11 Makanan Untuk Burung Kacer Supaya Gacor

Diposting pada

Jangan Lupe ! . . Di Share Ye ?.

om kicau kembali hadir dan akan berbagi tips seputar makanan burung kacer, mungkin dari beberapa para pemain kacer mania sudah tidak asing lagi ya tentunya, namun artikel ini siapa tau bisa menambah wawasan bagi para pemula yang baru memulai hobi nya untuk merawat si hitam-putih ini!.

Nah pada artikel ini akan dijelaskan secara detail untuk makanan burung kacer yang aman dan mudah didapatkan serta mampu membuatnya lebih rajin untuk berkicau setiap harinya, baik dirumah atapun di lapangan lomba. Penasaran bukan ?. Yuk baca sampai habis biar kalian lebih paham dan mendapat wawasan baru tentunya :

Makanan Burung Kacer Biar Cepet Gacor


Voer

Untuk setiap jenis kacer wajib diberikan pakan pokok hariannya seperti voer ini ya temen-temen, karena sifat dari pakan ini sangatlah bagus untuk kesehatan sikacer ya, banyak kandungan nutrisi, mineral dan protein di dalam voer ini, namun setiap merk pasti berbeda-beda untuk takaran dan komposisinya.

Dan mengetahui persentase yang ada di dalam voer yang banyak dijual dipasaran, kalian sebagai perawat burung harus mengetahui dan bijak ya untuk memberikan voer mana yg kiranya cocok agar si burung bisa tetap stabil kondisi birahinya, apabila temen-temen asal-asalan memberikan voernya yang tidak sesuai dengan kebutuhan siburung maka akan menjadi masalah baru yg akan timbul nantinya. Baik itu terlalu birahi ataupun drop malahan.

Hal yang harus diingat, dari kandungan voer itu sendiri sebenarnya sudah sangat komplet ya, namun dikembalikan lagi kepada sifat dan karakter burung dihutan / di alamnya yang dimana si kacer ini burung tipe pemakan serangga, jadi wajib juga diberikan walaupun hanya sebagai pakan tambahan.

pakan-voer-kacer-yang-bagus

Jangkrik

Extra Fooding jangkrik walaupun ini sebagai pakan tambahan khusus untuk ef ini yang wajib diberikan setiap hari seperti kala voer ya, berbeda dengan jenis ef lainnya, untuk takarannya disesuaikan dengan karakter burung.

Pemberian jangkrik yang terlalu berlebih bisa membuat burung over birahi. Ingat jangan terlalu berlebihan memberikan porsi si jangkrik ini kepada burung kacer, jika tidak diimbangi dengan penjemuran atau pengumbaran, maka burung akan merasa kepanasan, dan bisa terlalu galak ya. Yg ada bisa menyebabkan si kacer cabut bulu, dikarenakan terlalu over birahinya. Saran kami untuk rawatan hariannya minimal 5 – 6 ekor saja ya, dengan pola standarnya.

Baca Selengkapnya :  Download Kumpulan Suara Kacer Gacor Ngeplong Full Isian Mp3

makanan-burung-liar

Kroto

Tidak wajib untuk kalian memberikan pakan kroto ini tiap hari ya, karena sifat dari kroto untuk mendinginkan kondisi / suhu tubuh burung ya, dan tidak terhitung di dalam makanan khusus dan juga bisa masuk ke makanan tambahan.

Kenapa makanan tambahan? karena kroto ini umumnya di makan cuman seringkali dalam satu minggu pun tidak wajib.

Umumnya yang harus ada yakni voer jadi dapat digolongkan kroto sebagai ektra fooding atau makanan tambahan, arah pemberian kroto untuk menambahkan stamina dari burung kacer supaya selalu bertenaga, karena banyak mengandung air, dan nutrisi yang dapat membuat kualitas suara si burung menjadi jernih dan rajin berkicau pastinya.

makanan-burung-kacer-bahan

Cacing Tanah

Keutaman EF cacing di sini benar-benar banyak manfaatnya, selain untuk dapat membuat burung menjadi lebih gesit dan sehat, serta bisa juga sebagai terapi pengobatan bagi kacer apabila sedang cedera / luka ya yang bisa lebih cepat pulih nantinya, serta mampu dengan cepat untuk tingkatkan energi dan stamina burung kacer tentunya.

Sifat EF cacing ini adalah berprotein tinggi dan mendinginkan ya, sama halnya manfaat seperti ulat bambu yang mampu meredam emosi ataupun birahi yg terlalu berlebih.

makanan-burung-alami

Ulat Bambu

Jenis pakan ini memang jarang dan sulit dijumpai, hanya terkadang pada saat musiman saja kios-kios burung menyediakannya itupun jika pemasok nya mensuplai pakan tersebut, ya harap maklum juga karena susah untuk mencarinya.

EF ulat bambu ini benar-benar banyak dicari oleh beberapa kicau maniak – sebagai pakan alternatif tentu sifatnya yg dingin dan cocok untuk burung kacer yang memiliki tipe panas yang sedang over birahi. Nah jika diberikan ulat bambu ini sebanyak 2 – 3 ekor, maka selang satu sampai dua hari burung bisa kembali stabil dan normal kembali suhu tubuhnya.

ulat-bambu

Ulat Daun Pisang

Banyak para pemain burung kacer dilapangan yang menyepelekan pemberian pakan ulat daun pisang ini, nah jika hobiis burung kacer yang sudah paham, pasti menggunakan EF ini sebagai doping alami untuk di lapangan agar si burung bisa memiliki tenaga yang power full saat ditrek di gantangan.

Baca Selengkapnya :  Cara Mengatasi Kacer Lipsing Saat Lomba

Nah inti khasianya EF ulat daun pisang ini sebagai pendongkrak stamina si kacer ya, agar bisa membuat durasi kerja lebih maksimal, tentu temen-temen tidak perlu khawatir kepada kacer gacoannya yg nantinya bisa oer birahi, EF ini sama seperti kroto ya, karena sifat dari EF ini adalah dingin ya.

Catatan sebelum memberikan pakan ef ini, ada baiknya kalian harus membersihkan bedak-bedak yg berwarna putih yang menempel di kulit ulat ini ya, bersihkan bisa menggunakan lidi ataupun di cuci menggunakan air.

ulat-daun-pisang

Ikan

Ekstra fooding memakai ikan memang sangat terdengar langka dan unik ya ?. Ya mungkin ada beberapa saja dari kacer mania ini yang memakai metode pemberian setingan si kacernya menggunakan ikan ?.

Yang pasti ikan-ikan kecil ya!. Yang dberikan oleh burung kacer tersebut, dan itupun si ikan ini harus dalam kondisi hidup, seperti mana di alam, dan burung kacer sedang memburu mangsa di perairan ya!.

Metode pemberian EF ini menurut saya sangat tidak direkomendasikan ya, karena yg dikhawatirkan akan berdampak dan menimbulkan efek samping jika terlalu sering diberikan, terlebih dalam jangka waktu yg lama.

Memang ada kelebihan dan kekurangannya, jika burung diberikan EF ini ya bisa membuat bulu kacer lebih mengkilap misalnya, dan yang ditakuti efek nantinya yang bisa mengakibatkan burung malah cabut bulu atau gagal mabung mentas.

ikan-kecil

Orong-orong

Pemberian EF orong-orong ini memang sangat bagus bagi kacer untuk membuat si kacer lebih agresif dalam memangsa serangganya, tentu burung yang mengonsumsi pakan EF ini 90% si kacer akan konslet atau ngeplay ngunci jika di lombakan di gantangan.

Namun permasalahannya untuk mencarinya ini yang kesulitan, dan memang sangat susah untuk dijumpai, karena di kios juga tidak ada yg menjualnya ya. Ya menurut saran om kicau seandainya walaupun EF ini mudah untuk ditemukan, sebaiknya jangan lah, karena kita memelihara burung kacer ini untuk jangka panjang ya, tidak terlalu memaksakan sesuatu kehendak dan semau kita sendiri agar si burung bisa tampil membanggakan. Dan jika kalian lakukan memberi pakan ini ya pasti sudah siap dan tentu ada resikonya.

Baca Selengkapnya :  3 Cara Mudah Memilih Kenari Lokal Dengan Kualitas Terbaik

orong-orong

Kelabang

Pakan EF kelabang tidak saya rekomendasikan ya, terlebih jika burung kacer kalian masih muda / bahan. Seperti yang sudah sama-sama kita ketahui, namun hal yang dikhawatirkan sifat dari kelabang ini sangatlah panas dan beracun ya.

Walaupun ada beberapa tipe kacer yang jika diberikan pakan ini malahan menjadi gacor total dor siang malam dan bisa juara ketika digantangkan ?. Nah yg jadi pertanyaan apakah semua tipe kacer itu sama ?. Sudah pasti berbeda-beda ya. Yah berikanlah pakan EF itu yang aman-aman sajalah ya temen-temen. Baca juga informasi lainnya seputar : harga burung kacer

kelabang

Ulat Hongkong

Anjuran omkicau bila kalian memberi pakan tambahan ulat hongkong ini ke burung kacer, jangan tiap hari ya ?.Karena karakter dari EF ini cukup panas, dan banyak kasus dan dari pengalaman kacer mania awalnya bila konsumsi sering sehari-harinya dapat mengakibatkan masalah pencernaan burung, dan mata jadi katarak.

Bisa bila memang keadaannya harus menggunakan EF UH ini, bila kita sedang mengkondisikan burung di lapangan dengan cari setingan supaya burung dapat lebih siap dan memantapkan birahi dan emosinya yang akan di turut masukkan di ajang kontes misalnya.

ulat-hongkong

Ulat Kandang

Meskipun wujud ukuran lebih kecil dari ulat hongkong, namun ulat kandang ini banyak memiliki kandungan protein dan zat besi yang baik bila dimakan oleh tiap tipe burung pemakan serangga, khususnya kacer ya.

Struktur ulat kandang lebih lembut dan gampang untuk diolah oleh burung ya, tetapi karakternya lebih panas dari ulat hongkong, maka bila kawan-kawan ingin memberi EF ini pasti dengan jatah yang pas, dan janganlah sampai terlalu berlebih memberinya ke burung kacer, bila umumnya yang ada nanti burung dapat rontok bulunya.

ulat-kandang

Oke kawan-kawan hanya itu info mengenai makanan burung kacer yang dapat kalian dalami, dan ketahui secara baik, yang nanti dapat diaplikasikan ke skema rawatan kacer kalian setiap ya. Selamat mudah-mudahan beranfaat dan coba.