Mengenal 8 Jenis Ikan Cupang Hias Paling Unik

Mengenal 8 Jenis Ikan Cupang Hias Paling Unik – Tipe ikan cupang ada bermacam, baik dari sisi perawatan, kecantikan warna, bahkan juga sampai sisi harga yang fenomenal. Tetapi tidak perlu cemas, ada beberapa tipe ikan cupang hias yang gampang dipiara dan pada harga terjangkau.

Mempunyai ikan cupang hias bisa menjadi aktivitas pembasmi stres. Ini berdasar beberapa riset yang mengatakan dengar gemercik air dan menyaksikan beragam warna ikan akan membuat pemikiran lebih enteng.

Apa lagi memiara ikan cupang hias tidak susah. Cukup hanya beli akuarium kecil atau topeles kaca tidak kepakai, dan makanan ikan. Sebagai ikan dengan komunitas di Asia Tenggara, cupang hias pasti gampang didapat. Berikut sejumlah tipe ikan cupang hias yang gampang dipiara, pas untuk anak-anak sampai besar seperti digabungkan dari beragam sumber.

Mengenal 8 Jenis Ikan Cupang Hias Paling Unik

Berikut 8 Tipe Ikan Cupang Hias Paling Unik

Ikan Cupang Giant

Sesuai namanya, tipe ikan cupang giant mempunyai ukuran lumayan besar yaitu capai 12 sentimeter. Tipe ikan ini hasil kembangbiakan breeder dari Thailand. Cupang ini terbilang sangatlah agresif. Walau demikian, karena badan yang besar menjadi tidak selincah ikan cupang pada umumnya. Umumnya tipe cupang ini dibandrol pada harga Rp25.000 dan untuk indukan sejumlah Rp90.000.

Ikan Cupang Plakat

Tipe ikan cupang hias seterusnya mempunyai performa yang cukup gahar, dia ikan cupang plakat. Namanya memiliki arti ikan petarung. Banyak yang memiaranya sebagai ikan hias karena warna dan siripnya yang tegas. Siripnya terlihat cantik dengan kombinasi warna yang cerah. Tipe ikan cupang satu ini dapat dibandrol pada harga Rp200 ribu. Bahkan juga yang termahal dapat capai Rp2 juta.

Ikan Cupang Plakat

Ikan Cupang Fancy

Tipe selanjutnya ada ikan cupang fancy. Cukup banyak yang tertarik karena gabungan warna di badannya, sirip dan ekor yang memukau. Termasuk tipe ikan cupang hias dengan kualitas istimewa. Tipe ini pertama kalinya ditenarkan oleh peternak ikan dari Thailand. Ikan cupang fancy biasa dipasarkan pada harga Rp100 ribu. Sementara untuk indukan dikisaran Rp300 ribu dan yang sempat juara sekitaran Rp2 juta-an.

Ikan Cupang Ganda Tail

Tipe ikan cupang ganda tail mempunyai ekor yang bercabang atau double yang paling cantik. Siripnya juga terlihat lebar. Sayang tipe ini termasuk susah untuk diperkembangbiakkan. Hal tersebut yang membuat langka. Bahkan juga banyak pecintanya karena kekhasan dari siripnya itu.

Ikan Cupang Slayer

Tipe ikan cupang hias setelah itu hasil perkawinan di antara cupang cupang serit dan halfmoon. Ikan cupang slayer jadi favorite beberapa orang karena warna ekornya yang mempesona. Warna jelasnya demikian menarik. Bahkan juga sempat jadi trend di kelompok anak-anak di sekolah. Bagus untuk pengaduan atau ikan hias. Untuk harga dibandrol dari range Rp25 ribu sampai Rp300 ribu.

Ikan Cupang Serit

Ikan cukup crown tail atau serit yang memiliki arti ‘ekor mahkota’. Sesuai namanya, ikan cukup serit bila dibalik akan seperti wujud mahkota. Sobekan pada sirip dan ekor membuat tipe ikan cupang ini semakin menarik. Cukup banyak yang mengajukannya di gelaran lomba internasional betta. Range harga anakan ikan cupang serit dibandrol Rp15 ribuan. Dan untuk indukan dapat sekitaran Rp60 ribu sampai Rp300 beberapa ribu

Ikan Cupang Halfmoon

Tipe ikan cupang yang termasuk paling elok adalah cupang halfmoon atau bulan sabit atau 1/2. Sesuai namanya, karena wujud ekor dan siripnya seakan-akan bersatu lalu seperti bulan. Cupang halfmoon juga dikenal dengan panggilan big ear. Dari memiliki bentuk, demikian jelas keanggunan dan kecantikan yang terpancar.

Tipe ikan cupang ini sebagai hasil perkawinan yang sudah dilakukan oleh breeder asal dari Amerika Serikat, yaitu Peter Goettner. Untuk harga anakan halfmoon dibandrol dengan Rp40 ribu. Sementara indukannya dapat capai Rp80 sampai Rp100 ribu.

Ikan Cupang Black Samurai

Tipe ikan cupang hias paling akhir yang tidak kalah sangar, ada cupang black samurai. Kombinasi warna hitam dengan putih metalik jadi sebuah formasi menarik. Tipe ini sering dilibatkan dalam kontes yang diadakan oleh komune pencinta cupang. Ikan cupang black samurai terlihat menarik jika ditempatkan di ruangan tamu.
Masalah harga, cupang black samurai ada di range Rp90 ribu sampai Rp500 ribu.

Guys itulah setelah kita Mengenal 8 Jenis Ikan Cupang Hias Paling Unik mana yang kira-kira menjadi pilihan kalian? pastikan kalian sudah mempersiapkan dana yang sesuai untuk membelinya mengingat harganya memang tidak murah juga.