asalkan burung doyan dan mau makan itu saja sudah cukup.

Berikan jangkrik pagi 2 ekor dan sore 1 ekor saja, kroto cukup 1 minggu 1 kali saja. Berikan kroto dalam kondisi yang bersih dan masih segar untuk burung kapas tembak ini. Tidak disarankan memberikan kroto yang sudah bau atau sudah pengen basi.

Khusus untuk burung lapangan, ada tambahan pakan racikan untuk kapas tembak yang harus anda sediakan sebelum digantang / diikut sertakan dalam arena kontes, cara meraciknya anda bisa menggunakan telur bebek kuningnya saja yang di campur dengan kroto segar 1 sendok makan, di campur dengan jangkrik 3 ekor di aduk rata dan disajikan di dalam satu wadah cepuk khusus, diberikannya pada H-1 atau satu hari sebelum burung ini di lombakan.

kapas-tembak-gacor

Mandi dan jemur

Mandikan secara teratur setiap harinya, waktu yang baik untuk memandikan burung kapas tembak ini pada pagi hari sekitar pukul : 08.00 WIB, cara memandikannya cukup disemprot halus saja hingga merata membasahi semua bulu – bulu agar lebih segar dan sehat, kemudian bersihkan kotoran kandang wajib setiap hari.

Setelah burung selesai dimandikan, kandang burung juga sudah dibersihkan dari kotorannya, baru ketahap penjemuran burung, jemurlah sampai pukul 10.00 WIB jangan melewatinya. Karena penjemuran diatas jam segiut sudah kurang baik untuk burung kapas tembak tersebut. lama penjemuran kapas tembak cukup 1 jam saja setiap harinya.

Baca Selengkapnya :  Mengenal Keunikan Burung Rio Rio Salah Satu Jenis Jalak - Jalakan

Pengkerodongan dan Pemasteran

Dalam melakukan kerodong kandang burung kapas tembak ini, boleh digunakan setiap hari diwaktu sore menjelang malam hari, agar burung kapas tembak ini dapat beristirahat dengan tenang.

Agar lebih maksimal saat burung dikerodong inilah waktu yang tepat untuk memaster burung kapas tembak menggunakan suara audio mp3 burung ocehan kicau lainnya, agar dapat menambahkan variasi suara yang dihasilkannya nanti, panteng suara masteran sampai pagi ke esokan harinya.

Demikian informasi cara merawat kapas tembak untuk lomba ataupun untuk hariannya, yang kiranya dapat menambah wawasan sobat kicau semuanya. Semoga bermanfaat.

Baca juga : Harga Burung Kapas Tembak Terbaru, Beserta Suara Khasnya