Makanan Burung Kemade

Diposting pada

Jangan Lupe ! . . Di Share Ye ?.

4/5 - (1 vote)

Halo sobat omkicau di artikel kali ini kita akan membahas tentang apasaja Makanan Burung Kemade atau yang dikenal juga cabe-cabean. sedikit mengulas burung ini memiliki tubuh berukuran kecil seperti pleci.

Selain dia suka sekali ngoceh, kemade juga memiliki bulu-bulu yang berwarna cantik sehingga ketika kita melihatnya baik di kios ataupun di alam bebas kita menjadi sangat tertarik.

Pada bagian kepala, leher serta punggungnya berwarna merah terang seperti cabe, di bagian dadanya berwarna abu-abu dan pada bagian sayapnya berwarna navy atau yang akrab disebut biru dongker.

Sebenarnya ada sekitar 45 spesies burung kemade dengan corak warna yang sedikit berbeda namun secara umum dia memiliki warna merah, abu-abu dan biru dongker di alam bebas dia termasuk burung yang agresif.

Mengingat populasi nya masih cukup banyak sehingga harga burung ini pun tidak terlalu tinggi dipasaran. Bagi kalian yang mau memelihara dan sudah memeliharanya berikut cara merawatnya serta makanan apasaja yang disukainya.

makanan-burung-kemade-gunung

Beberapa Jenis Makanan Burung Kemade

1. Pisang Kepok

Karena habitat aslinya dia memakan buah-buahan, tentunya dia juga menyukai pisang. Meskipun tak hanya buah pisang sebenarnya yang dia makan tetapi buah pisang cukup banyak mengandung vitamin serta nutrisi untuk tubuhnya

dan juga mudah didapat dengan harga terjangkau sehingga kalian boleh memberikannya pisang. Jenis pisang yang paling disukainya ialah pisang kepok putih yang sudah matang dengan rasanya yang manis

dan tekstur daging buah yang tidak terlalu keras dan tidak terlalu lunak. Cara pemberiannya sepotong atau setengan pisang kepok dikupas sebagian kulitnya lalu daging buahnya disayat-sayat secara diagonal sehingga

Baca Selengkapnya :  Mitos Burung Puter Putih Kalung Hitam

burung kemade dapat dengan mudah memakannya. Untuk burung yang dibeli di kios atau sudah dirawat sebelumnya tentunya sudah terbiasa tetapi untuk yang baru ditangkap pasti dia akan beradaptasi dulu jadi jangan heran kalau makannya masih sedikit.

cara-melatih-burung-kemade-makan-voer

2. Kroto

Larva semut yang mengandung protein tinggi yang bagus untuk metabolisme dan menjaga daya tahan tubuhnya dari gangguan penyakit baik dari virus dan bakteri atau dari udara dan suhu sekitarnya.

Mungkin dia tidak terbiasa memakan kroto jadi perlu dilatih terlebih dahulu caranya dengan menaburkan sedikit kroto diatas pisang kepok yang sudah disayat jadi dia akan mulai beradaptasi dengan rasa

dari telur semut ini. Pemberian kroto bertahap kalau dia sudah biasa mulai suka boleh ditambah jumlahnya tetapi maksimal 1/2 sendok teh saja mengingat ukuran tubuhnya juga kecil.

3. Voer

Ternyata burung kemade juga bisa dilatih untuk memakan voer, dan usahakan kalian latih terlebih dahulu karena akan lebih praktis dalam pemberian makanannya dan juga didalam voer terkandung mineral dan vitamin

serta sumber energi yang sudah diracik sesuai kebutuhan tubuh burung. Untuk burung cabean ini biasanya menggunakan voer halus. cara pemberiannya dipisah di cepuk lain ketika dia sudah mulai suka.

tetapi sebelum menyukainya boleh ditaburi diatas pisang kepok. dengan jumlah yang terus ditambah setiap hari secara bertahap sampai dia benar-benar terbiasa memakan voer.

Setelah kalian mengetahui makanan yang disukainya tentunya untuk perawatan sendiri burung cabean ini tidak lah sulit dan tidak perlu ada setingan khusus seperti pada burung lomba. karena burung kemade sudah gacor secara

alami sehingga dengan perawatan rutin dan makanan yang bernutrisi baik dia akan rajin ngoceh dengan sendirinya.

Baca Selengkapnya :  Rahasia Perawatan Cucak Jenggot Agar Cepat Gacor

Nah sobat kicau itulah tadi beberapa jenis makanan burung kemade semoga kalian bisa terinspirasi dengan artikel kami dan bermanfaat bagi kalian semua. Terimakasih banyak sudah selalu mendukung kami.

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari