Makanan Yang Bagus Untuk Burung Parkit

Diposting pada

Jangan Lupe ! . . Di Share Ye ?.

5/5 - (1 vote)

Makanan Burung Parkit – Halo sobat kicau pastinya kalian sudah tahu kan burung parkit, si paruh bengkok yang tak kalah menariknya dari lovebird. Meskipun popularitasnya tak setinggi lovebird tetapi kini mulai

banyak diminati pecinta burung kicau di Indonesia ini khususnya. Parkit sendiri merupakan salah satu jenis unggas yang memiliki paruh bengkok dengan warna-warni bulu yang indah yang sangat menarik.

Parkit juga memiliki kecerdasan bahkan ada beberapa yang bisa menirukan dan mengerti perintah dari pemiliknya. selain itu kalau kalian akan menangkarkan burung ini tentunya pemberian makanan

juga akan berbeda dengan perawatan biasa. Secara umum dia merupakan burung pemakan biji-bijian tetapi kalian juga bisa memberikan beberapa jenis makanan lain dalam perawatan supaya

burung kesayangan anda memiliki kondisi yang sehat baik fisik maupun mentalnya serta memiliki daya tahan tubuhn yang baik sehingga tidak mudah terserang berbagai macam jenis penyakit dari virus maupun bakteri yang menyerangnya.

harga-burung-parkit

Makanan Kesukaan Burung Parkit


1. Kecambah atau Toge

Toge merupakan salah satu bahan makanan yang sangat mudah ditemukan, dan bahan pakan ini sangat bagus untuk parkit yang di ternakkan agar dia meningkat kesuburannya jadi lebih cepat bertelur.

selain itu kecambah ini juga sangat baik untuk masa fertilisasi untuk parkit dan juga akan menghasilkan keturunan yang sehat karena kandungan vitamin E yang juga akan membuat bulu-bulunya menjadi sehat dan berkilau.

Baca Selengkapnya :  4 Trik Mudah Ternak Cucak Ijo Dijamin Berhasil

2. Daun Kemangi

Pemberian daun kemangi bermanfaat untuk menyeimbangkan kesehatan pencernaan si parkit, supaya tidak mudah diare yang akan menyebabkan kekurangan cairan sehingga dia akan merasa lemas.

Tetapi pemberiannya tidak perlu setiap hari, kemangi diberikan sebagai makanan tambahan satu yaitu satu minggu sekali sudah cukup. Nantinya burung kesayangan kalian akan sehat dan pencernaannya terjaga.

3. Jagung

Pada umumnya sebagai unggas pemakan bijian parkit menyukai biji jagung, biji bunga matahari juga. Namun untuk jagung sendiri disarankan untuk memilih yang warnanya kuning ke merahan karena

mengandung vitamin A yang tinggi yang baik untuk kesehatan matanya. Selain itu untuk parkit yang sedang di kawinkan ini akan membuat dia semakin berstamina sehingga menghasilkan telur yang banyak. selain itu harganya juga cukup murah di pasaran.

makanan-burung-parkit-australia

4. Kangkung

Seperti halnya lovebird, parkit pun menyukai kangkung selain harganya murah dan dia menyukainya, kandungan didalam kangkung ini pun sangat baik bagi pertumbuhan burung dan juga untuk petangkaran tentu kangkung menjadi pakan wajib bagi parkit.

5. Buah – Buahan Segar

Selain sayur-sayuran ternyata burung cantik yang satu ini sangat menyukai buah-buahan manis seperti Apel, Pir, Kiwi, Melon dan Jeruk. Selain dia suka, buah juga mengandung banyak vitamin

dan mineral yang dibutuhkan tubuh si burung seperti vitamin A, C, dan vitamin lain serta kalsium, kalium dan anti oksidan yang baik. tetapi dalam pemberiannya jangan biarkan buah terlalu lama didalam kandang karena akan mudah membusuk.

6. Jewawut

Salah satu makanan yang disukai oleh parkit ini berasal dari tumbuhan yang banyak tumbuh di Indonesia. Bentuknya bulat akan memanjang seperti millet dia biasanya dijadikan makanan utama bagi parkit. Kalian bisa dengan mudah mendapatkannya di kios burung terdekat.

Baca Selengkapnya :  Jenis Makanan Burung Kolibri

makanan-anak-burung-parkit

7. Milet

Sama halnya dengan jewawut, dimana para pecinta parkit biasanya memberikan milet atau jewawut sebagai menu makanan utamanya. Bedanya dengan jewawut milet lebih bulat dan mengkilap. Bahan pakan ini juga akan dengan mudah ditemukan di kios atau pasar burung terdekat.

8. Vitamin dan Mineral Tambahan

Selain beberapa jenis makanan diatas yang juga mengandung vitamin dan mineral serta karbohidrat dan protein yang baik untuk tubuh parkit tentunya kita juga menyerankan untuk memberikan

tambahan vitamin yang banyak dijual di kios burung. dan disarankan pemberiannya secara teratur bukan setiap hari hanya sebagai pelengkap saja supaya burung kesayangan anda semakin sehat.

Itulah sobat kicau beberapa jenis makanan burung parkit yang bisa kalian berikan. Selain bergizi baik dan juga merupakan makanan kesukaannya semoga informasi ini bermanfaat untuk kita semua kami ucapkan banyak terimakasih.

baca juga : cara mengatasi burung parkit macet bunyi

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari