gambar-burung-murai

Suara Mewah Kicauan Burung Murai Batu

Suara kicauan burung Murai Batu yang terdengar khas, seakan menjadi daya tariknya untuk segera dimiliki. Ditambah dengan fisiknya yang menawan, membuatnya menjadi burung primadona bagi kalangan pecinta burung kicauan.

Berbagai kontes burung pun diikutinya, dimana mereka membawa pulang piala kejuaraan yang dianggap cukup bergengsi. Penasaran burung Murai apa saja yang cocok dijadikan sebagai masteran ? Berikut ulasannya.

Berbagai Suara Murai yang Cocok Sebagai Masteran


1. Murai Berjenis Borneo

Ternyata suara kicauan sang Borneo yang terdengar seperti suara tembakan dan terdengar kasar ini, banyak disukai oleh para pecinta Murai di tanah air.

Ditambah dengan gerakan tariannya yang disebut cangkulang ini yang dilakukan saat gacor, membuatnya terlihat menarik untuk dimiliki. Penonton seakan dibuat terhibur dengan tingkahnya tersebut, yang membuatnya banyak memenangkan kontes.

suara-burung-murai

Ternyata gerakan tarian yang dilakukannya tidak dilakukan sembarangan, sebab gerakan tariannya seakan mengikuti setiap irama suara kicauan yang dikeluarkannya.

Dimana ketika iramanya sedang lambat, maka gerakan tariannya pun ikut melambat bak seseorang yang menari di atas panggung. Begitu pula ketika iramanya semakin cepat, maka gerakan tarian Murai Batu Borneo ini akan mengikuti iramanya.

Dengan kemampuan istimewanya tersebut, tidak heran bila para penggemarnya menjadikannya sebagai burung primadona. Bahkan gerakan tariannya selama berkicau ini, menandakan bila stamina sang burung seakan tak pernah berkurang sedikitpun.

Bahkan manusia saja merasa kesulitan ketika menyanyi sambil bergerak kesana kemari, yang mengakibatkan suara menjadi tidak stabil. Namun kesulitan tersebut dengan mudah dilalui oleh burung cantik ini.

Baca Selengkapnya :  Panduan Lengkap Ternak Burung Kacer Untuk Pemula

Suara Murai Borneo Kalimantan

Link | Download

2. Murai Berjenis Medan

Siapa sangka bila burung satu ini merupakan salah satu penghuni Taman Nasional Gunung Leuser. Daripada murai Murai Borneo, burung ini terlihat tenang saat berkicau.

mura-batu-medan

Dengan tetap tenang, tidak heran bila suara yang dihasilkannya begitu merdu didengar telinga. Dapat dikatakan bila burung ini mampu mengeluarkan suara isian penuh, dan terdengar mengalun namun tetap tegas. Hal inilah yang membuat suara Murai Batu Medan terdengar unik nan menarik.

Karena kemampuannya tersebut, banyak dari pecinta burung kicau kemudian mengawinkan silang dirinya dengan Murai Berneo.

Hasil dari kawin silang tersebut, menghasilkan jenis Murai Bordan dengan suara kicauan yang mencengangkan. Bayangkan saja suara merdu yang dimiliki oleh si Murai Medan digabungkan dengan Murai Borneo, tentu saja menghasilkan anakan yang memiliki suara emas nan merdu.

Suara Murai Medan

Link | Download

3. Murai Berjenis Nias

murai-nias

Jumlah populasinya yang semakin menipis, membuat burung ini sulit ditemukan di habitat aslinya. Jika dibandingkan dengan suara kicauan lainnya, volume suara si Nias ini terdengar lebih keras nan lantang walaupun memiliki postur tubuh yang kecil dan ramping ini.

Bahkan burung ini juga mampu menirukan suara para saudaranya dengan mudah, dan hanya dilakukan dalam waktu yang cukup singkat. Tidak heran bila burung ini pun cocok dijadikan sebagai masteran.

Suara Murai Nias (Aceh)

Link | Download

4. Murai Berjenis Sumatera

Jenis Murai Batu yang tak kalah populer seperti saudaranya yang lain yaitu Murai jenis Sumatera atau sering disebut dengan murai batu lampung ataupun murai kota agung. Yang menjadi daya tariknya yaitu bulu bagian dadanya akan mengembang ketika mereka sedang bertarung maupun berkicau.

Baca Selengkapnya :  Download Suara Kapas Tembak Gacor Besetan Tajam

murai-lampung

Ketika bulu bulu tersebut mengembang, burung ini tampak gagah nan menarik untuk dilihat. Belum lagi dengan suara kicauannya yang indah, tidak heran bila banyak yang ingin memelihara si Burung Murai Batu satu ini.

Bagi pecinta burung kicau, nama burung cantik nan bersuara merdu ini tidaklah asing terdengar lagi. Banyak membawa pulang piala kejuaraan, dimana setiap kemenangan yang didapatkannya bahkan disebut cukup bergengsi nan berkelas.

Suara Murai Lampung (Kota Agung) Sumatra

Link | Download

Melihat hal tersebut, banyak yang mencoba untuk memeliharanya yang berdampak pada tingkat permintaan pasar yang tinggi. Bahkan penjualannya cenderung meningkat setiap bulannya, yang menandakan banyak yang menyukainya.