perawatan-burung-cendet

Tips Perawatan Burung Cendet Agar Gacor Setiap Hari

Halo sobat kicau mania semuanya, masih bersama situs resmi omkicau kali ini, akan berbagi tips bagaimana cara memberikan perawatan burung cendet hariannya dari pagi sampai sore hari.

Burung cendet atau lebih akrabnya sering disebut dengan pentet ini merupakan jenis burung yang memiliki agresif dan mental yang sangat baik, serta suara khas yang bervariasi sangat pintar untuk menirukan suara isian jenis burung ocehan lainnya, dengan irama lagu yang dibawakannya ngerol rapat, berjedah berputar nada kicauannya jika sudah gacor bocor.

Namun ada beberapa sobat kicau yang masih bingung cara memberikan perawatan harian yang tepat untuk jenis burung ini, agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal dan bisa mencapai titik birahi si burung agar bisa gacor siang malam!. Penasaran yuk langsung aja cek info selengkapnya dibawah ini untuk cara merawat burung pentet :

Cara Mudah Perawatan Harian Burung Cendet Untuk Pemula


Cara Memandikan

Langkah awal, setiap dipagi hari anda harus rajin memandikannya sekitar pukul : 06.30 – 7.00 WIB dengan cara meletakkan sangkarnya dibawah, lalu kemudian burung disemprot secara halus mengguanakan spray sampai membasahi bulu burung tersebut sampai merata.

gambar-burung-pentet

Pemandian untuk setiap jenis burung sangatlah baik untuk lebih menstabilkan atau meredam birahi yang berlebih dan dapat menyegarkan badan untuk lebih fresh terhindar dari berbagai macam penyakit, parasit kutu / tungau yang dapat menggangu burung untuk dapat berkicau.

Kebersihan Sangkar

Dalam hal menjaga kebersihan kandang ataupun sangkar burung cendet ini juga harus perlu diperhatikan setiap harinya, setelah sehabis dimandikan jangan lupa pada alas dasar sangkar penampung kotorannya juga harus dibersihkan setiap hari. Agar bertujuan udara segar didalam sangkar selalu tetap terjaga, burung nyaman berada di sangkarnya.

Baca Selengkapnya :  Tips Mudah Perawatan Anis Merah Supaya Teler Gacor Ngeplong

Pemberian Extrafooding (EF)

Berikanlah jangkrik untuk takaran porsinya bisa anda tentukan sendiri yang disesuaikan dengan kebutuhan si burung cendet, pada umumnya bisa saya memberikannya di waktu pagi sebanyak 5 – 7 ekor maksimalnya, ingat kaki jangkrik sebelum diberikan harus dibuang terlebih dahulu, akan tetapi kepala jangkriknya biarkan saja, karena kepala jangkrik rasanya sangat renyah dan gurih bagi burung cendet.

Karena jangkrik ini merupakan pakan EF yang utama hariannya bagi burung cendet maka anda wajib mengolah jangkrik itu sendiri agar sehat dan berkualitas baik untuk diberikan kepada burung tersebut, misalnya pada wadah penampunangan jangkrik anda juga harus menyediakan pakan yang baik untuk dikonsumsi oleh jangkrik berupa sayuran sawi hijau, daun singkong, atau juga dapat diberikan jagung manis muda.

Jadi intinya jangkrik juga butuh asupan agar badannya tidak kepet atau kempes, jika jangkrik tidak diberikan makanan, maka akan memakan kotorannya sendiri ataupun memakan gabus kardus bekas telur, maka jangkrik yang tidak dirawat efeknya kurang bagus jika diberikan kepada burung kicauan khususnya burung cendet ini.

Pemberian jangkrik ini bertujuan untuk melengkapi gizi protein yang baik untuk burung cendet, maka anda harus rutin memberikanya setiap hari dengan porsi yang tidak dirubah-ubah, misalnya sudah biasa diberikan pagi 5 dan sore 4 ekor maka harus konsisten jangan menaikan atau menurunkan jumlah ekor jangkrik hariannya.

Penjemuran

Setelah anda memberikan jangkrik, langsung saja menjemur burung pada pukkul : 07.00 WIB yang dimana si burung tersebut harus secara langsung terpapar sinar matahari pagi yang sangat baik untuk kesehatan tubuhnya.

penjemuran-burung-cendet

Lamanya penjemuran bisa disesauikan dengan setelan harian anda sendiri ya, misalkan anda membiasakannya sekitar 1 – 2 jam, ya harus konsisten dalam menjemur dengan durasi yang telah anda tentukan. Jika penjemuran burung tidak konsisten maka sangat berpengaruh terhadap naik turunnya birahi pada burung cendet itu sendiri.

Baca Selengkapnya :  6 Cara Perawatan Burung Parkit Agar Sehat Dan Gacor

Pengkrodongan Dan Pemasteran

Setelah penjemuran dilakukan, sebaiknya burung ditaruh ditempat yang teduh dan dianginkan terlebih dahulu sekitar 30 menitan, agar burung bisa menghirup udara segar dan menstabilkan kembali suhu pada tubuhnya.

Jika sudah terlihat burung cendet ini tidak gelisah dan tenan, baru boleh kandang dikerodong dan biarkan burung beristirahat sampai sore harinya. Gunakan bahan kerodong yang tidak tembus pandang atau transparan.

Ketika burung sudah diekorodong masukan kedalam rumah atau ditempatkan di ruangan khusus untuk penempatan sangkar burung pentet tersebut sembari di dengarkan suara masteran audio mp3 burung ocehan lainnya, sampai sore hari. Jika temen-temen memiliki burung cendet lebih dari satu, maka jauhkan dan jangan di satukan di dalam satu tempat atau ruangan yang sama.

Dan jika sudah waktu tiba sore hari sekitar pukul : 17.00 WIB baru kemali dibuka kerodongnya dan burung dikeluarkan diangin-anginkan serta diberikan EF jangkrik kembali sebanyak 4 ekor dan atau dengan takaran anda masing-masing.

Lakukan secara rutin setiap harinya, agar burung cendet anda terbiasa dengan pola rawatan harian yang anda berikan dengan tepat, dan mudah gacor dimana pun dan kapan pun dengan memiliki suara isian yang full variasi. Semoga dapat menjadi acuan dan dapat bermanfaat bagi temen-temen cendetters mania semua. Terima kasih.

Baca juga : Suara Burung Cendet Beserta Makanan yang Disukainya