Mengenal Ikan Discus Ciri Ciri dan Jenisnya

Mengenal Ikan Discus Ciri Ciri dan Jenisnya – Hai bestie, memelihara ikan hias menjadi salah satu hobi yang kian diminati terlebih dimasa pandemi. Selain itu ikan hias yang memiliki banyak jenisnya yang unik dan cantik-cantik membuat yang melihatnya pasti terpikat.

Ada banyak sekali jenis ikan hias yang bisa kalian temui dan beli di toko dan pasar penjual ikan hias. Selain itu cara perawatannya juga berbeda-beda sehingga penting bagi kalian untuk mengetahui karakteristik dan cara perawatan ikan sehingga tidak mudah mati.

Salah satu yang akan kita bahas dan yang paling banyak diincar pada penggemar ikan hias ialah ikan discus yang merupakan salah satu jenis langka di sungai amazon. Yuk langsung saja mengenalnya mulai dari Ciri – Ciri, Karakteristik dan Jenisnya.

Mengenal Ikan Discus Ciri Ciri dan Jenisnya

Ciri – Ciri dan Karakternya

Ikan discus memiliki wujud badan gepeng seperti cakram atau kaset CD ia mempunyai warna yang ceria dengan corak seperti batik. Wujud mata serrta mulut ikan ini benar-benar kecil sama dengan mulut ikan cupang. Warna di bagian matanya yakni merah menjadikan kelihatan cukup lumayan sangar.

Tipe ikan ini memiliki panjang badan dapat capai sekitaran 15-27 cm, dan untuk warna sendiri cukup bervariatif bergantung pada tipe ikan ini. Dimulai dari warna biru, kuning, merah, coklat dan hijau. Pada badannya ada garis-garis vertical yang membuat seperti corak batik, berperan sebagai penyamaran membuat perlindungan diri dari ikan predator.

Pada umumnya wujud ikan discus yakni oval seperti cakram, sirip yang ada di bagian perut menghampar lebar ke bawah. Sisi sirip yang lain memanjang sampai pangkal ekor, kadang sirip punggung dan sirip belakang ikan kelihatan bersatu walau sebenarnya tidak.

Bila menyaksikan lebih dekat ada sela kecil yang pisahkan sirip punggung dan sirip dubur dengan sirip ekor. Ikan discus termasuk ikan hias yang memiliki sifat omnivora dan ada spesies discus yang mempunyai garis-garis membentang secara vertikal. Tipe ikan ini terhitung dalam ikan nok-turnal atau tipe ikan yang paling aktif pada saat malam hari.

Pengelompokan Ikan Discus

Ikan discus termasuk dalam keluarga cichlidae dan spesies dari Symphysodon Discus. Komunitas aslinya ikan ini menyenangi kubangan air atau ada pada saluran air yang lamban, dangkal, bersih. Seperti wilayah sungai, danau yang berada di sungai Amazon Brazilia, Colombia, Peru dan Venezuela.

Dengan pH air sekitaran 5-6 dan kesadahan 10-30 ppm dan bagus temperatur di antara 28-30 derajat celcius. Untuk kandungan oksigen yang larut lebih kurang 5 ppm, tetapi bisa juga tolerir sampai 2 ppm. Karena terhitung tipe ikan omnivora opotunistik, karena itu pakan yang baik berbentuk tumbuhan dan invertebrata.

Bila Anda ingin memiara ikan ini dalam akuarium dan tempat yang lain, yakinkan selalu memberikan pakan berbentuk cacing, kutu air. Atau mungkin dengan pakan tambahan seperti pelet ikan. Untuk indukan seharusnya memberi pakan berbentuk jentik

nyamuk dan cacing darah yang berperan menolong memperdalam gonad. Disamping itu, lihat batasan bagus pH air, temperatur, kandungan oksigen supaya ikan ini dapat mengalami perkembangan dengan baik.

Jenis-Jenis Ikan Discus

Sebetulnya berkenaan tipe ikan ini masih juga dalam pembicaraan yang memetik melawan dan pro. Hal itu dipacu ada penemuan spesies baru, hingga membuat beberapa pakar biologi lakukan inspeksi ulangi pada genus discus. Nach, berikut sejumlah tipe ikan discus yang penting Anda kenali yaitu.

cara memelihara ikan discus

1. Angel Blue Diamond

Tipe ini mempunyai warna biru polos pada semua badannya. Bukan warna biru biasa yang ada pada ikan angel blue diamond lebih mengarah seperti biru telur bebek. Dengan gabungan warna putih dan biru tua yang paling elok, apa lagi jika terserang sorotan sinar. Karena itu, di bagian sirip ikannya segera dapat menyala.

Berikut yang jadikan tipe angel benar-benar mahal dan mempunyai kualitas tinggi untuk pecinta ikan hias. Jika Anda menyaksikan secara cermat pada tipe ikan ini akan seperti terlihat hantu malam. Karena ikan ini mempunyai bola mata warna merah berpijar dan warna biru kehitaman yang membuat kelihatan menakutkan.

2. Checkerboard Pigeon

Ikan ini mempunyai dasar putih dengan corak garis-garis yang warna merah pada semua badannya. Corak pada ikan checkerboard pigeon tergambar seperti guratan tetapi, tidak lempeng tetapi berpola.

Disamping itu, warna sisi mata ikan ini ialah merah dan sedikit ada warna kuning pada tempat sekitaran kepalanya. Warna yang memikat membuat tipe ikan checkerboard pigeon tidak sepi pecinta khususnya dari kelompok pecinta ikan hias.

3. Ikan Discus Green

Tipe selanjutnya ialah ikan discus green. Pertama yang mendapati ikan green oleh Pallegrin di tahun 1904. Komunitas aslinya ikan tipe ini datang dari daerah Sungai Amazon tengah, Brasil. Teritori ini mencakup daerah sisi Santarem sampai Danau Tefe Brasil dan Sungai Putumayo Peru Utara.Bahkan beberapa orang mengatakan tipe ikan itu bernama tefe deiscus.

4. Red Marlboro

Untuk Seterusnya adalah red marlboro. Ikan ini sangat menarik dari sebelumnya. Sesuai namanya ikan ini mempunyai warna jingga kemerah-merahan dan ada warna putih di bagian kepalanya. Warna merah dalam tubuh ikan itu membuat seakan-akan terlihat seperti terlihat menyala.

Dan pada bagian sirip ikan ini warna hitam, kombinasi warna keseluruhannya pada ikan red marlboro, tentu saja benar-benar mengagumkan. Apa lagi untuk Anda pecinta ikan hias pilih tipe ikan ini ialah opsi yang tepat.

5. Super Red Melon

Ini cukup sedikit berlainan dengan tipe ikan discus yang sebelumnya. Terlihat kelihatan ketidaksamaan di antara super red melon dan red marlboro dari sisi warna dalam tubuh sang ikan. Bila pada red marlboro discus memiliki warna jingga kemerahan saja.

Sementara untuk tipe super red melon discus mempunyai warna dasarnya merah pekat pada semua badannya. Hal itu membuat berlainan dan memberi warna tertentu dalam akuarium Anda.

6. Golden Yellow Diamond

Tentu Anda sudah tahu warna dari tipe discus ini dengan dengar nama ikan itu. Golden yellow diamond discus memiliki warna dasar kuning keemasan di bagian semua badannya. Warna kuning keemasan membuat kelihatan memesona bahkan juga jadi paling jelas dari semua tipe ikan discus.

7. Pearl Pigedon

Tipe ikan discus paling akhir ialah pearl pigedon yang mempunyai warna dasar bervariatif dan putih. Berwarna hampir serupa dengan tipe chechkerboard pigeon discus yang memiliki skema pada badannya. Tetapi, pearl pigedon lebih menguasai warna putihnya dan warna skema sedikit tidak begitu jelas. Karena corak seperti bercak-bercak yang tidak teratur, malah ini yang membuat ikan pearl pigedon berlainan dengan beberapa jenis ikan discus lainnya.

Baiklah pecinta ikan hias semua, itulah tadi ulasan mengenai ikan discus yang merupakan ikan incaran para pecintanya. Terimakasih sudah meluangkan waktu untuk membaca artikel kami sampai jumpa di artikel lainnya.

Related Posts
Pengertian Ruralisasi: Proses Perubahan Penting dalam Dinamika Pemukiman
Pengertian Ruralisasi

Pengertian Ruralisasi merupakan konsep yang memiliki relevansi penting dalam kajian geografi dan sosial. Dalam konteksnya, ruralisasi merujuk pada suatu proses Read more

Download Game City Defense Mod Apk Rasakan Keseruannya
City Defense Mod Apk

Selamat datang di dunia yang penuh tantangan dari permainan City Defense Mod Apk! Dalam artikel ini, kami akan membahas secara Read more