setingan-murai-batu

Cara Mencari Settingan Lomba Murai Batu Yang Tepat

Masih bersama situs resmi OmKicau.ID yang diamana pada episod kali ini om akan memberikan tips bagaiamana cara mencari settingan lomba murai batu yang tepat dan aman, untuk anda terapkan dan praktekan langsung untuk murai gacoan anda, agar mendapatkan hasil durasi kerja yang maksimal dan bisa mendapatkan prestasi tentunya.

Pada era tahun 90an memang tidak jarang orang yang memiliki dan merawat murai batu dengan begitu telaten dan penuh setingan, hanya saja para senior yang hanya sekedar hobi dalam merawat burung kicau, yang dimana para penghobi burung murai di era tersebut masih didominasi oleh orang-orang tua, dan jarang sekali yang para pemuda yang menyukai hobi burung kicau.

Dengan seiring berjalannya waktu yang berubah dari jaman ke jaman barulah mulai merambah kepada event acara kontes besar yang digelar untuk lomba burung kicau, dan para peserta burung murai cukup menyambut dengan antusias dan meramaikan nomor gantangan, baik yang muda maupun yang tua sudah mulai banyak yang menyukai hobi burung khususnya jenis murai batu ini.

Tips mengetahui setelan yang pas murai batu

Bagaimana caranya untuk kita bisa mengetahui setelan yang tepat untuk burung murai kita ?. Anda tidak perlu bingung, dari pola rawatan harian selama ini yang anda berikan sudah mencakupi setingan harian yang dapat berpengaruh besar kepada penampilan burung saat di trek. Fokus pada 2 kondisi yaitu setingan harian yang tepat dan kondisi saat burung itu dilapangan.

Baca Selengkapnya :  Ciri Dan Karakter Lovebird Lutino Prospek Kualitas Terbaik

gambar-burung-murai

Peberian pakan

EF (Extrafooding) yang sangat baik dan aman untuk mencari setingan burung murai cukup 2 jenis saja : jangkrik dan kroto, memang ada juga karakter yang berbeda dengan menyeting burung untuk lomba dengan menggunakan jenis ef lainnya, menurut pengalaman hobiis murai mania.

Memang jika anda terlalu berlebihan dalam memberikan takaran jangkrik untuk murai batu burung murai batu anda ketika ditrek akan ngelowo, karena terlalu over birahi. Namanya juga eksperimen serta penelitian berdasarkan analisa dan filing anda, intinya jangan takut apabila murai batu kesayangan anda ngelowo dalam proses pencarian setingan yang benar-benar pas untuk burung murai tersebut.

Pada rawatan hariannya berikan kroto cukup 1 minggu 2 kali saja misalnya pada hari senin dan sabtu, namun jika anda ingin berencana menaikkan burung di hari minggu, maka hari sabtu pada H-1 malam burung wajib harus kena kroto ya agar lebih membuatnya lebih bertenaga dan gacor saat di trek nanti.

Mandi Dan Jemur

Pada pola rawatan harian baik memandikan dan menjemur burung adalah suatu keharusan yang dilakukan secara rutin, konsisten dan tepat yang disesuaikan dengan karakter burung masing-masing.

Pengertian mandi berfungsi untuk meredam birahi dan membuat burung terlihat lebih tenang, jika kelebihan ef dalam pemberian setingan di hari H-2 atau H-1 nya pada hari H jika burung terlalu gelisah dengan menunjukan kondisi yang terlalu over emosi ataupun birahinya yang berlebih, ada baiknya berikan pemandian terlebih dahulu sebelum berangkat ke lapangan.

Pengertian dari penjemuran disini, untuk menambah energi alami yang dihasilkan dari suhu panas matahari, yang diserap langsung oleh tubuh burung sehingga burung bisa menjadi sehat, gacor dan menaikkan birahi serta emosi burung tersebut. Lakukan penjemuran dengan durasi, yang anda tentukan sendiri untuk mencari titik birahi yang di inginkan, namun pada dasarnya burung murai batu ini tidak terlalu suka dengan panas penjemuran, jadi saat menjemur burung murai ini sewajarnya saja ya jangan terlalu berlebihan.

Baca Selengkapnya :  Cara Merawat Burung Wambi Sampai Gacor

Pelatihan Fisik Dan Stamina

Dalam melakukan latihan di kandang umbaran setidaknya anda mempunyai nilai lebih atau point tersendiri untuk mencapai titik stamina dan durasi kerja yang baik pada burung murai batu anda, akan tetapi bukan berarti burung yang tidak di umbar tidak bisa bersaing dengan yang dilatih dikandang umbaran ?.

Karena tipe burung berbeda-beda, banyak cara atau alternatif untuk mendapatkan stamina dan fisik tanpa kandang umbaran ?. Jadi intinya umbaran tidaklah wajib melainkan sebuah kebutuhan agar murai batu menjadi lebih maksimal saat digantangan.

murai-batu-ngelowo

Pembentukan Karakter Suara

Proses pelatihan untuk membentuk karakter suara burung murai ini adalah dengan pemasteran atau memberikan suara burung gacor jenis lainnya, yang secara rutin setiap hari dilakukan baik menggunakan burung hidup asli, ataupun dengan menggunakan media elektronik audio mp3.

Tidak usaha banyak-banyak mendengarkan suara materi yang diberikan kepada burung murai yang dimasteri, karena nantinya burung bisa bingung, yang ada malah tidak bisa merekam satupun dengan apa yang telah anda dengarkan suara masteranya.

Fokus pada empat isian atau lagu yang wajib untuk dimasteri bagi burung murai batu ini adalah suara burung cililin, kapas tembak, cucak jenggot, dan kenari. Jika murai batu anda sudah paseh dan mampu membawakan ke empat lagu itu tersebut dengan muter ngerol monoton dan terdengar jelas, adalah modal dasar serta titik aman untuk dapat bersaing burung murai juara sekalipun.

Pengkrodongan

Fungsi dari kerodong ini tidak hanya untuk burung yang sedang mabung saja, namun banyak miliki manfaat dari pola rawatan dan setingan pada umumnya. Memang terlihat sepele, kerodong hanya untuk penutup sangkar, namun dibalik maksud dan tujuannya jika anda sudah mengetahui cara pemaikaian dan fungsinya dengan baik akan lebih maksimal dalam mencari setingan burung murai batu anda.

Baca Selengkapnya :  Ciri Burung Murai Batu Borneo, Tips Memilih Dan Perawatan

Saran dari kami khususnya untuk burung murai yang difokuskan untuk burung lapangan, untuk hariannya jangan terlalu sering mengablak burung seharian ya, perbanyak dikerodong, misalnya setelah melakukan rawatan harian mandi jemur, kemudian burung dikrodong kembali sampai sore, setelah itu dibuka sebentar diberikan pakan jangkrik kemudian dikrodong kembali sampai ke esokan harinya.

Kerodong burung juga berfungsi untuk menyetel karakter burung dilapangan, yang dimana jika burung yang telat on, maka wajib saat baru sampai ke arena lapangan sebelum burung digantang kerodong dibuka terlebih dahulu untuk dapat beradaptasi dengan lapangan dan arena kontes, berbeda dengan burung yang cepat on (panas), anda juga bisa menjauhkan dari keramian di asingkan di tempat yang sepi dahulu, hingga menunggu giliran nomor gantangan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar cara mencari settingan lomba murai batu yang kiranya dapat menambah wawasan temen murai batu mania semuanya, semoga dapat bermanfaat.

Baca juga : Cara Ternak Murai Batu Pemula Agar Sukses